Uang Miliaran dari Kerja Online, Kenali Dulu Apa itu Podcast?

Uang Miliaran dari Kerja Online, Kenali Dulu Apa itu Podcast?

15 Apr 2021 by dan.shen
apa itu podcast

Siaran radio kian lama kian jarang ada peminat. Banyak orang yang lebih beralih pada siaran TV atau Youtube yang lebih berwarna. Namun, pernahkah Anda mengenal Podcast?

Dalam beberapa tahun terakhir, content creator menjadi salah satu profesi yang sangat diminati. Podcast adalah salah satu konten berbasis siaran radio yang kini disukai banyak penonton karena proses diskusi yang menarik namun terkesan santai.

Apa itu podcast? Podcast sendiri adalah salah satu media dengan konten yang terkesan lebih intens dan fleksibel dibandingkan siaran radio umumnya. Rekaman audio podcast dapat didengarkan oleh masyarakat melalui media internet kapanpun dan dimanapun tanpa memilih frekuensi tertentu. Podcast sangat digemari karena tidak ada keterbatasan akses dan waktu.

Apa saja sih jenis, manfaat, dan cara membuat podcast sebagai seorang content creator?

Jenis Podcast

Podcast terdiri atas beberapa jenis, yakni :

1.    Solo Podcast

Sesuai namanya, podcast jenis ini dilakukan secara monolog atau sendiri. Solo podcast bertujuan untuk menyampaikan opini, informasi, atau sesi tanya jawab yang dilakukan antara host dan pendengar.

2.    Interview Podcast

Podcast yang satu ini merupakan podcast dalam sesi wawancara antara narasumber dan host. Interview podcast cukup banyak diminati oleh para content creator, salah satunya ialah podcast dalam channel Youtube Deddy Corbuzier yang sering menduduki posisi trending.

3.    Multi Host Podcast

Selanjutnya adalah podcast yang dilakukan oleh lebih dari satu orang host. Multi host podcast memberikan diskusi dari pendapat dan perspektif yang berbeda sehingga diskusi lebih menarik. Perbedaan perspektif setiap individu dalam podcast membuat pendengar jauh lebih tertarik. Perdebatan pendapat bisa menjadi nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang dibawa, maka pengunjung podcast juga bertambah.

Persiapan Podcast Bagi Content Creator

Dalam membuat podcast tentunya memerlukan beberapa kebutuhan dan persiapan yang harus Anda penuhi, apa saja?

1.    Tentukan Tema Podcast

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki tema yang tepat untuk dikembangkan. Pilihlah tema yang sesuai dengan pendengar. Beberapa media podcast memiliki kategori seperti olahraga, komedi, politik, film, music, dan kategori lainnya. Dengan tema dan topik yang matang, podcast akan menjadi lebih baik dan meningkatkan rasa tertarik pada pendengar.

2.    Siapkan Bahan dan Alat

Tidak hanya soal tema, podcast membutuhkan alat dan bahan dalam proses pembuatan. Hindari penggunaan microphone built-in di laptop atau computer. Pilihlah microphone terpisah agar hasil lebih maksimal dan lebih professional.

Jenis microphone yang dapat meredam suara akan jauh lebih baik sehingga hasil audio lebih berkualitas. Bila Anda kesulitan dalam memenuhi kebutuhan podcast, Kredit pintar bisa membantu Anda dengan pinjaman uang langsung cair. Membeli microphone demi audio berkualitas bisa Anda lakukan dengan cicilan hingga 12 bulan.

3.    Konten Sesuai Tema

Buatlah script untuk rekaman podcast yang dimulai dengan perkenalan diri. Buatlah script dengan durasi yang telah ditentukan berkisar 20 hingga 60 menit. Pastikan script tidak keluar dari tema yang akan dibahas. Gunakan Bahasa yang jelas, padat, dan interaktif terhadap pendengar.

4.    Manfaatkan Software Editing

Setelah melakukan proses rekam, selanjutnya gunakan aplikasi podcast pengedit audio seperti Adobe Audition dan Audacity yang tidak berbayar. Namun, bila Anda membutuhkan aplikasi podcast yang lebih kompleks, maka Adobe Audition bisa Anda gunakan. Aplikasi podcast berbayar bisa Anda cicil dengan pinjaman langsung cair oleh Kredit pintar.

5.    Upload

Setelah melewati proses editing di aplikasi podcast, bisa langsung diupload dengan beberapa keterangan seperti deskripsi, kategori, judul, dan seri. Tayangan podcast juga bisa diunggah dengan bantuan third-party seperti Anchor.

Manfaat Podcast

Selain menjadi profesi menjanjikan, podcast juga memberikan beberapa manfaat lainnya, yakni:

  1. Banyak variasi dan pilihan kategori, sehingga bisa disesuaikan dengan konten channel milik Anda sendiri.
  2. Tidak berisi banyak iklan meskipun tidak berlangganan aplikasi podcast. Mendengarkan podcast jauh lebih nyaman dan focus
  3. Lebih fleksibel dalam mendengarkan siaran tanpa Batasan waktu dan tempat.

Podcast sangat bermanfaat untuk sharing dan berdiskusi. Banyak ilmu yang bisa didapatkan dalam mendengarkan podcast. Kekurangan kebutuhan alat dan bahan bisa Anda cukupi dengan pinjaman langsung cair Kredit pintar. Pinjamannya tanpa agunan, cicilan mudah dan cepat.

kredit pintar