10 Kebiasaan Buruk Saat WFH

03 Aug 2021 by Laruan

Sejak pandemi Covid-19 dimulai, WFH atau work from home telah menjadi budaya. Tentunya WFH memberikan banyak keuntungan, seperti waktu yang lebih fleksibel, tidak membuang waktu dalam perjalanan, dan lebih banyak waktu untuk berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi seiring dengan keuntungan ini, ada banyak kebiasaan buruk yang mulai terbentuk selama bekerja dari rumah. Inilah berbagai kebiasaan buruk saat WFH.

10 Kebiasaan Buruk Saat WFH
  1. Bangun siang akibat WFH

Dengan waktu yang fleksibel datanglah jam bangun tidur yang fleksibel juga. Tentunya hal ini tidak berlaku bagi yang memiliki jadwal zoom meeting rutin pada pagi hari, tapi nyatanya kebanyakan kebijakan kantor membuat kita dapat menekan tombol snooze dan tidur sampai siang hari. Kalaupun harus absen di pagi hari, Sobat Pintar malah hanya absen kemudian tidur lagi.

Bangun siang merupakan kebiasaan buruk karena selain dapat menjadi kebiasaan, tubuh juga kehilangan ritmenya, menyebabkan beberapa fungsi biologis menurun. Cobalah untuk mengatur waktu tidur supaya Sobat Pintar dapat bangun pagi.

  1. Tidak mandi pagi

Mandi pagi merupakan aktivitas memulai hari yang manfaatnya jarang dibicarakan. Mandi pagi membangunkan dan menyegarkan Sobat Pintar dalam seketika, sehingga dapat menjadi solusi dari kebiasaan bangun siang. Jika saat bangun Sobat Pintar masih merasa mengantuk, langsung saja berdiri dan berjalan ke kamar mandi lalu siram kepala atau paling tidak wajah Sobat Pintar, Sobat Pintar akan langsung terjaga.

Sebaliknya, jika tidak mandi pagi, Sobat Pintar akan merasakan kantuk saat sedang bekerja. Bahkan jika Sobat Pintar bangun tepat waktu tanpa harus dipaksakan, kemungkinan Sobat Pintar akan tetap merasa mengantuk saat sedang bekerja.

  1. Beraktivitas dengan masih mengenakan piyama

Selain fleksibel waktu, WFH juga fleksibel aturan berpakaian. Sobat Pintar hanya butuh berpakaian rapi saat sedang meeting, itu pun hanya jika harus on cam. Sobat Pintar mungkin tidak menyadarinya, tapi pakaian memberikan dampak besar bagi mood kita. Apabila Sobat Pintar mengenakan pakaian yang biasa Sobat Pintar kenakan untuk bersantai di rumah, badan dan pikiran Sobat Pintar juga ikut bersantai. Maka dari itu, kenakanlah pakaian yang rapi supaya pikiran Sobat Pintar terangsang untuk fokus bekerja.

Sobat Pintar juga dapat mengenakan pakaian cantik untuk meningkatkan mood Sobat Pintar. Jika Sobat Pintar hanya mengenakan pakaian rumah seharian, rasanya secara keseluruhan diri Sobat Pintar menjadi terasa acak-acakan. Bagi orang-orang yang menyukai fashion, ada kesenangan tersendiri dalam memilih baju bagus dan mengenakannya. Walaupun Sobat Pintar tidak memiliki keharusan mengenakan pakaian rapi, kenakanlah outfit yang Sobat Pintar sukai di rumah untuk mengubah suasana hati.

  1. Mengerjakan pekerjaan di kasur saat WFH

Duduk berlama-lama memang membuat punggung dan tengkuk sakit, sehingga memberikan godaan untuk duduk atau bahkan tengkurap di atas tempat tidur yang empuk. Apalagi kebanyakan pekerjaan sekarang dikerjakan menggunakan laptop, sehingga mudah dilakukan dari tempat tidur.

Ternyata tidak baik menggabungkan ruang kerja dan ruang istirahat. Jika memungkinkan, sebaiknya Sobat Pintar memiliki kamar tidur dan ruangan kerja yang berbeda. Akan tetapi bila tidak ada tempat, bisa diakali dengan memisahkan tempat istirahat dan tempat bekerja pada dua sisi kamar yang berlainan.

Untuk mengurangi godaan bekerja di kasur, investasikanlah uang Sobat Pintar untuk membeli kursi kantor dengan dudukan dan sandaran yang nyaman. Pastikan juga tinggi kursi dan meja kerja Sobat Pintar cocok, sehingga mata dan lengan Sobat Pintar nyaman saat bekerja. Saat bekerja, duduk di kursi dengan tegak supaya punggung tidak cepat pegal dan pikiran lebih fokus.

  1. Tidak memiliki rencana harian

Ini merupakan kebiasaan buruk saat WFH bagi pekerja yang sehari-hari bisa bekerja dari rumah. Daripada terkatung-katung seharian di rumah, siapkan jadwal, catatan, maupun to-do-list akan apa yang akan Sobat Pintar lakukan untuk hari berikutnya. Buatlah goals yang ingin dicapai untuk meningkatkan diri Sobat Pintar baik dalam kemampuan maupun personal.

  1. Kerja sampai lupa waktu adalah kebiasaan buruk yang rentan muncul

Saat WFH, batas waktu antara kegiatan pekerjaan dan waktu santai sangatlah tipis. Maka dari itu, tidak hanya waktu tidur dan istirahat yang bisa sampai lupa waktu, melainkan juga waktu bekerja. Baik itu memang karena workaholic atau karena sudah terlalu banyak membuang-buang waktu sehingga harus mengejar deadline yang mepet, over-working bukanlah kebiasaan yang baik.

Jika Sobat Pintar hanya fokus pada pekerjaan, Sobat Pintar dapat mengalami stres berat atau depresi yang dapat memicu komplikasi kesehatan lainnya.

  1. Jam makan berantakan

Jika bekerja di kantor, Sobat Pintar terbiasa sarapan sebelum berangkat kerja dan memiliki jam makan siang yang rutin. Akan tetapi selama WFH, Sobat Pintar tidak memiliki waktu makan yang ditentukan. Hal ini dapat berbahaya jika jarak sarapan dan makan siang Sobat Pintar terlalu jauh, tubuh dan otak menjadi kekurangan nutrisi. Bahkan banyak orang yang melewatkan jam makan siang karena melanjutkan pekerjaan. Maka lakukanlah manajemen waktu yang baik dan berikan tubuh Sobat Pintar waktu untuk mengisi ulang daya.

  1. Menatap layar terlalu lama

Mulai dari gangguan untuk mata sampai gangguan otak dan kesehatan mental, berada di depan layar laptop maupun handphone memiliki banyak efek samping. Terlalu lama menatap layar gadget dapat menyebabkan mata lelah, pecahnya pembuluh darah mata, mata minus, bahkan kebutaan. Terpapar cahaya layar gadget terlalu lama juga dapat mengganggu tidur. Maka dari itu ingatlah untuk mengambil waktu istirahat dari depan layar secara rutin.

  1. Kurang bergerak

Berada di depan laptop terlalu lama juga membuat kita kurang bergerak. Gaya hidup penduduk kota sudah sangat sedentari, kenyataan ini ditambah lagi dengan tidak harus bergerak untuk ke kantor sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan tubuh. Semua otot akan mengendur termasuk otot betis yang biasanya paling tidak digunakan untuk berjalan dari rumah ke kendaraan.

Kurangi screen time dan perbanyak bergerak dengan menyetel alarm untuk waktu stretching dan berjalan-jalan sebentar. Lakukan workout yang dapat dilakukan di rumah paling tidak dua hari sekali, Sobat Pintar dapat mengikuti gerakan dari video di internet. Alternatif olahraga kecil lain adalah naik-turun tangga di rumah, melakukan lompat tali, senam aerobik, atau berlari di sekitar kompleks (jangan lupa pakai masker!).

  1. Lupa bersosialisasi

Kebiasaan buruk saat WFH yang terakhir adalah jarang berkomunikasi dengan orang lain, terutama bagi orang-orang yang memang memiliki kepribadian tertutup. Dengan WFH, kita hanya bekerja di rumah sendirian atau bersama keluarga. Hal ini seringkali membuat kita lupa berkomunikasi dengan dunia luar, bahkan menjauh dari teman-teman.

Tak peduli seberapa besar kesenanganmu untuk menyendiri, ingatlah bahwa kita semua tetap membutuhkan teman. Buatlah catatan pada diri sendiri untuk menghubungi teman-teman dan sanak saudara Sobat Pintar tiap beberapa waktu. 

Dari 10 kebiasaan buruk saat WFH tadi, berapa banyak yang sering Sobat Pintar lakukan? Coba buat checklist! Sadarilah bahwa kebiasaan-kebiasaan ini dapat mengganggu produktivitas dan bahkan kesehatan Sobat Pintar. Lakukan perubahan-perubahan kecil untuk mengubah kebiasaan buruk Sobat Pintar saat WFH dan rasakan manfaatnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload