11 Tips Pintar agar Anggaran Rumah Tangga Hemat!

29 Jul 2021 by Laruan

Untuk memiliki kepastian di masa depan, mengambil langkah agar anggaran rumah tangga irit sudah wajib hukumnya. Memang, sekarang ini semua memang harus pintar dalam mengatur dan mencari uang. Dari semua pengeluaran, jelas pengeluaran dari rumah tangga yang paling besar dan harus diawasi. Maka, ayo mulai mempelajari cara hemat anggaran rumah tangga! Selain baik untuk keuangan, Sobat Pintar juga akan memberikan dampak baik bagi kesehatan dan lingkungan sekitar. Lantas, bagaimana kita bisa lebih hemat dan mengurangi anggaran rumah tangga kita? Ayo, ikuti 11 tips pintar agar anggaran rumah tangga hemat di bawah ini! 

1. Kurangi penggunaan mobil atau motor

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Motor dan mobil adalah barang mewah yang jika tidak diatur pemakaiannya akan menguras keuangan Sobat Pintar. Ada baiknya bila Sobat Pintar membiasakan memulai jalan dan bersepeda untuk berpergian ke tempat yang dekat. Selain menghemat uang karena tidak perlu beli bensin, ini juga membuat Sobat Pintar lebih sehat karena Sobat Pintar akan lebih sering berjalan kaki dan bersepeda alih-alih memakai kendaraan. 

Selain bermanfaat dari sisi keuangan dan kesehatan, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor juga dapat membantu mengurangi dampak polusi udara pada lingkungan sekitar Sobat Pintar. Ini dikarenakan asap kendaraan bermotor mengeluarkan karbon monoksida (CO) dan Nitrogen Oksida (NOx) yang dapat membahayakan lingkungan sekitar dan kesehatan orang lain. 

Intinya, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dapat membantu mengurangi biaya rumah tangga Sobat Pintar lebih irit dan banyak hal lainnya.

2. Kurangi penggunaan AC atau pendingin ruangan lainnya

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Selain motor dan mobil, AC juga merupakan fasilitas penting bagi sebuah rumah yang kadang tidak digunakan dengan cermat. Maklum, karena Indonesia adalah negara dengan iklim tropis,  AC jadi lebih sering digunakan.  Walaupun begitu, AC tetap saja bisa menjadi salah satu sumber pengeluaran rumah tangga Sobat Pintar. Apalagi jika AC tersebut dinyalakan dalam waktu yang cukup lama. 

Selain pemakaian, faktor servis yang diperlukan ketika AC mengalami kerusakan juga dapat menguras uang Sobat Pintar. Walaupun faktor ini bergantung dari umur dan kondisi AC, pemakaian AC yang berlebih dapat juga merusak AC.

Misalkan saja jika AC Sobat Pintar rusak, ada kemungkinan Sobat Pintar harus mengganti suku cadang atau bahkan AC itu sendiri. Misal saja kompresor AC rusak, maka Sobat Pintar harus mengeluarkan uang sekitar 1,5 juta rupiah. Jumlah yang tidak main-main untuk pengeluaran bulanan, kan?

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

3. Cermati penggunaan air panas saat mandi

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Jika Sobat Pintar memiliki air panas di rumah, gunakan air panas dengan bijak. Mandi air panas jelas dapat membantu Sobat Pintar memberikan sensasi rileks dan menyegarkan badan setelah seharian beraktivitas. 

Namun, pemakaian air panas yang berlebihan dapat memberikan beban ke biaya listrik dan air. Maka dari itu, untuk menghemat biaya rumah tangga ada baiknya Sobat Pintar memakai air panas seperlunya saja. 

4. Cermati penggunaan air ketika mencuci

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Selain untuk air panas, air yang digunakan ketika Sobat Pintar mencuci juga harus dilihat. Jika cucian sedikit, lebih baik Sobat Pintar mencuci dengan cara biasa dibandingkan dengan mesin cuci. Membeli mesin cuci yang irit juga dapat membantu Sobat Pintar menghemat air dan listrik. 

5. Membuat makanan sederhana sendiri

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Ini adalah salah satu cara irit biaya dari keseharian rumah yang sudah paten. Membuat makanan sendiri adalah alternatif dari belanja atau jajan makanan di luar.

Misal saja Sobat Pintar membuat nasi dengan lauk telur dadar dan lalapan, Sobat Pintar bisa menghemat lima ribu hingga sepuluh ribu rupiah per penyajian dibandingkan membeli makanan yang sama di warung atau restoran terdekat. 

6. Cermati promo dan diskon

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Jika Sobat Pintar benar-benar bosan dengan makanan yang dibuat di rumah, boleh saja Sobat Pintar jajan di luar selama tidak melebihi batas. Lebih penting lagi, Sobat Pintar harus bisa mencermati diskon dan promo yang sedang berlangsung.

Walaupun kelihatannya kecil, Sobat Pintar dapat mengirit uang yang cukup banyak jika memanfaatkan diskon dan promo. Namun, tetap saja jumlah pengeluaran harus diperhatikan. Jangan sampai keuangan Sobat Pintar terkuras karena tergiur diskon.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

7. Jaga Kesehatan

Anggaran Rumah Tangga Hemat

Hidup sehat adalah hidup irit. Dengan menjaga kesehatan Sobat Pintar dapat terhindar dari penyakit menular dan gangguan pada tubuh lainnya. Ini berarti berkurangnya biaya yang dikeluarkan untuk kesehatan Sobat Pintar. 

Menjaga kesehatan memanglah proses yang butuh disiplin. Sobat Pintar harus rajin berolahraga dan menjaga kebugaran tubuh agar tidak terkena penyakit. 

8. Kurangi konsumsi yang tidak perlu

Kurangi konsumsi yang tidak perlu

Selain makanan, Sobat Pintar juga bisa lebih irit dengan mengurangi konsumsi hal-hal lain yang tidak perlu. Salah satu contohnya itu rokok. Walaupun rokok bisa dibeli dengan harga yang cukup murah, namun lama-kelamaan rokok bisa menjadi salah satu sumber pengeluaran terbesar dari kantong Sobat Pintar. Selain itu, rokok juga mengandung bahaya tersendiri bagi kesehatan. 

Banyak barang konsumsi lain yang bisa dijadikan contoh seperti rokok. Yuk, kita coba hidup disiplin dan irit dengan mengurangi barang-barang konsumsi yang tidak perlu. 

9. Pintar menggunakan Kartu Kredit atau Pinjaman Jangka Pendek

Pintar menggunakan Kartu Kredit atau Pinjaman Jangka Pendek

Kartu kredit membuat transaksi menjadi lebih cepat dan mudah. Walaupun begitu penggunaan kartu kredit yang tidak pintar dapat membuat keuangan Sobat Pintar bolong. Sebab itu, lebih baik Sobat Pintar menggunakan kartu kredit ketika diperlukan.

Jika ada waktu dimana Sobat Pintar memerlukan dana lebih tapi tidak ingin menggunakan kartu kredit, Sobat Pintar bisa saja meminjam ke perusahaan kredit jangka pendek seperti kredit pintar yang dapat memberikan Sobat Pintar pinjaman secara online secara aman dan terpercaya. 

Pada akhirnya ada banyak alternatif mencari uang cepat untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, entah itu kartu kredit ataupun pinjaman jangka pendek dari perusahaan yang terverifikasi. Namun yang penting adalah jika kebutuhan itu tidak mendesak, lebih baik tidak membelinya.  

10. Selalu menghitung biaya per bulan atau per minggu

Selalu menghitung biaya per bulan atau per minggu

Selain mengurangi, Sobat Pintar juga perlu menghitung. Walaupun ini adalah pekerjaan yang agak membosankan dan sulit untuk diikuti, kebiasaan ini adalah tambahan penting dari cara-cara irit di atas. 

Dengan menghitung biaya per bulan atau per minggu, Sobat Pintar dapat mengetahui sebenarnya pengeluaran manakah yang perlu dipotong. 

Misalkan saja Sobat Pintar sekarang sedang menghemat dengan merubah pola cara makan secara drastis, namun masih mengalami defisit ketika menghitung biaya per bulan. Ternyata setelah dihitung, biaya yang perlu dikurangi adalah biaya listrik melalui AC dan alat elektronik lainnya. 

Maka dari itu, penting untuk Sobat Pintar menghitung pengeluaran keluarga agar lebih irit.

11. Matikan alat elektronik ketika tidak perlu

Matikan alat elektronik ketika tidak perlu

Berbicara tentang alat elektronik, Sobat Pintar juga bisa memotong biaya listrik dengan mematikan alat elektronik ketika tidak diperlukan. Contoh-contoh alat yang bisa dikendalikan adalah televisi, AC, dan lampu.

Selain mengendalikan penggunaan, Sobat Pintar juga bisa  membeli alat-alat elektronik yang irit energi agar tidak membobol pengeluaran keluarga dan agar rumah menjadi rumah ramah lingkungan. Alat-alat elektronik yang bisa dijadikan lebih irit energi adalah AC, kulkas, lampu, microwave, dan televisi. Namun, lebih baik Sobat Pintar periksa berapa uang yang bisa dipakai untuk membeli alat elektronik irit listrik. Jangan sampai keuangan Sobat Pintar terbobol oleh pembelian alat-alat listrik. 

Dan itulah 11 tips pengeluaran keluarga irit dan mudah! Semoga artikel ini dapat menjadi panduan kecil dan penyemangat Sobat Pintar untuk mulai menghemat. Bisa Sobat Pintar lihat pula, dengan menghemat kita juga bisa memberikan efek baik bagi lingkungan dengan mengurangi pemakaian energi dan mengurangi polusi dari barang-barang yang kita miliki. Yuk, mulai irit sekarang!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload