5 Contoh Soft Skill, Contoh dan 4 Cara Meningkatkannya

23 Jul 2021 by Laruan

Istilah soft skill memang cukup sering digunakan. Namun apakah Anda tahu apa arti sebenarnya dari istilah tersebut? Karena banyak sekali orang yang menggunakan istilah tersebut tanpa tahu apa maksudnya. 

Tidak hanya itu, ia juga sering dianggap sebagai hal penting yang harus dikembangkan. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari atau bahkan dalam dunia pekerjaan. 

Selain itu, banyak pula orang yang menganggap bahwa tanpa hal tersebut. Nilai tinggi yang Anda dapatkan dibangku sekolah tidak akan berguna. Benarkah hal tersebut? Untuk mengetahuinya, pastikan Anda simak penjelasan berikut ini : 

Soft Skill

Apa sih yang dimaksud dengan soft skill? 

Kemampuan yang satu ini, keberadaannya seringkali disandingkan dengan hard skill. Namun keduanya merupakan hal yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Jika dilihat dari arti kata yang dimilikinya skill atau kemampuan tersebut lebih ditujukan pada keterampilan. Baik itu keterampilan sosial, komunikasi, kecerdasan sosial dan juga kemampuan serupa lainnya. 

Bentuk kemampuan yang satu ini seringkali dinyatakan sebagai keahlian yang dapat menunjukkan cara berinteraksi seseorang. Hal ini umumnya dilihat melalui cara bersosialisasi dalam dunia kerja dan lainnya. 

Sementara hard skill lebih ditujukan pada hal-hal yang mampu dipelajari serta dilatih. Karena itulah bentuk kemampuan yang satu ini lebih diarahkan pada emosi serta wawasan. Utamanya dalam memperlakukan orang lain. 

Selain itu, jika hard skill pada umumnya dapat diukur serta dibuktikan dengan pasti. Sedangkan skill yang satunya lagi justru tidak dapat diukur dan bahkan tidak memiliki wujud. 

Dengan demikian, dapat diartikan bahwa skill yang satu ini merupakan pelengkap dari hard skill. Tanpa kehadirannya, tentu Anda pun akan mengalami kesulitan dalam proses adaptasi.

Contoh-contoh soft skill

Setelah mengetahui apa itu keterampilan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari skill tersebut yang tentunya dapat Anda gunakan serta pelajari, di antaranya : 

2021-06-12 14:54:46.606000
  1. Komunikasi 

Komunikasi adalah skill penting dalam kehidupan, tidak terkecuali di dunia kerja. Hal ini terbukti dari semua jenis pekerjaan yang memang membutuhkan keahlian tersebut. Karena itulah, Anda pun harus mengasahnya secara rutin. 

Cara memperbaiki kemampuan tersebut dapat Anda lakukan dengan mengasah hal-hal berikut :

  • Negosiasi 
  • Mendengarkan secara aktif 
  • Story telling 
  • Public speaking 
  • Komunikasi verbal 
  • Komunikasi non verbal 
  • Organisasi 
  • Presentasi 
  1. Problem solving

Kemampuan yang satu ini sangat penting bagi setiap perusahaan. Tidak heran jika kemudian setiap perusahaan pun sangat menghargai orang-orang dengan kemampuan problem solving. Beberapa jenis keahlian yang termasuk dalam problem solving di antaranya adalah : 

  • Research 
  • Kreativitas
  • Kerjasama tim 
  • Berpikir kritis 
  • Manajemen resiko
  1. Kepemimpinan 

Kepemimpinan juga dikenal sebagai hal penting lainnya yang harus Anda miliki. Sekalipun Anda bukanlah seorang pemimpin, seperti halnya manager atau bahkan pimpinan perusahaan. Namun dengan kemampuan tersebut tentunya Anda pun dapat menentukan pilihan dengan lebih tepat. 

Berikut ini adalah beberapa keterampilan yang umumnya ada dalam bidang kepemimpinan atau Leadership. Seperti halnya : 

  • Delegasi 
  • Mentoring 
  • Manajemen konflik 
  • Manajemen proyek 
  • Pembuatan keputusan 
  1. Adaptasi 

Apakah Anda dapat beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru? Kemampuan adaptasi sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Apalagi jika perusahaan tempat Anda bekerja memiliki pergerakan dinamis. 

Untuk beberapa kemampuan yang berkaitan dengan proses adaptasi, di antaranya adalah : 

  • Organisasi 
  • Konsistensi 
  • Fleksibel
  • Optimisme
  • Komunikasi 
  1. Etika kerja 

Etika kerja adalah kemampuan lainnya yang juga harus Anda miliki. Karena selain mempengaruhi hubungan Anda dengan rekan kerja serta atasan. Dengan etika kerja yang baik, Anda juga bisa mendapatkan nilai lebih dari atasan. 

Berikut adalah beberapa kemampuan yang berkaitan dengan etika kerja, di antaranya : 

  • Gigih
  • Integritas 
  • Teamwork 
  • Manajemen waktu 
  • Perhatian yang detail 

Cara memperbaiki soft skill

Dikenal sebagai kemampuan khusus, keterampilan juga dapat ditingkatkan dengan baik. Bahkan tidak jauh berbeda dengan hard skill. Hal tersebut umumnya dapat Anda tingkatkan melalui latihan yang dilakukan secara rutin atau bahkan pengalaman yang Anda miliki. 

Tidak hanya itu, kemampuan ini juga dapat Anda tingkatkan dari bangku sekolah hingga perkuliahan. Hal tersebut dikarenakan keberadaannya yang bersinggungan dengan aktivitas harian Anda. 

Namun bagi Anda yang masih merasa bingung dengan cara memperbaiki kemampuan tersebut. Pastikan Anda simak penjelasan berikut : 

  1. Tentukan kemampuan yang ingin ditingkatkan 

Kemampuan yang Anda miliki pada dasarnya dapat ditingkatkan dengan mudah. Namun untuk melakukannya dibutuhkan niat dari dalam diri sendiri. Karena dengan niat yang ada, tentunya hal tersebut pun akan Anda lakukan secara rutin dan lebih disiplin. 

Sebagai contoh sederhana, jika Anda ingin menjadikan manajemen waktu dengan baik. Tentunya hal yang harus Anda lakukan pun adalah melakukan hal-hal sesuai dengan waktu atau jadwal yang telah ditetapkan. Lakukan hal tersebut secara konsisten hingga akhirnya berubah menjadi kebiasaan yang baik. 

  1. Amati kemampuan positif yang dimiliki orang lain 
Soft Skill

Ketika bekerja di lingkungan perusahaan. Tentunya Anda akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki kemampuan berbeda antara satu dengan lainnya. Perhatikan orang-orang dengan kemampuan positif dan cobalah untuk menirunya. 

Seperti halnya rekan kerja yang rajin menuliskan catatan ketika rapat atau meeting dimulai. Cara tersebut dikenal sebagai hal positif yang menimbulkan kebiasaan baik. Pasalnya selain dapat membantunya untuk mengingat point penting, cara tersebut juga menjadikannya sebagai pendengar yang aktif. 

Dengan demikian, ketika ada pertanyaan yang ingin disampaikan pun tentunya hal tersebut dapat dikemukakan dengan baik. Sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban serta mengerti apa yang belum Anda pahami sebelumnya dengan lebih mudah. 

  1. Tetapkan tujuan atau pencapaian 

Cara meningkatkan kemampuan lainnya dapat Anda lakukan dengan menetapkan tujuan atau pencapaian. Hal ini umumnya dapat Anda lihat secara pribadi. Apakah pencapaian tersebut telah Anda dapatkan atau justru masih ada yang perlu diperbaiki?

Akan tetapi jika Anda masih merasa ragu dengan pencapaian yang telah Anda dapatkan. Pastikan untuk meminta pendapat dari orang terdekat, seperti halnya rekan yang ada di tempat kerja. 

Jangan merasa takut dengan kritik atau bahkan saran yang disampaikan. Pastikan untuk menjadikan hal tersebut sebagai pemicu agar Anda dapat meningkatkan kemampuan yang Anda miliki dengan lebih baik. 

  1. Temukan tempat belajar paling tepat

Bagian paling akhir untuk meningkatkan kemampuan yang Anda miliki adalah menemukan tempat yang tepat. Pada dasarnya untuk proses belajar itu sendiri dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Hal ini terbukti dari banyaknya sumber tempat yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan. 

Seperti halnya melalui buku, internet, podcast dan berbagai sumber lainnya. Bahkan bukan hanya sumber berbayar saja. Terapi Anda juga dapat mengandalkan sumber gratis lainnya, seperti teman, pasangan atau bahkan kerabat dekat. 

Dengan mengikuti beberapa cara di bagian atas tadi. Tentunya bukan hanya kemampuan saja yang bisa Anda tingkatkan. Tetapi Anda juga bisa mendapatkan jaringan atau bahkan relasi yang lebih luas dan membangun interaksi sosial dengan lebih baik. 
Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai soft skill, contoh serta cara meningkatkannya yang dapat Anda ikuti.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload