Ini Cara Membuat Podcast di Spotify

06 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 14 Jul 2022

Saat ini banyak podcast di Spotify bermunculan dengan beragam ide. Tidak jarang podcast memiliki banyak pendengar sehingga mendatangkan uang bagi pembuatnya. Berikut adalah informasi tentang cara membuat podcast di spotify.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Baca Juga: Uang Miliaran dari Kerja Online, Kenali Dulu Apa itu Podcast?

Cara Membuat Podcast di Spotify

Berikut beberapa langkah dan cara membuat spotify:

Persiapkan Peralatan untuk Membuat Podcast

Untuk langkah awal cara membuat podcast, Anda harus menyiapkan sejumlah peralatan yang mendukung proses pembuatan podcast. Eits, Anda tidak perlu menyiapkan sejumlah alat yang kompleks serta profesional. 

Bagi Anda yang seorang pemula, Anda cuma perlu menyiapkan sejumlah peralatan sederhana. Sejumlah alternatif alat yang bisa membantu mendukung Anda dalam membuat sebuah podcast di antaranya microphone serta komputer.

Microphone

Microphone merupakan kunci utama dari seluruh rangkaian pembuatan podcast. Sebagai pemula, Anda bisa memilih menggunakan microphone di ponsel maupun microphone analog. 

Jika Anda bermaksud menghasilkan suara yang lebih jernih, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan microphone analog. Akan tetapi Anda membutuhkan audio interface sebagai alat tambahan yang berfungsi mengkonversi audio yang berbasis analog menjadi basis digital.

Laptop atau Ponsel 

Laptop dibutuhkan untuk menyelesaikan proses produksi serta pengunggahan. Proses editing serta pemberian efek pada audio bisa dilakukan menggunakan software editor suara, misalnya Adobe Audition dan Reaper. 

Selain laptop, Anda juga dapat menggunakan ponsel. Banyak aplikasi yang bisa mendukung proses editing sampai uploading podcast dengan handphone. Sehingga proses tersebut akan menjadi praktis serta dapat dilakukan dimanapun. 

Memiliki peralatan canggih untuk memproduksi podcast memang penting, tapi Anda harus tetap fokus pada konten podcast. Jangan sampai Anda menghabiskan banyak uang hanya untuk menyiapkan studio rekaman, sementara podcast pertama belum diunggah. Sebenarnya aplikasi membuat podcast yang dapat Anda gunakan untuk meminimalkan budget. 

Pilih Topik Menarik dan Tulis Naskah

Agar podcast yang Anda buat menarik, Anda mesti menentukan topik. Mulai dengan memilih topik-topik umum. Anda bisa memilih topik yang dekat banget dengan keseharian banyak orang. Anda bisa mulai dari hobi, keterampilan atau aktivitas-aktivitas yang dekat dengan dunia Anda.  

Diharapkan nantinya ketika Anda ingin menggarap episode pertama dan episode-episode selanjutnya, Anda sudah tahu cara menurunkan topik yang luas jadi topik-topik yang lebih spesifik. Contohnya, topik besar yang dapat kamu ambil adalah musik. Anda dapat membahas topik-topik lebih spesifik misalnya genre musik pada setiap episode. 

Ini juga akan membuat Anda lebih mudah saat menulis naskah.Naskah yang dibuat baiknya hanya berupa poin-poin yang memandu Anda. Tujuannya agar podcast yang Anda buat bisa lebih fokus dan terkonsep dengan baik. Tapi, jangan terlalu fokus membaca narasi, ya. Lakukanlah improvisasi agar pembicaraan terdengar lebih natural.

Ini Cara Membuat Podcast di Spotify

Rekam Podcast Anda

Topik sudah ditentukan dan naskah-naskah episode sudah dibuat. Kini saatnya Anda mulai melakukan rekaman. Dalam proses rekaman podcast ini, Anda akan membutuhkan sejumlah alat. Alat rekam berfungsi memastikan suara podcast berkualitas serta enak untuk didengar. 

Paling tidak, Anda punya laptop, mikrofon, serta headphone dulu di awal. Jika Anda punya budget lebih, lo bisa menambah alat lainnya seperti pop filter, XLR portable, atau Digital Audio Workstation.

