Penting! Ayo, Kenali Apa Saja Penyebab Kelelahan Mata!

Penting! Ayo, Kenali Apa Saja Penyebab Kelelahan Mata!

19 Apr 2021 by dan.shen
kelelahan mata

Apa itu WFH?

Siapa disini yang mengalami perubahan drastis sejak pandemi? Virus Corona yang menyerang Indonesia sejak bulan Maret tahun lalu memberikan dampak yang signifikan terhadap keseharian kita semua, mulai dari acara yang dibatalkan, sekolah daring, sampai pekerjaan yang dilakukan di rumah. Dari sinilah istilah Work From Home (WFH) menjadi populer. WFH sendiri bukanlah suatu hal yang baru, tetapi WFH menjadi sesuatu yang normal pada masa pandemi ini. Kantor dan perusahaan menetapkan para karyawan untuk bekerja secara daring dari rumah masing-masing, supaya tidak terpapar virus Corona dan juga untuk mencegah penyebaran dari mereka yang sudah terkena virus Corona.

Beruntung kita tinggal di era digital, dimana semua serba dimudahkan dengan bantuan koneksi internet. Ini artinya seluruh aktivitas dan kegiatan dilakukan secara online. Pembatasan sosial yang dilakukan mau tidak mau mendorong kita untuk menatap layar gadget agar semua tetap berjalan sesuai dengan tujuan. Pada awalnya, banyak yang mengira kebijakan WFH ini dapat memberikan sedikit kebebasan kepada para karyawan untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih santai, tetapi waktu seseorang menatap layar gadget justru malah meningkat saat bekerja dari rumah. Hal ini disebabkan oleh seluruh aktivitas yang biasa dapat dilakukan secara tatap muka berubah menjadi tatap layar, seperti rapat, seminar, workshop, dan lain-lain.

Apa penyebab kelelahan mata?

Menghitung waktu yang digunakan untuk melihat layar gadget, bukannya tidak mungkin seseorang akan kelelahan, khususnya pada mata mereka. Computer Vision Syndrome (CVS) adalah kumpulan-kumpulan dari kendala yang dialami seseorang terkait kerja mata mereka, atau sering disebut sebagai kelelahan mata. Terlebih lagi, seseorang akan cenderung untuk lebih jarang berkedip saat melihat layar. Oleh karena itu, mata akan menjadi kering dan dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami kelelahan mata. Cairan mata yang berkurang dapat menjadi penyebab persoalan penglihatan mereka untuk jangka panjang.

Bagaimana kita tahu bahwa memiliki gangguan CVS?

Seseorang yang terkena gangguan kelelahan mata ini akan mengalami beberapa gejala, seperti penglihatan yang semakin kabur, mata yang perih karena kering, rasa nyeri serta kaku pada leher, pusing, dan juga sakit kepala. Tidak hanya CVS, kecenderungan seseorang menatap layar terlalu lama juga menjadi penyebab timbulnya gangguan-gangguan lain, yakni sakit punggung atau bahkan sindrom carpal tunnel, yaitu rasa sakit dan kaku pada lengan serta tangan.

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah pandangan mata yang tidak menyehatkan?

Satu langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebab munculnya gejala kelelahan mata adalah pengaturan cahaya pada layar gadget. Tidak baik bila layar disetel terlalu cerah, tetapi bukan berarti layar monitor boleh disetel dengan tingkat pencahayaan yang terlalu rendah. Penting adanya seorang pelajar yang sedang melakukan pembelajaran daring atau karyawan yang WFH untuk melakukan riset mengenai layar monitor yang cocok.

Memang betul bahwa semakin bagus kualitasnya, maka akan semakin tinggi harganya. Solusinya, kredit pintar hadir sebagai sebuah perusahaan financial technology (fintech) yang dapat memberikan pinjaman dengan waktu yang cepat untuk membantu mereka yang bekerja dari rumah agar dapat bekerja dengan lebih nyaman. Tenang saja, pinjaman online ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dipastikan reputasinya. Bagi kalian yang masih ragu, kredit pintar memberikan beberapa keuntungan seperti proses pencairan yang kilat, pengawasan langsung dari OJK, serta proses pembayaran yang mudah. Jangan karena harga yang mahal, mata kita yang menjadi korban.

Kredit pintar