Cara Menggunakan WhatsApp Web Login di Komputer

21 Oct 2021 by Rindang Maulidia

Whatsapp Web adalah salah satu cara yang efisien untuk menggunakan Whatsapp sebagai salah satu aplikasi pengiriman pesan singkat. Whatsapp Web merupakan cara penggunaan aplikasi Whatsapp melalui browser yang biasanya digunakan di komputer. Dengan adanya akses Whatsapp melalui browser di komputer, banyak pengguna merasa terbantu karena bisa lebih leluasa mengetik pesan, dibandingkan jika menggunakan smartphone. Namun, penggunaan Whatsapp melalui browser tetap harus disertai dengan penggunaan aplikasi Whatsapp di smartphone agar pesan dan notifikasi bisa diperbarui secara real time.  

Baca juga: Cara Mudah Membuat Stiker Whatsapp

Jadi, bagaimanakah cara menggunakan Whatsapp melalui web dan apakah cara tersebut sangat direkomendasikan? Mari kita lihat selengkapnya dalam artikel berikut ini.

bagaimanakah cara menggunakan Whatsapp web dan apakah sangat direkomendasikan? Mari kita lihat selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Menggunakan Whatsapp melalui browser tidaklah sulit, berikut ini adalah langkah-langkahnya. 

  1. Buka aplikasi Whatsapp yang tersedia di smartphone dan pastikan Sobat Pintar memiliki koneksi internet yang stabil untuk mendapatkan notifikasi pesan baru.
  2. Setelahnya, lakukan whatsapp web login di komputer dengan cara memasukkan alamat web.whatsapp.com dalam browser di komputer. Jika alamat berhasil diakses, web browser akan menampilkan kode QR untuk di-scan.
  3. Untuk melakukan scan pada kode QR tersebut, Sobat Pintar harus memanfaatkan menu “Whatsapp Web” yang dapat diakses di pojok kanan atas dari aplikasi Whatsapp di smartphone.
  4. Lakukan scan pada kode QR yang ditampilkan sebelum batas waktunya habis. Jika scan berhasil, maka Sobat Pintar langsung bisa mengakses aplikasi ini melalui web browser.

Jika Sobat Pintar sudah selesai menggunakan Whatsapp melalui browser, ada baiknya untuk menutup aksesnya melalui logout agar terhindar dari risiko pembajakan dan hal-hal lain yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah cara untuk logout Whatsapp daribrowser yang bisa Sobat Pintar lakukan:

  1. Buka aplikasi Whatsapp pada smartphone dan akses berbagai menu yang tersedia di tombol yang berada di pojok kanan atas.
  2. Pilih menu “Whatsapp Web” dan pilih opsi “keluar dari semua perangkat”.

Kekurangan Whatsapp Melalui Browser

Bagi Sobat Pintar yang sehari-hari menggunakan Whatsapp dari browser, berikut ini adalah berbagai kekurangan yang dirasakan.

  1. Aplikasi Whatsapp harus aktif di dua perangkat, yaitu smartphone dan komputer. Padahal, banyak pengguna yang memilih menggunakan aplikasi tersebut melalui web browser agar bisa memberikan fokus seutuhnya saat melakukan pekerjaan menggunakan komputer.
  2. Masih berkaitan dengan poin kekurangannya yang pertama, sebagian besar pengguna mengeluhkan performa baterai perangkat smartphonenya cukup boros karena harus menjaga aplikasi Whatsapp tetap aktif di smartphone sambil tersambung ke koneksi internet.
  3. Apabila koneksi jaringan internet yang digunakan Whatsapp di perangkat smartphone tidak stabil, kinerja Whatsapp yang terbuka melalui browser akan terhenti sementara sampai koneksi di smartphone kembali stabil.

Baca juga: Cara Ganti Tema WhatsApp, Ternyata Gampang

Kelebihan Whatsapp Web

Di sisi lain, penggunaan Whatsapp dengan menggunakan browser juga dinilai memiliki berbagai kelebihan, antara lain:

  1. Bisa membalas pesan singkat dengan lebih efisien karena ukuran papan ketik di komputer, lebih besar dibandingkan papan ketik yang terdapat dalam smartphone.
  2. Pengguna tidak perlu download dan install aplikasi Whatsapp di komputer, sehingga tempat penyimpanan di komputer bisa digunakan untuk aplikasi dan file lainnya.
  3. Pengguna bisa melakukan logout Whatsapp melalui Web dengan mudah, bahkan jika komputer berada dalam keadaan tidak aktif.
  4. Mayoritas pengguna Whatsapp di browser menyukai fitur pengiriman file yang tersedia karena mereka menganggap bahwa pencarian file melalui direktori komputer lebih mudah dibandingkan melalui smartphone.

Apakah Penggunaan Whatsapp Web Direkomendasikan?

Setelah mengetahui berbagai kelebihan dan kekurangan Whatsapp yang diakses melalui browser, apakah sebaiknya Sobat Pintar menggunakannya?

Menurut kami, penggunaan Whatsapp dari browser sangat direkomendasikan apabila Sobat Pintar perlu mengakses Whatsapp untuk keperluan pekerjaan karena adanya keleluasaan pembuatan pesan dengan menggunakan keyboard serta layar komputer yang lebih luas dibandingkan dengan menggunakan smartphone. 

Baca juga: Manfaat Whatsapp Business Untuk Menunjang Usahamu

Namun, dengan memutuskan untuk menggunakan Whatsapp melalui browser, maka konsekuensinya adalah Whatsapp yang tersedia di smartphone juga harus berada dalam keadaan aktif agar bisa menerima pesan yang masuk secara berkala.

Itulah cara menggunakan Whatsapp melalui web login di komputer. Semoga Sobat Pintar yang masih kesusahan mengakses Whatsapp melalui browser bisa terbantu melalui artikel ini, ya!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

21 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload