5+ Cara Mengganti Background Zoom Saat Meeting

07 Jul 2021 by Laruan

Semenjak pandemi Corona ini melanda, banyak sektor pekerjaan yang pada akhirnya dibawa ke rumah dan dikenal istilah WFH (Work From Home). Namun, tentu tidak selamanya pekerjaan tersebut dikerjakan sendiri, perlu adanya koordinasi dan konsolidasi antara atasan maupun rekan kerja. 

Salah satu cara untuk berkomunikasi berbasis meeting atau rapat ini adalah dengan menggunakan platform Zoom Meeting. 

Platform ini menghadirkan layanan meeting online secara gratis (dengan jumlah pengguna dan waktu terbatas) maupun berbayar. Namun, entah Sobat Pintar merupakan pengguna gratis maupun pengguna berbayar, tetap dapat memberikan kesan menarik pada room meeting Sobat Pintar dengan mengubah Background nya. 

Kenapa Harus Mengganti Background Zoom?

Ada alasan kenapa Sobat Pintar harus mengganti background Zoom Meeting. Alasan yang paling sederhana adalah karena tidak semua orang memiliki ruangan pribadi untuk bekerja di rumahnya. Bisa jadi background atau latar belakang dari tempat Sobat Pintar duduk di depan kamera adalah pemandangan Dapur tempat Istri Sobat Pintar memasak, atau ruang keluarga tempat anak-anak Sobat Pintar bermain. 

Nah, dengan menerapkan background Zoom yang berupa gambar atau bahkan sekedar blur background. Hal tersebut dapat menjadi solusi dari gangguan visual di sekitar Sobat Pintar bagi orang lain yang juga sedang berada di ruang meeting tersebut.

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop

  1. Buka Aplikasi Zoom, setelah itu login untuk masuk ke Akun. 
Cara Mengganti Background Zoom di Laptop
  1. Lalu klik Profil di kanan atas 
Cara Mengganti Background Zoom di Laptop
  1. Pilih “setting“ atau ”pengaturan“.
Cara Mengganti Background Zoom di Laptop
  1. Pilih “Background & Filters“
Cara Mengganti Background Zoom di Laptop
  1. Pilih “Virtual Background”

Nah pada tahap ini Sobat Pintar dapat memilih beberapa gambar yang sudah tersedia dari Zoom Meetingnya, atau menggunakan gambar apapun yang ingin Sobat Pintar gunakan dengan klik tombol + (plus) di bagian kanan. 

Selain itu, apabila memang background Sobat Pintar adalah selayaknya green screen. Sobat Pintar dapat menggunakan efek studio tersebut dengan mencentang pada Green Screen Technik. 

Cara Mengganti Background Zoom di Ponsel

Tidak semua pengguna Zoom Meeting menggunakan perangkat PC atau Laptop. Penggunanya di perangkat ponsel seperti Android maupun iOS pun ada. 

Nah, bila Sobat Pintar salah satu pengguna Zoom Meeting yang menggunakan perangkat ponsel, jangan khawatir mengganti background ini masih tetap dilakukan kok. Bagaimana caranya? Ikut saja langkah-langkah mudahnya di bawah ini:

Perhatian! Untuk perangkat Android, Sobat Pintar perlu melakukan update OS sampai Android 8.0 terlebih dahulu untuk dapat menggunakan fitur mengganti background ini.

  1. Masuk ke dalam aplikasi Zoom.
  2. Untuk mengubah background Sobat Pintar perlu bergabung ke dalam ruang meeting terlebih dahulu. Atau Sobat Pintar dapat membuat ruang meeting sendiri. 
  3. Di ruang meeting klik ikon dengan titik tiga atau “more“ pada bagian kanan bawah layar.
  4. Ketika menu tersebut ditampilkan, pilih opsi “Virtual Background”
  5. Dari sini, Sobat Pintar dapat memilih gambar latar belakang yang telah tersedia, atau bila ingin menambahkan gambar berdasarkan keinginan sendiri dapat Sobat Pintar tambahkan dengan klik ikon “+”.

Etika Menggunakan Background Zoom

Tahukah Sobat Pintar kalau menggunakan background Zoom pun memiliki etika nya lho. Jangan sekali-kali menggunakan background seperti di pantai, atau tampilan di café untuk meeting yang sifatnya formal. 

Bila meeting Sobat Pintar bersifat formal, ada baiknya Sobat Pintar menggunakan wallpaper motif, wallpaper office atau wallpaper polos. 

Bila meeting Sobat Pintar bersifat tidak terlalu formal atau semi-formal, Sobat Pintar dapat menggunakan wallpaper santai seperti berada di café yang tidak terlalu ramai.

Dan tentunya, bila meeting tersebut tidak formal, Sobat Pintar dapat menggunakan wallpaper apapun sesuka hati Sobat Pintar.

Jadi, bagaimana? Mudah bukan cara mengganti background Zoom meeting di perangkat Laptop maupun ponsel ini?Tetap ingat ya! Biasanya background tersebut digunakan untuk membuat suasana meeting atau konferensi menjadi lebih formal dan tanpa terganggu hal apapun di belakang Sobat Pintar maupun pembicara Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload