Daftar 15 Universitas Terbaik di Dunia, Mana Yang Jadi Idamanmu?

19 Aug 2021 by Rindang

Siapa sih yang tidak ingin merasakan jenjang pendidikan di universitas terbaik di dunia?

Pendidikan berkualitas adalah sebuah privilese yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti; membagikan ilmu yang dimiliki ke orang lain, menerapkan ilmu yang didapat untuk menjalankan mata pencaharian.

Pendidikan berkualitas umumnya ditawarkan oleh berbagai universitas top dunia. Apakah pendidikan yang baik semata-mata hanya dimiliki oleh kampus terbaik di dunia?

Tidak juga, namun kompetensi yang diajarkan melalui mata kuliah yang tersedia di universitas top dunia, mampu melahirkan civitas akademika yang dinilai lebih unggul dibandingkan  dengan universitas lain.

Sayangnya, berbagai universitas unggul tersebut tidak berada di dalam negeri, melainkan berada di luar Indonesia.

Maka dari itu, apabila Sobat Pintar berminat untuk melanjutkan pendidikan dengan mendaftar di kampus terbaik di dunia, akan lebih baik jika Sobat Pintar mempersiapkannya dengan cara menabung sedini mungkin, karena tentunya akan ada biaya hidup yang harus ditanggung selain biaya studi selama menempuh pendidikan.

Apabila dirasa bahwa menabung adalah pilihan yang cukup sulit dijalani, Sobat Pintar bisa mempertimbangkan untuk mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa yang dikelola pemerintah maupun swasta.

Mulai tertarik untuk menjalani pendidikan berkualitas di universitas top dunia? Berikut ini adalah urutan 15 universitas terbaik di dunia yang bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan studi di tingkat perguruan tinggi.

Universitas terbaik di dunia. Dapatkan pendidikan berkualitas dari kampus top di dunia. Apa saja universitas terbaik yang ada di dunia?

1. Harvard University/Universitas Harvard di Amerika

Harvard merupakan salah satu universitas top dunia yang berada di Amerika. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1636 dan terkenal sebagai universitas dengan kualitas pendidikan yang mumpuni.

Dengan area kampus seluas 2000 hektar, kampus ini memiliki sejumlah fakultas, antara lain; 

  1. Kennedy School of Government
  2. Harvard Graduate School of Education
  3. Harvard School of Public Health
  4. Harvard Graduate School of Design
  5. Harvard Business School
  6. Harvard Law School
  7. Harvard Divinity school

2. Oxford University/Universitas Oxford di Inggris

Oxford merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang selalu diperebutkan oleh civitas akademika dari seluruh dunia. Universitas Oxford memiliki total 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademis.

Oxford University memiliki berbagai jurusan yang bisa dipilih, antara lain; bangunan dan perencanaan, arsitektur, bisnis dan manajemen, ilmu komputer, humaniora, hukum, dan masih banyak lagi jurusan lainnya dengan profil lulusan yang sangat bergengsi.

3. University of Cambridge/Universitas Cambridge di Inggris

Universitas Cambridge merupakan universitas yang kerap bersaing dengan Universitas Oxford dalam segi kualitas pendidikan yang ditawarkan. Hal ini terjadi karena keduanya merupakan universitas terbaik di dunia yang memiliki aktivitas riset yang terbaik di Inggris. Karenanya, wajar saja apabila seleksi untuk menjadi mahasiswa di Universitas Cambridge terbilang cukup sulit.

4. Imperial College di London, Inggris, Terbaik di Dunia

Imperial college adalah salah satu universitas riset yang cukup unggul dan kerap berkontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, dan bisnis. Karenanya, universitas ini juga memiliki sebutan lain yaitu The Imperial College of Science, Technology, and Medic. 

5. Universitas California/UC Berkeley, di Amerika, Jadi Unggulan di Dunia

Kampus ini juga terkenal dengan nama lain, yaitu UC Berkeley. Banyak pelajar dari seluruh dunia menaruh mimpinya untuk melanjutkan pendidikannya di sini karena kampus ini merupakan pemimpin universitas riset yang ada di Amerika.

Selain menjadi universitas top dunia, UC Berkeley merupakan kampus yang mencetak orang-orang bersejarah, salah satunya adalah mendiang Steve Jobs. Kampus ini memiliki area seluas 2.703 hektar untuk mendukung segala kegiatan belajar dan mengajar bagi mahasiswa dan tenaga pengajar.

6. University of Chicago

Universitas ini didirikan oleh John D. Rockefeller di tahun 1890. Dirinya adalah seorang pengusaha yang memberikan kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan di Amerika. 

Universitas ini tercatat universitas terbaik karena telah melahirkan banyak ilmuwan dari berbagai bidang.  Tidak hanya berasal dari Amerika, namun mahasiswa yang merasakan pendidikan di kampus ini juga berasal dari berbagai negara.

7. National University of Singapore/NUS

Kampus ini merupakan kampus tertua di Singapura dan juga menjadi universitas unggulan di kawasan Asia Tenggara.

Kampus ini memiliki 11 fakultas, diantaranya;

  1. College of humanities and science 
  2. Business & accountancy
  3. Computing
  4. Dentistry
  5. Design & environment
  6. Engineering
  7. Law
  8. Medicine
  9. Nursing
  10. Pharmacy
  11. music

Waspada modus penipuan: Social Engineering, Salah Satu Bentuk Penipuan Yang Wajib Diwaspadai

8. Nanyang Technological University/Universitas Teknologi Nanyang di Singapura

Sesuai dengan namanya, Nanyang Technological University berhasil menjadi salah satu kampus terbaik di dunia 2021 karena kontribusinya di bidang riset dan teknologi.

Meskipun menyandang nama sebagai kampus teknologi, nyatanya Nanyang Technological University juga membuka berbagai fakultas dari disiplin ilmu di luar teknologi, seperti akuntansi, aerospace engineering, Art-Design-Media, Art Education, Philosophy, dan masih banyak lagi.

9. Universitas Columbia/Columbia University di Amerika, Terbaik di Dunia

Bagi pelajar Amerika, kampus ini menyandang sebutan sebagai kampus ivy league karena tergolong sebagai kampus dengan seleksi masuk yang ketat dengan kualitas pendidikan yang menakjubkan.

Kampus ini cukup memimpin secara akademis dalam berbagai bidang keilmuan, seperti; humanitas, hukum, pendidikan, kedokteran, bisnis, dan teknik sipil.

10. Universitas Hongkong, Jadi Unggulan di Dunia

Kampus yang didirikan pada tahun 1911 ini berada pada posisi ke 25 dalam urutan universitas terbaik di dunia.

Meskipun berlokasi di Hongkong, namun kampus ini telah membuat kebijakan untuk mengisi dan menyampaikan kurikulum pendidikan dengan Bahasa Inggris. Tercatat bahwa seluruh mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Hongkong University berasal dari 96 negara di dunia.

11. National University Australia/Universitas Nasional Australia, Diakui Sebagai Kampus Unggulan di Dunia

Sebagai salah satu kampus yang merupakan pusat riset dan studi dunia, National University Australia mendapatkan peringkat ke 24 sebagai universitas paling unggul di dunia.

Universitas ini telah didirikan sejak tahun 1946 dan memiliki motto berupa “Naturam Primum Cognoscere Rerum”, atau menjadi yang pertama dalam mempelajari sesuatu.

12. Universitas Tokyo di Jepang

Tokyo University juga biasa dikenal dengan Todai (Tokyo Daigaku/Universitas Tokyo) oleh masyarakat Jepang.

Tokyo University adalah kampus terbaik di Tokyo dan selalu diidamkan oleh pelajar di seluruh Jepang. Fakultas hukum dan sastra adalah fakultas yang terkenal unggul di kampus ini.

13. University of Michigan di Amerika

University of Michigan merupakan kampus yang cukup aktif berkontribusi dalam riset publik baik dalam riset doktoral maupun praktisi dalam berbagai bidang keilmuan, seperti sosial sains, humanitas, kedokteran, hukum, farmasi, keperawatan, dan lain-lain.

Kampus ini merupakan salah satu kampus tertua di dunia karena telah didirikan sejak tahun 1817.

14. Universitas Ediburgh/Edinburgh University, Skotlandia

Didirikan sejak tahun 1853, kampus ini merupakan kampus unggulan tertua yang menerima 40 ribuan pendaftar setiap tahunnya dan berasal dari seluruh belahan dunia. Seleksi yang dilakukan oleh Edinburgh University terbilang cukup kompetitif karena bisa dikatakan, 1 bangku perkuliahan umumnya diperebutkan oleh 12 pendaftar.

15. University of Pennsylvania, di Amerika, Terbaik di Dunia

Kampus unggulan yang satu ini telah berdiri di Amerika sejak tahun 1740. Sama seperti Columbia University, kampus ini juga termasuk dalam kampus yang menyandang gelar sebagai Ivy League.  University of Pennsylvania sangat aktif berkontribusi terhadap bidang keilmuan komputer elektronik, medis, dan berbagai disiplin ilmu lainnya.

Itulah 15 universitas terbaik di dunia. Mana nih, yang jadi universitas impianmu?

Waspada penipuan: Ciri 4 Modus Penipuan Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload