7 Makanan Vegetarian Nikmat, Mudah Didapatkan

27 Aug 2021 by Laruan

Ada yang saat ini ingin beralih menjadi seorang vegetarian? Sobat Pintar yang pemula harus tahu makanan vegetarian yang tepat. Menjadi seorang vegetarian untuk pemula memang tidak bisa dikatakan mudah. Apalagi buat orang yang sudah terlanjur suka makan daging. Godaan makanan tersebut cukup berat karena rasanya yang tergolong lezat dan menggugah selera.

Namun, langkah Sobat Pintar untuk menjadi vegetarian sebenarnya sudah cukup benar. Pasalnya, menjadi vegetarian punya banyak manfaat. Menurut sebagian orang yang berhasil menerapkan konsep hidup vegetarian mengaku, tubuhnya terasa lebih fresh dan sehat. Menjadi vegetarian juga dianggap pilihan yang tepat bagi Sobat Pintar yang punya masalah berat badan berlebih.

7 Makanan Vegetarian Nikmat, Mudah Didapatkan

Orang-orang vegetarian pun dianggap punya resiko penyakit jantung, diabetes serta tekanan darah tinggi lebih rendah. Banyak pendapat mengatakan vegetarian cenderung punya peluang hidup lebih lama. Saat Sobat Pintar memutuskan mencoba pola hidup vegetarian, pastikan menjaga asupan nutrisi dalam tubuh tetap seimbang. Pilih jenis makanan vegetarian yang tepat seperti:

1. Menu Vegetarian Makin Nikmat Dengan Tahu

Buat Sobat Pintar yang mulai memantapkan diri menjadi seorang vegetarian tidak boleh sampai melewatkan tahu sebagai asupan makanan sehari-hari. Sudah tahu belum jika tahu ini ternyata punya banyak manfaat yang baik buat tubuh? Kandungan di dalamnya seperti zinc, zat besi, protein, hingga omega 3 sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Ada baiknya juga Sobat Pintar memilih jenis tahu dengan kandungan kalsium lebih banyak. Pasalnya, tahu jenis ini punya kandungan sekitar 350 mg kalsium. Dengan begitu Sobat Pintar dijamin tidak akan kekurangan asupan kalsium dalam tubuh. Selain itu, kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh Sobat Pintar juga akan terpenuhi dengan optimal.

Artikel terbaru: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

2. Lentil Bisa Dimasak Jadi Menu Apapun

Sebagian dari Sobat Pintar mungkin belum seberapa tahu tentang salah satu jenis makanan vegetarian tersebut. Lentil sebetulnya masih tergolong jenis kacang-kacangan. Lentil juga diketahui punya kandungan serat larut serta protein dengan kadar yang cukup tinggi. Selain itu, lentil diketahui mengandung zat-zat seperti vitamin B, folat, serta zat besi.

Oleh karena kandungan folat yang cukup tinggi dalam jenis makanan ini, lentil pun dianggap baik untuk para ibu hamil. Bahkan, lentil diduga ampuh dalam mengurangi resiko bayi cacat lahir. Sobat Pintar yang merasa masih menjadi vegetarian untuk  pemula, ada baiknya konsumsi lentil ini lebih banyak. Pasalnya, lentil mengandung gas lebih sedikit sehingga cukup aman untuk pencernaan.

3. Hidangan Vegetarian Sehat, Kacang-Kacangan

Sebagai seorang vegetarian untuk pemula, sangat dianjurkan untuk memakan kacang-kacangan. Ada banyak sekali kandungan dalam kacang-kacangan yang baik untuk tubuh. Seperti diantaranya adalah serat, zat besi, vitamin E, hingga selenium. Tidak salah memang jika kacang-kacangan punya tingkat kalori tinggi, sehingga cukup dihindari oleh orang yang sedang diet.

Hanya saja, ada studi terbaru yang mengungkapkan jika ada jenis kacang-kacangan tertentu yang tidak akan berpengaruh pada kenaikan berat badan. Misalnya seperti almond, kenari, mete, hingga kacang tanah. Sobat Pintar juga harus tahu, sebagai penelitian menghasilkan kesimpulan jika orang yang lebih banyak makan kacang-kacangan terbukti punya berat badan ideal.

4. Biji-Bijian

Biji-bijian pun tak boleh dianggap remeh para vegetarian. Jenis biji-bijian ini sangat disarankan. Bahkan ada jenis biji-bijian tertentu yang diketahui punya kandungan vitamin B12. Sobat Pintar tentu tahu vitamin B12 cukup sulit ditemukan pada jenis bahan makanan lain. Selain itu, biji-bijian pun punya banyak kandungan lain yang baik bagi tubuh.

