5+ Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

08 May 2021 by kreditpintar, Last edit: 08 May 2021
cara menjaga daya tahan tubuh

Cara menjaga daya tahan tubuh selama puasa penting dipahami sebagai upaya membuat tubuh tidak terserang penyakit dengan mudah. Terlebih lagi, pandemi covid-19 masih belum usai hingga sekarang. Daya tahan tubuh mesti dijaga agar tidak terpapar virus corona. 

Untuk menghindari daya tahan tubuh melemah saat menjalankan ibadah puasa, berikut merupakan beberapa cara menjaga daya tahan tubuh selama puasa yang bisa Sobat Pintar lakukan.

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Puasa

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi saat Buka Puasa dan Sahur

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan salah satu kunci utama agar tubuh senantiasa sehat dan prima. Terapkan menu-menu sehat ketika hendak sahur, sehingga tubuh bisa diajak beraktivitas di pagi harinya dengan baik. 

Ingat, jangan sampai mencoba untuk melewatkan sahur, karena sahur adalah hal paling penting dilakukan ketika hendak berpuasa. Jika Sobat Pintar melakukannya, maka tubuh akan lemas di pagi hari, sehingga aktivitas yang dilakukan menjadi terhambat.

Pastikan saat sahur Sobat Pintar memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar tubuh menerima energi serta berserat tinggi. Selain itu, makanan berkarbohidrat kompleks biasanya mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentu saja penting bagi tubuh.

Bahkan, karbohidrat kompleks terkenal dengan proses cerna lamanya di dalam tubuh, sehingga bisa membuat Sobat Pintar kenyang  terus di siang hari. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya, oatmeal, nasi merah, dan roti gandum.

Selain karbohidrat kompleks, Sobat Pintar juga bisa memilih makanan kaya protein. Dilansir dari Health Line, sudah ada beberapa penelitian yang menunjukkan, bahwa mengkonsumsi sekitar 30 persen kalori makanan yang mengandung protein akan membuat Sobat Pintar bisa mengurangi rasa lapar.

Sementara itu, ketika hendak berbuka puasa, hindari untuk makan secara berlebihan, ya. Hal ini hanya akan membuat perut Sobat Pintar kembung atau tidak nyaman di area perut. Sobat Pintar bisa berbuka dengan makanan gizi seimbang, yakni protein, karbohidrat, dan serat.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Mencukupi cairan tubuh saat puasa penting dilakukan agar terhindar dari masalah dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Dehidrasi tentu berbahaya karena bisa membuat Sobat Pintar lemas saat menjalankan ibadah puasa. Tak hanya itu, tubuh juga menjadi rentan terhadap penyakit. 

Untuk itu, pastikan Sobat Pintar konsumsi minum air putih sebanyak delapan gelas sehari agar tubuh senantiasa sehat, serta terhindar dari masalah dehidrasi. Minumlah air ketika berbuka puasa, hendak tidur, dan saat sahur, sehingga kebutuhan cairan tubuh Sobat Pintar dapat terpenuhi.

Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Seluruh umat muslim memang diwajibkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Namun, jangan sampai Sobat Pintar melakukannya secara berlebihan karena tidak akan baik bagi tubuh. Bahkan, konsumsi gula berlebihan akan mendatangkan beberapa penyakit seperti, diabetes, obesitas, tipes, hingga penyakit jantung.

Semua penyakit itu akan membuat daya tahan imun menjadi lemah. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk konsumsi gula di batas wajar saja. Hal ini dilakukan agar kondisi badanmu tetap bugar dan prima selama bulan suci ramadhan.

Sobat Pintar Bisa Konsumsi Suplemen Kalau Diperlukan

Jika diperlukan, konsumsi suplemen yang mengandung mineral dan vitamin bisa Sobat Pintar lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Jenis suplemen yang dipilih, tentu mesti sesuai kebutuhan masing-masing. Sehingga, Sobat Pintar perlu konsultasi bersama dokter terlebih dahulu agar terhindar dari kasus salah konsumsi suplemen.

Umumnya, terdapat beberapa suplemen multivitamin yang sering dikonsumsi saat ramadhan, yaitu vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsium, dan zat besi. Dengan konsumsi suplemen saat puasa, maka tubuh akan terjaga kesehatannya, serta meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, khususnya saat pandemi seperti sekarang ini.

