6 Cara Melatih Otak Agar Tidak Mudah Lupa

24 Jun 2021 by Laruan
6 Cara Melatih Otak Agar Tidak Mudah Lupa

Dalam satu hari ada banyak informasi yang masuk ke dalam otak manusia. Mulai dari angka berapa yang ditunjuk oleh jarum jam ketika kita membuka mata di pagi hari, sampai tugas penting yang harus dikerjakan hari itu juga. Dari banyaknya informasi tersebut, hanya sekitar 30% yang kita ingat dan sisanya akan dilupakan. Akan tetapi bagaimana kalau hal yang kita lupakan adalah sesuatu yang harus kita ingat? Mengapa terkadang otak kita malah memilih untuk mengingat sesuatu yang tidak penting? Bagaimana cara melatih otak agar tidak mudah lupa?

Apa yang diingat oleh otak kita?

Saat kita menonton suatu film, kita akan mengingat beberapa adegan dengan jelas dan melupakan detail dari adegan-adegan lainnya. Adegan yang akan terpatri pada memori kita antara lain adegan yang lucu, menegangkan, menakutkan, mengharukan, membuat sedih, atau membuat kita berdebar-debar. Apa persamaan dari adegan-adegan tersebut?

Jawabannya cukup sederhana: kesan. Adegan-adegan tersebut berhasil membuat impresi pada hati kita sehingga kita dapat mengingatnya untuk berhari-hari bahkan bertahun-tahun. Bahkan adegan yang membosankan pun akan kita ingat apabila adegan itu amat sangat membosankan sehingga meninggalkan kesan yang mendalam.

Akan tetapi terkadang kita menemukan fun fact baru mengenai tubuh manusia yang membuat kita tercengang. Misalnya, Sobat Pintar membaca pada sebuah artikel bahwa kita hanya mengingat 30% dari seluruh informasi baru yang kita terima dalam satu hari. Fakta itu sangat mengejutkan bagi Sobat Pintar, sampai-sampai Sobat Pintar menceritakannya kepada seluruh anggota keluarga Sobat Pintar dan teman-teman dekat Sobat Pintar. Tapi dalam beberapa bulan atau beberapa minggu saja, Sobat Pintar sudah melupakan informasi tersebut, walaupun informasi itu memberi kesan yang sangat dalam bagi Sobat Pintar. Mengapa?

Mengapa otak kita lupa?

Alasan pertama tentunya karena informasi tersebut tidak meninggalkan kesan bagi kita. Saat kita tidak menganggap suatu informasi menarik, otak kita akan menerjemahkannya sebagai informasi tidak penting.

Selanjutnya ada “teori interferensi” yang mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu, kita melupakan informasi lama karena informasi tersebut “ditimpa” oleh informasi baru. Sebagai contoh, kita dengan mudah dapat mengingat baju apa yang kita kenakan kemarin tetapi akan kesulitan mengingat baju yang kita kenakan seminggu lalu. Dengan kata lain, informasi yang mirip bercampur aduk dalam memori kita sehingga kita melupakan informasi yang lama.

Teori terakhir adalah pendapat bahwa kita melupakan suaru informasi karena kita tidak mengakses memori tersebut dalam waktu yang terlalu lama. Inilah alasan Sobat Pintar bisa melupakan suatu fun fact walaupun informasi itu sangat menarik bagi Sobat Pintar, karena informasi itu hanya Sobat Pintar akses sekali dan kemudian tersimpan di laci memori Sobat Pintar yang makin lama akan berdebu.

Bagaimana cara melatih otak agar tidak mudah lupa?

Sobat Pintar dapat melakukan beberapa latihan atau permainan kecil yang berfungsi melatih daya ingat Sobat Pintar.

1. Permainan Observasi Detail

Yang pertama adalah dengan melakukan permainan observasi detail. Caranya sangat simple, pilih suatu objek kemudian amati detail mengenai objek itu. Bisa saja Sobat Pintar memperhatikan seorang wanita, amati bentuk hidungnya, panjang rambutnya, atau bahkan nada bicaranya. Beri selang waktu sekitar setengah sampai satu jam lalu cobalah ingat lagi detail-detail tadi. Lakukan secara teratur sampai Sobat Pintar dapat mengingat lebih banyak detail setelah jangka waktu yang lebih panjang.

2. Telusuri Hari Ini

Alternatif dari permainan pertama adalah sebelum tidur, cobalah telusuri semua kegiatanmu di hari itu. Ingat-ingat lagi saat Sobat Pintar bangun pagi tadi di luar rumah sudah bising suara motor belum, baju apa yang Sobat Pintar kenakan, apa yang terjadi dalam perjalanan, apa yang terjadi di kantor, dan seterusnya. Ingat, makin detail makin bagus. Selain melatih memori, latihan ini juga dapat membantu Sobat Pintar merefleksikan hari yang telah Sobat Pintar lalui.

3. Rekoleksi Mimpi

Latihan selanjutnya untuk melatih memori adalah membuat catatan mimpi. Memang seringkali kita tidak ingat apa yang kita mimpikan malam sebelumnya, tetapi bila ingat cobalah langsung tuliskan segera setelah Sobat Pintar bangun.

Tuliskanlah mimpi itu sedetail mungkin. Setelah itu lakukan rutinitas Sobat Pintar di pagi hari. Saat duduk sarapan atau saat mandi, ingat-ingat lagi alur mimpimu tadi malam, berapa banyak detail yang Sobat Pintar ingat? Dan seterusnya saat sedang dalam perjalanan kerja, apakah detail yang Sobat Pintar ingat makin berkurang dibanding saat sarapan? Sepanjang hari bila Sobat Pintar memiliki waktu luang, cobalah ingat-ingat lagi mimpimu semalam dan perhatikan apakah detail yang Sobat Pintar ingat berkurang.

Bagaimana cara mengingat suatu informasi?

Sekarang Sobat Pintar sudah mengetahui cara melatih otak agar tidak mudah lupa. Lantas bagaimana cara mengingat suatu informasi spesifik?

1. Atribusikan dengan Hal yang Menarik

Misalnya Sobat Pintar akan mengikuti rapat dadakan dengan tujuh eksekutif perusahaan, dan Sobat Pintar harus mempelajari dan mengingat nama serta jabatan mereka dalam waktu singkat. Apabila Sobat Pintar hanya mencoba menghafal, ada kemungkinan besar bahwa dalam waktu beberapa menit saja hafalan Sobat Pintar akan bercampur aduk dalam memori Sobat Pintar atau bahkan hilang sama sekali.

Karena otak kita lebih mudah mengingat informasi yang menarik dan berkesan, yang harus Sobat Pintar lakukan adakah mengatribusikan suatu hal unik dan khusus pada informasi baru tersebut. Bayangkan saja bila salah satu eksekutif memiliki nama yang sama dengan nama mantan kekasih kita, kita pasti lebih mudah mengingatnya. Jadi cobalah atribusikan satu per satu nama mereka dengan sesuatu yang lucu dan menarik.

Pak Budiman Tarmono memiliki inisial BT. Coba bayangkan beliau cemberut dengan ekspresi bete sampai kumis putihnya bergetar. Bu Andini Indah Kirana memiliki suara serak yang tidak seindah namanya. Dengan membuat atribusi-atribusi kecil dan lucu seperti itu, Sobat Pintar akan menghafal nama mereka dalam waktu singkat. Gunakan imajinasi Sobat Pintar sebaik mungkin.

2. Ulangi Terus-Menerus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kita akan melupakan suaru informasi jika kita tidak mengakses memori tersebut dalam waktu yang terlalu lama. Maka jika ingin mengingat sesuatu, sering-seringlah memikirkan, melihat, membaca, mencatat, dan menyebutkannya. Dalam contoh rapat eksekutif tadi, daripada hanya memanggil mereka dengan “Pak” atau “Bu”, sering-seringlah memanggil mereka dengan nama atau jabatan mereka. Dengan sering diakses, informasi itu akan lebih mudah teringat.

Teknik pengulangan ini juga bisa menjadi salah satu cara melatih otak agar tidak mudah lupa. Teknik yang sering disebut “spaced repetition” ini sangat berguna ketika Sobat Pintar ingin menghafal sesuatu, terutama hal-hal seperti materi ujian. Misalnya Sobat Pintar mempelajari materi kuliah pada pukul 10 pagi, pelajari lagi materi tersebut 8 jam kemudian pada malam hari, lalu 12 jam setelahnya pada keesokan harinya, dan seterusnya.

3. Membuat Sinyal yang Memicu Otak Sobat Pintar untuk Mengingat

Terkadang mengatribusikan informasi dengan hal menarik tidak berhasil dan Sobat Pintar tidak punya waktu untuk mengulang informasi tersebut terus-menerus. Maka cara yang terbaik adalah Sobat Pintar harus membuat “sinyal-sinyal” penanda yang memicu otak kita untuk mengingat informasi tersebut. Hal ini mencegah hilangnya informasi yang tidak diakses dalam waktu yang lama.

Kita membutuhkan sinyal atau tanda yang mengingatkan kita kepada informasi tersebut secara berkala. Contoh sederhananya antara lain menempel post-it pengingat di tempat yang sering Sobat Pintar lihat agar Sobat Pintar sering membacanya, atau memasang alarm pengingat pada ponsel.

Untungnya, Sobat Pintar tidak perlu khawatir lupa membayar tagihan kredit. Kredit Pintar menawarkan jasa pinjaman instan yang praktis dalam genggaman tangan. Semua informasi mengenai pinjaman dapat diakses menggunakan ponsel pintar. Dengan Kredit Pintar, Sobat Pintar tidak perlu membuat sinyal untuk mengingatkan jatuh tempo cicilan karena aplikasi ini akan memberikan notifikasi untuk mengingatkan Sobat Pintar terhadap waktu tenggat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jun 2021
mobile-closeKredit PintarDownload