6 Tips Memilih Tempat Magang Yang Tepat Bagi Mahasiswa

18 Jun 2021 by kreditpintar
6 Tips Memilih Tempat Magang Yang Tepat Bagi Mahasiswa

Magang merupakan salah satu mata kuliah yang menjadi tolak ukur kemampuan Sobat Pintar selama berada di bangku perkuliahan sebelum lulus. Dengan magang, Sobat Pintar akan mendapatkan pengalaman dan gambaran bagaimana dunia kerja yang sebenarnya. Oleh karena itulah, banyak mahasiswa yang tidak melewatkan kesempatan magang di perusahaan ternama. Lantas bagaimana tips memilih tempat magang yang tepat bagi mahasiswa? 

6 Tips Memilih Tempat Magang Yang Tepat

Sebelum Sobat Pintar mencari tempat magang yang sesuai, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut. Sehingga Sobat Pintar tidak akan menyesal dan menyia-nyiakan kesempatan magang di perusahaan. Apa saja tipsnya? 

1. Cari Perusahaan Yang Sudah Mempunyai Kredibilitas

Tips pertama dalam memilih tempat magang adalah memastikan bahwa perusahaan yang Sobat Pintar targetkan mempunyai kredibilitas. Perusahaan yang mempunyai kredibilitas berarti dapat Sobat Pintar percaya dan bertanggung jawab jika terjadi sesuatu di kemudian hari.

Nah, jika Sobat Pintar mempunyai pengalaman magang di perusahaan yang kredibel, akan mendapatkan nilai “plus”. Masyarakat akan menganggap Sobat Pintar memiliki kompetensi kerja yang bagus karena telah belajar banyak hal dari perusahaan tersebut. 

2. Sesuaikan Dengan Pekerjaan Impian Sobat Pintar

Dengan menjalani program magang, Sobat Pintar tidak hanya mendapatkan pengalaman kerja tetapi juga ilmu baru yang dapat Sobat Pintar aplikasikan nantinya. 

Magang ibarat pintu gerbang untuk membuka dunia kerja yang Sobat Pintar dambakan. Itulah mengapa penting sekali menyesuaikan tempat magang dengan passion dan harapan Sobat Pintar di masa depan. 

Sebagai contoh, Sobat Pintar menyukai dunia menulis, jurnalistik dan yang berhubungan dengan komunikasi. Maka Sobat Pintar bisa mencoba melamar magang di perusahaan media atau perusahaan rintisan yang berhubungan dengan menulis. 

3. Perhatikan Durasi Magang

Ada perusahaan yang menetapkan aturan jam kerja bagi karyawan magang sama seperti lainnya, ada pula yang lebih fleksibel. 

Nah, sebaiknya Sobat Pintar menyesuaikan jam magang dengan kegiatan lain di kampus.. Sehingga urusan kuliah dan magang dapat berjalan beriringan dan seimbang. 

Di samping itu, ada sebagian  perusahaan menetapkan lama waktu magang, ada yang hanya sebulan kontrak,  ada pula yang 6 bulan. Untuk hasil yang lebih baik, idealnya Sobat Pintar magang di perusahaan dalam kurun waktu  lebih dari sebulan. 

4. Perhatikan Lokasi Perusahaan

Tips lainnya yang tidak kalah penting adalah lokasi perusahaan yang hendak Sobat Pintar tuju. Usahakan perusahaan tersebut tidak terlalu jauh dari domisili tempat tinggalmu atau kampus. 

Pilih perusahaan dengan akses yang terjangkau dan tidak terbatas moda transportasinya. 

5. Pilihlah Perusahaan Yang Membayar Karyawan Magang 

Tidak semua perusahaan tempat magang memberikan bayaran atau gaji. Alasan mereka cukup sederhana, karena yang mahasiswa butuhkan hanya pengalaman saja. 

Jangan menganggap mahasiswa magang yang mengharap gaji pertanda money oriented. Sebagai karyawan magang gaji memang bukan tujuan utama, namun sebagai manusia mengharapkan gaji di tempat kerja artinya realistis.  

Baik karyawan magang atau yang tetap sama-sama bekerja dan menguras tenaga juga pikiran. Oleh karena itu, cari perusahaan yang memberikan gaji kepada mahasiswa magang sekalipun tidak sebesar karyawan tetap. 

Paling tidak, Sobat Pintar dapat mengetahui bahwa mereka menghargai kontribusi Sobat Pintar selama di perusahaan. 

6. Jangan Asal Memasukkan Lamaran Ke Perusahaan

Sebelum memasukkan lamaran ke perusahaan, Sobat Pintar harus mencari tahu terlebih dahulu segala informasi tentang perusahaan tersebut. Bagaimana lingkungan kerja di sana, serta aja saja jobdesk dari pekerjaan yang akan Sobat Pintar kerjakan nanti. 