Mulai dari zat besi, serat, kalsium, hingga serat yang tidak larut dalam air. Jenis biji-bijian yang disarankan oleh para vegetarian adalah gandum utuh. Bisa juga mengkonsumsi beras merah karena cukup ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Beras merah juga diketahui dapat menghindarkan diri dari resiko kanker usus besar dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Sayuran Hijau

Sebetulnya, setiap orang disarankan rutin mengkonsumsi semua jenis sayuran. Hanya saja, sayuran hijau dianggap paling direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama para vegetarian. Jenis sayuran hijau yang dimaksud adalah bayam, brokoli, atau kale. Pasalnya, jenis sayuran hijau seperti itu punya kandungan zat besi dengan porsi lebih tinggi dari sayuran lainnya.

Ambil contoh saja bayam, yang diketahui punya kandungan zat besi hampir 6 gram. Kalau sudah begini kebutuhan sepertiga zat besi sehari otomatis bisa terpenuhi. Selain itu, sayuran hijau pun diduga sangat ampuh untuk menangkal banyak penyakit berbahaya, misalnya kanker. Sayur hijau pun punya kandungan serat tinggi yang diperlukan tubuh.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam sayuran hijau juga dianggap sebagai faktor utama yang membuat seseorang jadi tampak lebih muda. Bagi yang ingin segera menurunkan berat badan, sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan ini. Sobat Pintar bisa mengolah sayuran hijau menjadi salad dengan menambah perasan lemon sebagai penambah rasa.

6. Rumput Laut

Demi menambah asupan zat besi dan fitokimia, para vegetarian bisa memilih rumput laut sebagai alternatif makanan sehari-hari. Jenis rumput laut memang cukup banyak. Namun sangat disarankan memilih jenis rumput laut seperti kelp, spirilina, dulse, alaria, atau nori. Jenis rumput laut seperti itu dianggap punya sumber mineral lebih besar dan diperlukan bagi tubuh.

Dalam rumput laut diketahui punya kandungan banyak jenis mineral seperti yodium, kalsium, besi, magnesium, hingga kromium. Selain itu, rumput laut juga punya banyak kandungan vitamin yaitu C,E, dan A. Apabila mau jenis rumput laut yang tidak sulit ditemukan di pasaran, silahkan pilih nori atau spirulina. Keduanya juga dikenal mudah untuk diolah.

7. Buah Segar Maupun Kering

7 Makanan Vegetarian Nikmat, Mudah Didapatkan

Buah adalah pilihan terbaik bagi para vegetarian. Bukan hanya buah segar, dalam kondiri kering pun cukup disarankan. Untuk jenis buah segar, Sobat Pintar bisa mengkonsumsinya langsung atau dibuat jus tanpa gula. Sementara jika bingung memilih buah kering, Sobat Pintar bisa coba buah plum, apricot, kismis, atau cranberry.

Jangan salah, kandungan buah kering tidak kalah bermanfaat dari buah segar. Buah kering diketahui mengandung banyak mineral, serat, dan vitamin sehingga bisa menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh. Sobat Pintar bisa mengkonsumsi buah kering dengan cara langsung dijadikan camilan, mengolahnya menjadi salad, atau membuatnya sebagai sereal.

8. Madu

Sebagai seorang vegetarian, daging adalah makanan pantangan karena mengandung banyak lemak. Sedangkan, lemak juga sebetulnya diperlukan bagi tubuh. Alternatif supaya kebutuhan lemak harian dalam tubuh terpenuhi, Sobat Pintar bisa mengganti daging dengan madu. Selain lemak, madu juga punya kandungan protein dan kalsium yang tinggi.

Konsumsi madu akan sekaligus menghindarkan para vegetarian dari resiko ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Apalagi, madu punya kandungan lemak baik, dengan kadar seimbang. Tidak seperti daging yang punya kandungan lemak tinggi dan termasuk golongan lemak jahat. Konsumsi madu dengan mencampurnya dengan air hangat dan perasan air lemon di pagi hari.

Informasi tentang jenis makanan vegetarian sudah dijelaskan dengan lengkap di atas. Jenis-jenis makanan untuk vegetarian memang tergolong tidak murah. Namun, harga sebenarnya tidak boleh menjadi penghalang untuk bisa hidup sehat. Lagipula sekarang ada Kredit Pintar yang bisa membantu Sobat Pintar menyediakan dana segar dengan cepat.  

Artikel terbaru: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload