Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja secara Online

03 Nov 2021 by Laruan

Program Kartu Pra Kerja adalah salah satu program dari pemerintah yang terbilang cukup disambut dengan baik oleh masyarakat. Dilihat dari tingginya antusiasme masyarakat, pastinya program ini memiliki banyak manfaat untuk pesertanya. 

Cara Mudah Daftar Kartu Pra Kerja secara Online

Dan lagi, pendaftaran program ini sangat mudah dan bisa dilakukan secara online. Yuk, simak penjelasan di bawah ini sebelum daftar Kartu Pra Kerja! 

  1. Penjelasan Kartu Pra Kerja  

Program Kartu Pra Kerja adalah program pemerintah yang didesain untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditargetkan untuk pencari kerja atau pekerja yang merasa membutuhkan peningkatan kompetensi, serta pelaku usaha mikro dan kecil. Program ini dikembangkan untuk memberikan peluang lebih untuk peserta sekaligus memberikan tenaga ahli untuk sektor swasta.

Program yang sepenuhnya digital ini memudahkan peserta untuk mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi mengenai pelatihan-pelatihan yang ditawarkan. Dengan bekerja sama dengan banyak lembaga pelatihan ternama, pemerintah berusaha untuk terus mengembangkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia.

Program Kartu Pra Kerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif yang ditujukan untuk para pencari kerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan atau mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi yang sedang berlangsung ini, serta pekerja yang merasa membutuhkan peningkatan kompetensi.  

Tujuan Program Kartu Pra Kerja:

a. mengembangkan kompetensi pekerja

b. meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja

c. mengembangkan kewirausahaan

  1. Manfaat Kartu Pra Kerja 

Manfaat yang bisa didapatkan dari program ini adalah bantuan dana untuk pelatihan kompetensi kerja atau kewirausahaan serta insentif yang diberikan secara nontunai. Insentif dengan total nilai sebesar Rp3.550.000 ini dibagikan dengan cara seperti berikut ini;

  1. Rp1.000.000 untuk mengikuti berbagai pelatihan di berbagai lembaga pelatihan mitra yang terdaftar di halaman website Kartu Pra Kerja.
  2. Insentif nontunai yang bisa disalurkan melalui rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu; 
    1. Insentif sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total Rp2.400.000 setelah menyelesaikan pelatihan pertama 
    2. Insentif sebesar Rp50.000 per survei setelah mengikuti survei evaluasi  dengan total Rp150.000 untuk 3 kali survei 
  3. Jenis Pelatihan yang Diberikan 

Nah, karena banyak jenis pelatihan yang bisa diikuti dalam program Kartu Pra Kerja, berikut adalah beberapa kategori pelatihan yang paling diminati berdasarkan gelombang-gelombang sebelumnya; 

  1. Wirausaha

Kategori ini mengajarkan peserta keterampilan untuk memulai usaha mereka sendiri. Kelas yang ditawarkan mulai dari kerajinan tangan hingga pengelolaan keuangan. 

  1. Makanan dan minuman

Kategori ini berisikan segala hal yang terkait dengan produksi makanan dan minuman. Misalnya memasak, mengelola katering, meracik kopi, membuat kue, dan masih banyak lagi.

  1. Penjualan dan pemasaran online

Kategori ini cocok untuk peserta yang memiliki online shop. Keterampilan yang ditawarkan cukup bervariasi, mulai dari pemasaran digital hingga pembuatan konten yang profesional dan menarik.

  1. Gaya hidup

Pelatihan mengenai gaya hidup ini mencakup banyak aspek, misalnya makeup, fotografi, dan fesyen. 

  1. Bahasa asing

Pelatihan kategori ini yang paling banyak dipilih adalah bahasa Inggris. Tapi tidak hanya itu, peserta juga bisa memilih bahasa lain seperti bahasa Arab dan Mandarin.

  1. Pengembangan diri dan karir

Pelatihan yang diberikan dalam kategori ini antara lain adalah teknik wawancara dan melamar kerja yang baik. Selain itu, peserta juga bisa memilih pelatihan untuk mengembangkan teknik public speaking dan lainnya.

  1. Teknologi informasi

Kategori ini mungkin adalah yang paling diminati di era digital ini. Karena ini merupakan keterampilan yang cukup sulit tanpa dasar, pelatihan kategori ini cukup membutuhkan waktu yang lama. Contoh keterampilan yang ditawarkan antara lain adalah desain grafis dan coding. 