Jangan sampai Sobat Pintar tidak mengetahui informasi apapun tentang perusahaan tersebut. 

Alur Memilih Tempat Magang

Setelah mengetahui tips memilih tempat magang di atas, ikuti langkah-langkah berikut yang harus Sobat Pintar lakukan selanjutnya. 

  1. Mendata Daftar Perusahaan 

Mendaftar beberapa nama perusahaan yang hendak Sobat Pintar lamar.  Jika perlu lakukan riset atau bertanya kepada kakak tingkat yang pernah mempunyai pengalaman magang di perusahaan. Kumpulkan informasi tentang profil perusahaan tersebut dan lain-lain.

  1. Kirim lamaran

Setelah mendapatkan informasi yang valid, Sobat Pintar bisa mengirimkan lamaran secara langsung atau melalui email. Sebisa mungkin kirim lamaran di banyak perusahaan yang kredibel agar peluang mendapatkan pekerjaan juga terbuka lebar. 

  1. Jalani Proses Interview Dengan Percaya Diri

Meskipun status masih mahasiswa magang, namun perusahaan juga tidak asal menerima Sobat Pintar. Sobat Pintar tetap harus melewati proses interview di hadapan tim HRD selayaknya calon karyawan tetap.

Jalani proses wawancara dengan percaya diri namun tetap menjaga sikap baik. Jawab pertanyaan secara lugas dan singkat. 

  1. Siapkan Dokumen Yang Perusahaan Butuhkan

Ketika perusahaan telah menerima Sobat Pintar sebagai karyawan magang, maka siapkan dokumen pendukung yang perusahaan minta. Jangan lupa untuk bertanya tentang salary serta tugas-tugas Sobat Pintar selama magang. 

Daftar  Rekomendasi Perusahaan Yang Kredibel dan Memberi Gaji Magang Tinggi

Berikut ini beberapa rekomendasi perusahaan yang kredibel dan memberikan gaji besar kepada karyawan magang. Siapa sajakah itu?

1. Traveloka

Traveloka merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang layanan pemesanan tiket wisata, hotel, transportasi secara online. Sobat Pintar harus mencoba melamar di PT. Traveloka Indonesia sebagai karyawan magang, karena mereka berani memberi gaji yang tinggi. 

Bayangkan saja, untuk sekelas karyawan magang saja Sobat Pintar akan menerima gaji sebesar Rp. 5,8 juta. Angka yang menakjubkan, bukan?

Terlebih,  lingkungan kerja di Traveloka lebih  fleksibel dan kerja tim yang bagus.  

2. Chevron Indonesia

Chevron merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi minyak dan gas. Perusahaan ini memberikan gaji tinggi pada karyawan magang, mulai dari Rp. 2,5 juta hingga Rp. 4,2 juta-an. Tak hanya gaji tinggi, karyawan magang pun mendapatkan fasilitas yang baik. 

3. HM Sampoerna

Sebagai perusahaan produsen yang besar di Indonesia, HM. Sampoerna tak luput menjadi target mahasiswa yang ingin magang. Selain karena terkenal mempunyai kredibilitas tinggi di masyarakat, HM Sampoerna juga memberikan gaji tinggi kepada karyawan magang. 

Untuk posisi karyawan magang, Sobat Pintar akan mendapat gaji pokok sebesar Rp. 4,1 juta setiap bulan. Selain gaji pokok, Sobat Pintar juga berhak mendapatkan bonus dan lingkungan yang kekeluargaan. 

4. BMKG 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan gaji tinggi pada karyawan magang. Sobat Pintar berpeluang mendapatkan gaji hingga Rp. 4 jutaan setiap bulannya. Nominal tersebut cukup besar daripada instansi pemerintah lainnya. 

5. Tokopedia

Sebagai salah satu platform marketplace di Indonesia, Tokopedia juga memberikan gaji yang tinggi pada karyawan magang. Untuk karyawan magang, perusahaan akan menggaji Rp. 3,5 juta per bulan. Sobat Pintar bisa melamar untuk jabatan desain grafis,  market analysis, merchant development

6. P&G

Perusahaan yang memproduksi kebutuhan sehari-hari masyarakat ini juga memberikan gaji yang besar pada karyawan magang. Sobat Pintar berpeluang mendapatkan gaji sekitar Rp. 6 jutaan per bulannya. Tertarik mencoba?

Itulah ulasan lengkap tentang tips memilih tempat magang dan beberapa rekomendasi perusahaan. Manfaat kesempatan magang sebagai batu loncatan untuk meraih impian yang sesungguhnya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload