Yuk Mengenal Apa Itu Love Languages Lebih Dalam

15 Jun 2021 by kreditpintar
Yuk Mengenal Apa Itu Love Languages Lebih Dalam

Apabila membicarakan masalah percintaan, pasti tidak akan ada habisnya. Dimulai dari orang jatuh cinta bahkan sampai mengalami patah hati karena cinta. Setiap orang pada umumnya memiliki pengertian tersendiri mengenai cinta. Bahkan cara untuk mengekspresikan cinta juga berbeda pada setiap orang. Di mana hal itu disebut sebagai love languages.

Kebanyakan orang memiliki kecemasan saat menjalankan hubungan. Dimulai dari bagaimana kelanjutan hubungan mereka selanjutnya, bahkan sampai adanya orang ketiga. Dengan adanya fenomena seperti ini, sebetulnya bukan menjadi hal yang perlu disalahkan. Untuk beberapa orang yang sudah memiliki pasangan memiliki rasa cemas tentu cukup wajar.

Namun, hal tersebut akan tergantung bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh kedua pasangan. Tapi sebetulnya apa bahasa cinta itu? Untuk lebih detailnya, maka simak pembahasan berikut ini.

Apa Itu Bahasa Cinta?

Apabila mendengar istilah bahasa cinta, maka masih banyak orang yang masih belum paham tentang hal itu. Konsep dari bahasa cinta sendiri pertama kali dikenalkan oleh penulis buku Five love languages yang berasal dari Amerika yaitu Dr. Gary Chapman. Ia melakukan pembedahan yang jauh lebih lanjut mengenai prinsip komunikasi di dalam sebuah hubungan. 

Sehingga dari situlah Dr. Gerry mengenalkan sebuah bahasa cinta yang dapat diaplikasikan ke hubungan. Entah itu hubungan romantis di antara pasangan, hubungan di antara keluarga dan juga pertemanan.

Intinya adalah bahasa cinta merupakan cara untuk seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta mereka kepada orang lain. Hal seperti ini tidak selalu mengenai hubungan romantis, sehingga bisa diterapkan ke berbagai macam hubungan.

Mengenal Bahasa Cinta

Terdapat pengelompokan dalam bahasa cinta, yang dijadikan menjadi 5 jenis. Maka berikut ini adalah lima jenis yang patut Sobat Pintar ketahui:

1. Words of Affirmation

Jenis bahasa cinta yang pertama yaitu word of affirmation. Untuk jenis bahasa yang satu ini merupakan kalimat positif seperti halnya apresiasi ataupun pujian. Kalimat dari jenis bahasa ini merupakan keyakinan jika pasangan betul-betul mencintai Sobat Pintar. Contohnya saja ketika pasangan sangat suka mengungkapkan rasa sayangnya, selalu berterima kasih karena sudah membantunya, atau selalu memberikan kalimat apresiasi atas apa yang sudah Sobat Pintar lakukan.

Meskipun kalimat word of affirmation ini terdengar cukup klise, tapi kalimat seperti inilah yang paling ditunggu oleh pasangan. Selain menunjukkan rasa cinta, tapi pastinya akan membuat pasangan merasa bahagia.

2. Quality Time

Bagi Sobat Pintar yang sangat suka ketika menikmati bersama dengan orang tercinta, maka dapat dikatakan jika Sobat Pintar tipe orang yang memiliki jenis bahasa cinta satu ini. Pada jenis ini memiliki fokus pada kualitas waktu yang dihabiskan bersama, tanpa adanya gangguan seperti penggunaan gadget dan lain sebagainya.

Dengan quality time tentu saja komunikasi dapat dilakukan dengan baik, komunikasi merupakan hal krusial di dalam sebuah hubungan. Dimulai dari cerita yang cukup sederhana, bercanda bersama pasangan ataupun membicarakan hal-hal yang penting. Harapan dari quality time ini tentu berguna untuk selalu menjaga hubungan di antara pasangan ataupun keluarga.

3. Receiving Gifts

Bahasa cinta tidak selalu perihal memberikan kado yang mahal. Akan tetapi lebih ke arah bagaimana makna dari pemberian kado tersebut. Untuk Sobat Pintar yang memiliki bahasa cinta, pastinya Sobat Pintar pernah merasakan jika kado merupakan bentuk dari kasih sayang. 

Contohnya saja ketika pasangan Sobat Pintar memberikan baju baru tapi tidak peduli seberapa harga dari baju tersebut. Yang paling penting adalah jika pasangan Sobat Pintar memberikannya dengan tulus.

4. Acts of Service

Untuk sebagian pasangan yang memiliki bahasa cinta seperti ini maka perkataan “aku cinta kamu” bukankah perihal yang cukup berarti. Karena untuk jenis seperti ini kebanyakan orang lebih memilih ke talk less do more, jadi tidak perlu kebanyakan bicara tapi buktikan dengan tindakan. Ketika pasangan memperlakukan diri Sobat Pintar sebagai orang paling penting, dimulai dari hal kecil maupun besar pasti akan selalu diingatnya.

5. Physical Touch

Untuk yang terakhir merupakan jenis bahasa cinta physical touch. Untuk jenis yang satu ini bukan mengarah ke hal yang negatif, akan tetapi lebih ke bentuk afeksi dari pasangan. Contohnya saja seperti selalu menggenggam tangan ataupun memeluk secara tulus. Yang mana hal tersebut akan membuat Sobat Pintar dapat merasakan cinta pasangan.

Cara Ketahui Bahasa Cinta Pasangan

Sampai sini pastinya Sobat Pintar sudah paham betul apa sebetulnya bahasa cinta tersebut. Namun, pastinya Sobat Pintar penasaran bukan tentang bagaimana  bahasa cinta yang ada di pasangan. Sebetulnya terdapat beberapa tips yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk membuat komunikasi sehingga dapat mengetahui apa perbedaan bahasa cinta di antara Sobat Pintar dan juga pasangan.

1. Kenali Pasangan Lebih Dalam

Sobat Pintar dapat mencoba untuk mencari tahu apa sebetulnya yang membuat pasangan merasa terpenuhi di dalam hubungan tersebut. Pastikan untuk mencari tahu apa yang membuatnya merasa bahagia atau tidak bahagia selama dalam hubungan, mencari tahu apa yang diinginkan oleh pasangan, dan yang terakhir adalah bagaimana perlakuannya dalam hubungan tersebut.

Bukan hanya itu saja, Sobat Pintar juga bisa meminta pasangan untuk mengisi seperti kuis online yang masih berkaitan dengan bahasa cinta. Karena dapat mengetahui love languages dari masing-masing tentu mampu mengenali pasangan lebih dalam.

2. Pelajari Bahasa Cinta Pasangan

Ketika sudah mengetahui bagaimana bahasa cinta dari pasangan, maka hal yang perlu dilakukan ialah dengan mempelajarinya. Misalnya seperti bagaimana pasangan ingin diperlakukan. Mengenai hal yang seperti ini pastinya akan membuat pasangan jauh lebih terpenuhi di dalam hubungan. Hal tersebut sangat berguna agar hubungan tetap baik.

Contohnya saja pasangan Sobat Pintar memiliki bahasa cinta word of affirmation. Nah, dari sini Sobat Pintar dapat mencoba untuk lebih sering menyampaikan ungkapan apresiasi ataupun rasa sayang yang Sobat Pintar miliki kepada dirinya.

3. Diskusikan Perbedaan Bahasa Cinta 

Sedangkan untuk yang terakhir ini adalah dengan mencoba melakukan diskusi mengenai perbedaan bahasa cinta bersama pasangan. Dengan melakukan diskusi ini nantinya Sobat Pintar dapat mengetahui masing-masing apa yang diinginkan oleh pasangan. Meski hal tersebut cukup sulit, tapi yang pasti kepuasan dalam hubungan akan lebih meningkat.

Contohnya saja ketika Sobat Pintar lebih suka sekali quality time, tapi pasangan lebih suka physical touch. Nah, maka Sobat Pintar bisa belajar bagaimana menyentuh pasangan dengan sopan tentunya. Pasangan Sobat Pintar pun sebaiknya juga ikut belajar lebih menghargai waktu yang dihabiskan bersama Sobat Pintar.

Penting sekali untuk Sobat Pintar ketahui jika bahasa cinta hanyalah salah satu cara dalam penyampaian rasa cinta kepada pasangan ataupun keluarga. Tapi mungkin saja Sobat Pintar mempunyai cara lain jauh lebih cocok di dalam hubungan yang tengah dijalani. Karena hal yang paling penting ialah diantara pasangan merasa bahagia dengan hubungan tersebut.

Dengan mengetahui apa itu love languages, pastinya Sobat Pintar sudah berpikir untuk melakukan sesuatu agar hubungan semakin hangat dan tidak mudah terkena masalah di kemudian hari.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk