5 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

09 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2021

Manfaat mandi air hangat bagi tubuh sangat beragam. Banyak yang lebih suka menikmati mandi dengan air hangat karena udara pagi yang terlalu dingin. Tapi sebenarnya manfaat air hangat tidak hanya untuk membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Air hangat yang digunakan untuk mengompres beberapa bagian tubuh sudah terbukti bisa membantu mengatasi rasa pegal atau nyeri. Selain kompres, Sobat Pintar juga bisa merasakan berbagai manfaat dengan menggunakan air hangat untuk berendam atau mandi.

  1. Membuat peredaran darah menjadi lebih lancar

Air hangat yang Sobat Pintar gunakan untuk berendam atau mandi bisa membantu membuat peredaran darah jadi lebih lancar. Ketika kulit menyentuh air hangat, hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh. Endorfin adalah zat kimia yang tugasnya memberikan rasa bahagia dan nyaman.

Hormon endorfin yang dilepaskan saat tubuh menyentuh air hangat akan membuat Sobat Pintar merasa lebih nyaman dan rileks setelah menikmati mandi dengan menggunakan air hangat.

  1. Manfaat mandi air hangat bagi penderita insomnia

Jika Sobat Pintar seringkali merasa sulit untuk tidur atau sering mengalami insomnia, Sobat Pintar perlu mencoba mandi dengan air hangat agar masalah ini bisa teratasi. Air hangat bisa memberikan efek relaksasi ketika Sobat Pintar merendam tubuh di bak mandi berisi air hangat atau menyiram tubuh dengan air hangat.

Setelah tubuh Sobat Pintar merasa rileks, Sobat Pintar bisa tidur dengan lebih nyenyak sehingga kualitas tidur pun bisa meningkat. Masalah insomnia yang sering Sobat Pintar alami bisa teratasi dengan mudah.

  1. Mandi dengan air hangat bisa mengatasi sembelit

Konstipasi atau sembelit yang terjadi ketika usus bergerak dengan tidak teratur membuat penderitanya kesulitan untuk melakukan buang air besar selama beberapa waktu. Kalau Sobat Pintar mempunyai masalah sembelit, Sobat Pintar bisa mencoba mandi menggunakan air hangat.

Campurkan garam epsom ke dalam bak mandi berisi air hangat dan nikmati efek relaksasi yang akan diberikannya. Kegunaan mandi air hangat bisa Sobat Pintar rasakan setelah mandi dengan campuran air hangat dan garam epsom.

  1. Sebagai upaya meredakan wasir

Wasir bisa terjadi di bagian luar dari lubang anus atau di dalam rektum. Kondisi ini diakibatkan oleh pembuluh darah yang meradang dan membengkak di area terjadinya wasir. Seseorang yang mengalami wasir akan merasa kurang nyaman karena merasa gatal.

Pendarahan di anus juga bisa terjadi dan membuat penderita wasir semakin merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini Sobat Pintar bisa mencoba berendam dalam bak yang berisi air hangat. Rasa gatal dan tidak nyaman bisa diatasi dengan mudah.

  1. Air hangat mempercepat penyembuhan luka  setelah persalinan

Beberapa proses persalinan membutuhkan episiotomi yang merupakan sayatan pada bagian perineum sehingga jalan untuk keluar bayi akan lebih lebar. Luka sayatan ini harus selalu dijaga kebersihannya sehingga tidak timbul infeksi. Perawatan luka ini dimulai segera setelah melahirkan.

Mandi air hangat dalam bak mandi akan merendam bagian perineum sehingga luka episiotomi bisa dibersihkan. Selain untuk membersihkan luka sayatan, merendam bagian perineum dengan air hangat juga bisa membantu meredakan rasa nyeri atau gatal di area sekitar perineum.

Agar manfaat mandi air hangat bisa lebih terasa, pastikan bathtub yang Sobat Pintar gunakan dalam keadaan bersih. Jangan gunakan air dengan suhu yang terlalu tinggi. Suhu maksimal untuk mandi tidak boleh lebih dari 40°C. Suhu yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kulit kering dan luka bakar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download