Baca Juga: Boros Gara-gara Langganan Aplikasi Streaming? Ini Tips Hematnya

Edit Berkas Audio

Anda mesti mengedit file video pertama. Kemudian file audio rekaman itu haru edit lagi. Tambahkan bumper in serta bumper out. Anda dapat menggunakan musik dengan common creative license yang saat ini sudah banyak tersedia di internet. Pilihlah jenis musik yang Anda rasa paling sesuai dengan tema besar podcast Anda sendiri.

Selain menambah bumper, Anda juga perlu sunting noise rekaman suara supaya suara semakin jernih. Jangan ragu untuk memotong sejumlah bagian yang Anda rasa nggak penting. Dengarkan sekali lagi hingga Anda yakin jika episode tersebut sudah benar-benar siap untuk dipublikasikan.

Ini Cara Membuat Podcast di Spotify

Buat Nama serta Foto Cover Podcast Anda

Cara membuat podcast di Spotify yang juga penting adalah membuat nama serta foto cover podcast. Gunakan nama yang unik, spesifik, serta relevan dengan topik besar podcast Anda. Pastikan nama yang digunakan tidak dari 20 karakter. Nama pendek serta ringkas dapat mempermudah pendengar mengingat podcast Anda.

Selanjutnya siapkan foto cover. Cover bisa berupa logo, tipografi atau digital art. Foto cover juga dapat memudahkan pendengar membedakan podcast Anda dengan yang lainnya. Jangan sampai menggunakan nama yang mirip dengan podcast milik orang lain. Anda harus menggunakan gambar dengan lisensi bebas.

Pilih Host Website untuk Podcast Anda

Anda membutuhkan host situs untuk membuat podcast. Host website ini akan mempublikasikan podcast Anda untuk bisa didengarkan di Spotify. Terdapat banyak host website yang bisa digunakan untuk podcast saat ini. Anda dapat memilih sendiri yang host website yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Sejumlah host website yang dipakai podcasters misalnya Podbean, Podcast RSS, Anchor, dan lainnya. Host website ini dapat menciptakan identitas podcast, mengunggah episode, kemudian menyalurkan ke streaming channel, yakni Spotify.

Unggah ke Spotify

Berikut adalah langkah-langkah mengunggah podcast ke spotify melalui host website RSS feed:

  1. Masuk ke podcaster Spotify menggunakan akun Anda.
  2. Pada halaman Submit Your Podcast, Pilih opsi Get Started.
  3. Pastikan Anda membaca Terms and Condition sebelum mengklik Continue.
  4. Masukkan link RSS feed atau episode yang akan diunggah.
  5. Berikan judul serta cover podcast, klik Next.
  6. Tambahkan keterangan lainnya pada menu Add Info; kategori, nama negara, bahasa, serta seterusnya.
  7. Periksa kembali semua data yang sudah Anda masukkan, kemudian pilih Submit.

Syarat-syarat yang wajib dipenuhi agar sebuah podcast bisa disetujui untuk mengudara.

Terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar podcast bisa diijinkan untuk dipublikasikan. Berikut di antaranya:

  • Kualitas audio yang diunggah harus ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) dengan bitrate sekitar antara 96 s/d 320 kbps.
  • Ukuran berkas per episode maksimal 200 MB. Adapun durasinya mencapai 83 menit apabila kualitasnya 320 kbps serta 200 menit dengan kualitas 128 kbps.
  • Artwork podcast harus berukuran persegi dengan rasio ukuran 1:1. Gambar harus dengan format PNG atau JPEG.
  • Apabila memakai karakter khusus seperti “&” dan lainnya, maka wajib di-encode terlebih dulu. 
  • Maksimal judul podcast maupun hal-hal lain yang akan dibaca oleh pendengar sekitar 20 karakter.
  • RSS podcast harus mempunyai nama, gambar, serta paling tidak mencapai satu episode.
Ini Cara Membuat Podcast di Spotify

Kemudian terdapat cara agar pendengar bisa mendengarkan podcast. Apabila Anda tertarik untuk mengetahui cara mendengarkan podcasts di Spotify, terdapat beberapa langkah yang dapat diterapkan. 

  1. Buka aplikasi Spotify.
  2. Buka Menu “Search” serta cari opsi “Podcasts”.
  3. Pilih kategori topik yang sudah disediakan serta mulai dengarkan.

Itulah informasi seputar cara membuat podcast di spotify. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga: 2 Cara Mengaktifkan Voucher Telkomsel Dengan Cepat

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download