Bagi yang Memiliki Penyakit Tertentu, Sobat Pintar Wajib Untuk Memperhatikan Kesehatannya

Selama menjalankan ibadah puasa, penting bagi semua orang yang menjalankan untuk memperhatikan kondisi kesehatannya, apalagi yang memiliki riwayat penyakit. Contohnya, bagi yang kerap terkena sakit maag atau gastritis, Sobat Pintar perlu menghindari setiap makanan yang bisa membuat kondisi tersebut kambuh.

Artinya, penting bagi Sobat Pintar untuk menghindari makanan pedas, berminyak, hingga minuman bersoda dan kopi. Kalau pun ingin mengkonsumsinya, pastikan untuk bisa membatasinya, sehingga terhindar dari masalah penyakit berbahaya. Bahkan, beberapa yang memiliki penyakit tertentu, wajib konsultasi bersama dokter pribadi agar bisa mengetahui apakah boleh menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin juga termasuk dalam cara menjaga daya tahan tubuh selama puasa. Hal ini dilakukan untuk mendukung proses metabolisme tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh dari penyakit yang ada di sekitar.

Jenis olahraga yang dilakukan cukup olahraga dalam skala ringan saja. Seperti, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari, dan olahraga ringan lainnya. Jadi, jangan sampai Sobat Pintar hanya bermalas-malasan saja saat puasa, ya.

Cukupi Kebutuhan Tidur dan Istirahat Setiap Hari

Agar bisa membuat daya tahan tubuh tetap kuat setiap hari, Sobat Pintar mesti memiliki waktu tidur dan istirahat yang cukup di malam hari. Apabila di siang hari Sobat Pintar melakukan berbagai aktivitas yang membuat tubuh lelah, maka biarkan tubuh beristirahat pada waktu malam dengan tenang.

Ingatlah, ketika tubuh dalam keadaan letih, lalu Sobat Pintar memaksakan untuk tidak beristirahat pada malam hari, maka tubuh akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Biasanya, seseorang yang kurang tidur akan rentan terkena influenza atau infeksi lainnya.

Oleh karena itu, Sobat Pintar mesti beristirahat dengan cukup sesuai durasi waktu tidur yang ditentukan di malam hari. Apalagi di bulan ramadhan ini yang mengharuskan Sobat Pintar terbangun pada waktu sahur. Pastikan setelah pulang tarawih, Sobat Pintar langsung beristirahat dan tidur, lalu bangun pukul tiga untuk mempersiapkan santap sahur.

Buat Jadwal Kegiatan Sehari-hari

Jadwal kegiatan sehari-hari bisa membantu Sobat Pintar untuk membagi berbagai aktivitas seperti, bekerja, istirahat, beribadah, hingga melakukan berbagai persiapan di rumah. Pastikan bahwa Sobat Pintar mematuhi dengan baik setiap jadwal yang sudah dibuat. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari menjadi lebih terarah, sehingga Sobat Pintar bisa tetap produktif walaupun sedang beribadah puasa. 

Sudah Siap Menjalankan Ibadah Puasa?

Setelah Sobat Pintar mengetahui cara menjaga daya tahan tubuh selama puasa di atas, maka Sobat Pintar bisa mulai menjalani puasa dengan aktivitas secara baik. Tubuh tidak akan mudah lemah di siang hari, dan membuat Sobat Pintar tampil bugar serta prima setiap harinya. Bukan hanya itu saja, Sobat Pintar pun bisa terhindar dari berbagai penyakit, khususnya virus corona. 

Apabila saat menjalankan puasa, ternyata Sobat Pintar membutuhkan dana mendadak karena gaji belum cair, maka tidak perlu khawatir, Sobat Pintar bisa menggunakan Kredit Pintar sebagai solusi finansial darurat. Hanya di Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa mendapatkan dana cepat cair kurang dari 24 jam dimulai dari saat memberikan pengajuan. Terlebih lagi, aplikasi pinjaman online cepat cair ini sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK, lho. Jadi, Sobat Pintar akan terhindar dari masalah penipuan atau sejenisnya.

kredit pintar
08 May 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download