  1. Kekurangan Kartu Pra Kerja 

Terlepas dari manfaatnya, tentu saja program ini tidak sempurna. Ada beberapa aspek yang harus kamu pertimbangkan sebelum daftar Kartu Pra Kerja, yaitu; 

  1. Peserta tidak diarahkan ke industri unggulan

Pemerintah tidak menyatakan secara spesifik industri yang menjadi prioritas dalam jangka pendek dan jangka panjang. Sehingga, peserta harus menentukan sendiri program pelatihan yang akan dipilih, tanpa mengetahui industri apa yang akan dikembangkan dan keahlian apa saja yang dibutuhkan dalam industri tersebut. 

  1. Tidak ada informasi mengenai keahlian yang dibutuhkan oleh sebuah industri potensial

Karena peserta Kartu Pra Kerja bebas untuk memilih pelatihan sesuai dengan keinginan mereka, peserta mungkin akan memilih pelatihan yang “salah” dan tetap kesulitan mendapatkan pekerjaan. Padahal, perkembangan teknologi terus mengubah jenis keterampilan yang diharapkan dari sumber daya manusia yang tersedia.

  1. Desain dan konten pelatihan belum menyeluruh

Kelas pelatihan yang ditawarkan oleh banyak mitra lembaga pelatihan Kartu Pra Kerja belum memiliki konten yang linear. Program ini tidak memberikan rekomendasi pelatihan-pelatihan yang bagus untuk diikuti berdasarkan minat peserta. 

Oleh karena itu, peserta mungkin akan merasa kebingungan untuk memilih keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan atau meningkatkan nilai jualnya. 

  1. Persyaratan Kartu Pra Kerja 

Beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum daftar Kartu Pra Kerja adalah sebagai berikut;

  1. WNI berusia 18 tahun ke atas
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  3. Sedang mencari kerja, terkena pemutusan hubungan kerja, memiliki usaha mikro atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja dan tidak sedang menerima upah
  4. Tidak pernah mendapatkan bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
  5. Tidak menjadi pejabat pemerintahan, anggota DPRD, ASN, TNI/POLRI, Kepala Desa dan perangkat desa dan pejabat BUMN/BUMD
  6. Hanya dua NIK dalam satu Kartu Keluarga yang boleh menjadi Penerima Kartu Pra Kerja
  7. Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Kalau kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan dasar di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat akun di website Program Kartu Pra Kerja lalu mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan dan Kartu Pra Kerja. 

Yuk, ikuti cara pendaftaran online di bawah ini;

  1. Membuat akun Kartu Pra Kerja

Sebelum bisa mengikuti pelatihan, kamu harus memiliki akun di website Kartu Pra Kerja. Caranya adalah sebagai berikut;

  1. Buka halaman website prakerja.go.id
  2. Masukkan email atau nomor ponsel yang aktif
  3. Klik “Daftar”
  4. Selanjutnya pilih metode verifikasi
  5. Masukkan kode verifikasi yang kamu dapat melalui email atau SMS
  6. Pendaftaran berhasil
  7. Kamu telah berhasil membuat akun Kartu Pra Kerja
  8. Pendaftaran dan Tes Kartu Pra Kerja

Setelah kamu berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri untuk mengikuti program-program Kartu Pra Kerja dengan mengikuti cara di bawah ini; 

  1. Buka halaman website prakerja.go.id
  2. Login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat
  3. Klik “Daftar Kartu Pekerja”
  4. Isi formulir pendaftaran
  5. Klik “Selanjutnya”
  6. Lakukan dan ikuti tes kemampuan dasar
  7. Klik “Selesai”

Setelah menyelesaikan pendaftaran, mengisi formulir dan mengisi tes dasar, kamu akan menerima sebuah notifikasi untuk langkah selanjutnya melalui akun Kartu Pra Kerjamu.

Tes akan dilakukan langsung saat proses pendaftaran, jadi sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan baik dengan latihan sebelumnya, dan pastikan sinyal internet stabil. 

Hanya peserta yang telah lolos tes yang dijalankan di website resmi Kartu Pra Kerja saja yang akan diterima dalam program Kartu Pra Kerja dan mendapatkan kuota untuk gelombang tersebut. Kalau kuota gelombang sudah penuh, peserta yang sudah lolos tes bisa melakukan pendaftaran ulang pada gelombang berikutnya.

Nah, itu dia cara daftar Kartu Pra Kerja. Mudah bukan? Dan manfaatnya besar untuk kamu yang lagi sibuk mencari kerja. Apakah kamu sudah siap untuk mendaftar untuk gelombang Kartu Pra Kerja berikutnya?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload