Bingung Komunikasi Dengan Klien? Whatsapp Bisnis Solusinya!

28 May 2021 by kreditpintar
Bingung Komunikasi Dengan Klien? Whatsapp Bisnis Solusinya!

Cara menggunakan WhatsApp, sudah diketahui banyak orang. Bagaimana dengan cara menggunakan Whatsapp Business? Hal pertama yang pertama, perlu diperhatikan bahwa WhatsApp Bisnis, atau Whatsapp Business dirancang khusus dengan mempertimbangkan perusahaan. Ini dirancang dari bawah ke atas untuk menawarkan layanan unik bagi pelanggan dan memberi perusahaan modern cara untuk membedakan diri mereka di pasar.

Meskipun setiap perusahaan dari berbagai ukuran berpotensi mencapai hal-hal luar biasa dengan aplikasi ini, yang terbaik adalah untuk organisasi yang lebih kecil (setidaknya untuk saat ini) yang memiliki banyak masalah layanan pelanggan untuk dipikirkan.

Ingat, 55% pelanggan secara aktif bersedia membayar lebih untuk jaminan pengalaman yang baik. Apa yang lebih menarik bagi satu generasi konsumen yang melekat pada ponsel mereka, kemudian solusi layanan yang tersedia melalui aplikasi favorit mereka?

Dengan Whatsapp Business, perusahaan akhirnya dapat meningkatkan standar komunikasi pelanggan, dengan menawarkan pelanggan titik akses melalui aplikasi favoritnya. Karena generasi yang lebih muda sekarang mengharapkan aplikasi untuk memberikan pengalaman instan, mudah dipersonalisasi. Sehingga mudah dipahami mengapa WhatsApp Business cepat mendapatkan begitu banyak popularitas.

Faktanya, dapat kita ketahui bahwa dalam beberapa bulan, aplikasi ini sudah mulai mendapatkan ulasan positif dari para penggunanya. Profil bisnis memberi perusahaan kesempatan untuk mengembangkan kehadiran formal mereka di saluran informal, menghubungkan dunia bisnis, ke lingkungan konsumen.

Keunggulan Whatsapp Business

1 – Profil Bisnis

Profil bisnis di WhatsApp Business dirancang untuk memberi pelanggan semua informasi tambahan yang mereka butuhkan tentang perusahaan Sobat Pintar. Itu mungkin termasuk alamat atau lokasi perusahaan Sobat Pintar sehingga orang bisa sampai ke toko atau kantor Sobat Pintar di peta Google.

Sobat Pintar juga dapat memasukkan katalog bisnis Sobat Pintar, alamat email Sobat Pintar, dan deskripsi singkat tentang apa yang bisnis Sobat Pintar lakukan. WhatsApp Business juga menyediakan ruang untuk jam buka. Ini kekurangan Whatsapp biasa yang tidak bisa dijadikan alat komunikasi untuk bisnis.

2 – Alat Perpesanan Unik

Whatsapp Business juga hadir dengan pilihan alat perpesanan hebat yang memungkinkan Sobat Pintar terhubung dengan pelanggan Sobat Pintar dengan cara yang lebih otentik dan menarik. Misalnya, Sobat Pintar dapat memberikan fasilitas meja resepsionis bisnis virtual Sobat Pintar sendiri dengan pesan ucapan yang secara otomatis menanggapi pelanggan baru yang datang ke arah Sobat Pintar. Alat olah pesan meliputi:

Salam: 

Pesan ini akan muncul secara otomatis ketika pelanggan baru menghubungi. fasilitas ini juga dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa Sobat Pintar menghargai mereka, dan memberi mereka informasi yang berguna, seperti nomor telepon yang dapat mereka hubungi jika mereka membutuhkan tanggapan dengan cepat.

Pesan di luar jam kerja: 

Balasan otomatis yang dirancang untuk memberitahu pelanggan bahwa sedang berada di luar jam kerja.

Balas cepat: 

Tanggapan cepat instan seperti “Saya akan memeriksanya untuk Sobat Pintar”, sehingga Sobat Pintar dapat mengirim pesan umum dengan satu ketukan.

3 – Statistik dan Organisasi – Salah Satu Kelebihan Whatsapp Business

Terakhir, WhatsApp tahu bahwa pengguna bisnis mereka membutuhkan aplikasi mereka agar berwawasan dan intuitif mungkin. Karena berbicara dengan pelanggan Sobat Pintar berarti mengumpulkan banyak data yang berguna, mereka telah menyertakan fasilitas “statistik” mereka sendiri. Ini adalah tab di profil Sobat Pintar yang dapat Sobat Pintar buka untuk mendapatkan metrik sederhana tentang berapa banyak pesan yang Sobat Pintar kirim setiap minggu, berapa banyak yang sudah dibaca, dan banyak lagi. Statistik ini memungkinkan Sobat Pintar untuk sedikit mengubah tanggapan Sobat Pintar untuk memastikan Sobat Pintar mendapatkan hasil terbaik untuk keterlibatan pelanggan.

Ada juga fasilitas organisasi seperti “Label chat”. Ini memungkinkan Sobat Pintar memberi label pada obrolan Sobat Pintar sehingga Sobat Pintar dapat kembali lagi ke chat tersebut dengan mudah. Sebuah label mungkin bertuliskan “pembayaran tertunda” atau “pesanan selesai”, atau bahkan “pelanggan baru”, dan semuanya memiliki warna masing-masing.

Fitur yang tersedia

Selain peningkatan ini, sebagian besar fitur WhatsApp Business terasa sangat mirip dengan aplikasi standar. Sobat Pintar dapat menyembunyikan pesan yang terakhir dilihat, foto profil dan status Sobat Pintar dari orang-orang dan semua percakapan Sobat Pintar dienkripsi dari ujung ke ujung sehingga Sobat Pintar dapat merasa lebih aman tentang kepatuhan privasi, yang mana hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri. Bahkan ada verifikasi dua langkah untuk memberi Sobat Pintar keamanan tambahan, dan Google Drive sehingga Sobat Pintar dapat menyimpan riwayat obrolan Sobat Pintar untuk analitik.

1 – Ideal untuk Digunakan dalam Bisnis

Anggap saja seperti ini, setiap kali Sobat Pintar mencoba menerapkan strategi baru untuk komunikasi internal dalam bisnis Sobat Pintar, Sobat Pintar akan mendapat penolakan dari karyawan Sobat Pintar. Mendapatkan pendapatan adopsi itu sulit, dan para ahli yang sibuk biasanya tidak punya waktu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Hal terbaik tentang WhatsApp Bisnis adalah semua orang sudah menggunakannya. Tidak ada pelatihan yang diperlukan karena staf Sobat Pintar sudah terbiasa dengan aplikasi.

Sobat Pintar bahkan mungkin tidak perlu meminta karyawan Sobat Pintar untuk memeriksa sistem, karena mereka sudah masuk ke dalamnya. Ini adalah salah satu perbedaan dengan Whatsapp biasa dimana tidak ada fitur untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan.

2 – Menawarkan Dukungan Pelanggan yang Fantastis

WhatsApp juga bisa menjadi alat yang sangat baik untuk dukungan pelanggan karena memiliki jangkauan yang fenomenal. Pelanggan Sobat Pintar secara alami akan lebih suka menghubungi Sobat Pintar melalui pesan WhatsApp dibandingkan hanya duduk-duduk dan menunggu jawaban di meja bantuan.

Karena konsumen di seluruh dunia terus mengharapkan pendekatan omnichannel yang lebih banyak untuk layanan pelanggan, WhatsApp bisnis dapat menjadi cara alami untuk membawa bisnis Sobat Pintar ke level berikutnya., pertimbangkan fakta bahwa 98% orang Amerika beralih di antara beberapa perangkat pada hari yang sama. Hal ini akan menjadikan WhatsApp Business memiliki kelebihannya sendiri yang merupakan perbedaan dengan Whatsapp biasa. 

3 – Sangat Bagus untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

Karena tidak ada yang suka menerima panggilan telepon acak dari nomor yang tidak mereka kenal, WhatsApp juga bisa menjadi cara yang tidak terlalu invasif untuk menjangkau pelanggan. Meskipun klien WhatsApp Sobat Pintar masih memiliki hak untuk memblokir Sobat Pintar jika mereka menginginkannya, fakta bahwa Sobat Pintar dapat terhubung dengan mereka melalui IM sudah membantu meningkatkan citra merek Sobat Pintar dengan memberi Sobat Pintar metode komunikasi yang lebih informal.

Misalnya, jika seseorang menghubungi Sobat Pintar untuk meminta penawaran minggu lalu dan Sobat Pintar belum mendapat kabar darinya, Sobat Pintar selalu dapat mengirim pesan tindak lanjut cepat.

Nah, itulah beberapa keunggulan, kekurangan, dan cara pemakaian WhatsApp Bisnis. Selain cara menggunakan yang mudah, Whatsapp Business juga memiliki berbagai spesifikasi yang sangat membantu para pengusaha dalam menjalani bisnisnya. Hal ini menjadikan Whatsapp Business memiliki perbedaan dengan Whatsapp biasa.

Lalu, apalagi aplikasi selain Whatsapp Business yang akan membantu usaha Sobat Pintar? Aplikasi lain yang sangat membantu adalah aplikasi pinjaman. Ya, keuangan usaha Sobat Pintar harus selalu dijaga. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendapatkan pinjaman modal adalah Kredit Pintar.

Kredit Pintar akan memberikan Sobat Pintar pinjaman modal dengan bunga yang rendah untuk kembali mengembalikan stabilitas bisnis Sobat Pintar. Itulah beberapa hal yang bisa menunjang bisnis Sobat Pintar. Semoga membantu dan tetap semangat dalam berbisnis untuk masa depan yang lebih baik.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload