Uang Elektronik Adalah: Definisi, Jenis, Dan Kegunaannya

26 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Jul 2022

Sederhananya uang elektronik adalah sebuah alat transaksi melalui media elektronik. Kamu bisa menyimpan uang di dalam media elektronik dengan menyetorkan uangnya melalui penerbit. Setelah itu, penerbit akan menyimpan uang kamu di media elektronik sesuai dengan nominal yang kamu setorkan. 

Uang Elektronik Adalah: Definisi, Jenis, Dan Kegunaannya

*Hah, gimana sih?* Kalau kamu masih belum terbayang dengan penggunaan uang elektronik tersebut seperti apa. Yuk simak tuntas ulasan di bawah ini mulai dari definisi, jenis sampai kegunaannya. 

Baca juga : Mau Transfer Antar Bank Gratis? Pakai Aplikasi Ini

Definisi, Uang Elektronik Adalah … 

Uang elektronik adalah alat transaksi uang yang disimpan dalam media elektronik. Uang elektronik atau Electronic Money (E- Money) merupakan alat pembayaran yang memiliki unsur-unsur berikut:

  1. Pertama, diterbitkan berdasarkan nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit;
  2. Kedua, nilai uang tersebut disimpan secara elektronik dalam suatu media baik server atau chip,
  3. Ketiga, nilai uang elektronik yang dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan. 

Jadi, uang elektronik tersebut harus memiliki ketiga unsur di atas ya. Tapi, kalau kamu masih khawatir dan ragu untuk menggunakan uang elektronik tersebut. Nah, kamu harus tahu bahwa keberadaan uang elektronik sudah memiliki dasar hukum yang jelas. 

Penyelenggaraan E-Money sudah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tanggal 13 April 2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money). Selain itu, sudah ada Surat Edaran Bank Indonesia No.11/11/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Uang Elektronik (Electronic Money).​ 

Jenis-jenis Uang Elektronik

Perlu kamu ketahui bahwa berdasarkan tercatat atau tidaknya data identitas pemegang pada penerbit, uang Elektronik dibagi menjadi dua. Apa saja sih? Pertama adalah uang elektronik registered dan kedua uang elektronik unregistered. 

Untuk penjelasan dari kedua jenis uang elektronik tersebut adalah sebagai berikut:

Uang Elektronik Adalah: Definisi, Jenis, Dan Kegunaannya

1. Uang Elektronik Registered

Uang elektronik registered adalah Uang Elektronik yang data identitas pemegangnya tercatat/terdaftar pada Penerbit. Jadi, penerbit uang elektronik tersebut menerapkan prinsip mengenal nasabah dalam menerbitkan Uang Elektronik Registered

Misalnya kamu ingin menggunakan uang elektronik jenis registered. Maka, kamu harus mendaftar kepada penerbit dengan mengisi data-data tertentu agar tercatat dalam daftar penerbit. Biasanya uang elektronik jenis ini banyak disediakan oleh perbankan. Penggunaan uang elektronik jenis ini memiliki batas maksimum penyimpanan pada media chip atau server sebesar Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah).

2. Uang Elektronik Unregistered

Uang elektronik unregistered adalah uang elektronik yang data identitas pemegangnya tidak tercatat/terdaftar pada penerbit. Berbanding terbalik dengan jenis registered, uang elektronik unregistered tidak mengharuskan penerbit untuk mengenal nasabahnya. Jadi, keduanya memiliki perbedaan dari pencatatan data identitas.

Penggunaan uang elektronik unregistered biasanya digunakan pada server berupa aplikasi yang terkoneksi dengan internet. Sehingga, transaksi dapat dilakukan secara online. Untuk batas maksimum penyimpanan uang elektronik unregistered pada media chip atau server yaitu sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Baca juga: Apa Itu Uang Rupiah Digital dan Kegunaannya

Apa Kegunaan Uang Elektronik?

Saat ini uang elektronik sudah banyak digunakan baik berupa chip maupun server.  Untuk uang elektronik dalam bentuk chip sering ditemukan pada produk perbankan. Sedangkan, uang elektronik berupa server banyak ditemukan pada beberapa aplikasi seperti link Aja, iSaku dan OVO. 

Kamu mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang sudah menggunakan uang elektronik sebagai alat pembayaran. Alasannya tentu karena uang elektronik memiliki banyak kegunaan seperti: 

Uang Elektronik Adalah: Definisi, Jenis, Dan Kegunaannya

1. Praktis Banget, Gak Perlu Bawa Uang Tunai 

Siapa disini yang gak suka ribet? Nah, uang elektronik ini jadi salah satu solusi buat orang-orang kaya kamu yang gak suka ribet. Dengan menggunakan uang elektronik, segala macam jenis pembayaran akan jauh lebih praktis. Kamu tinggal menggunakan kartu chip atau ponsel untuk melakukan pembayaran.

Jadi, kamu gak perlu deh bawa uang tunai apalagi dalam jumlah banyak. Hal ini juga bisa meminimalisir terjadinya kehilangan uang entah itu jatuh ataupun karena pencurian. 

2. Menghemat Waktu Pembayaran

Uang elektronik ini sangat memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran. Alasannya, karena kamu gak perlu capek-capek menghitung uang tunai recehan atau  lembaran kalau mau bayar. Cukup berikan kartu chip atau menggunakan server yang ada di ponsel kamu, sekali klik langsung beres. 

Kalau pembayaran cepet tentu kamu jauh lebih menghemat waktu. Apalagi kalau lagi buru-buru, kamu pasti ingin semuanya serba cepat. Makanya, saat ini uang elektronik menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. 

3. Tidak Akan Menerima Kembalian Dalam Bentuk Barang

Pernah gak sih kamu belanja di suatu tempat terus dapet kembalian dalam bentuk permen? Pasti kamu mengalaminya lebih dari satu kali. Alasannya karena penjual tidak memiliki uang kecil untuk memberikan kembalian. Alhasil, permen jadi alternatifnya biar transaksi cepet beres. 

Nah, biar kamu gak dapet kembalian dalam berupa barang. Kamu bisa banget pake uang elektronik biar gak perlu ada kembalian. Sekarang, kamu gak perlu lagi deh mengoleksi permen hasil dari kembalian. 

4. Sangat Applicable

Kenapa sih uang elektronik sangat applicable? Alasannya karena uang elektronik bisa digunakan untuk transaksi massal yang nilainya kecil namun frekuensinya tinggi. Misalnya untuk bayar tarif tol, dengan menggunakan uang elektronik dapat mempercepat proses pembayaran ketika kamu akan memasuki kawasan jalan tol. Selain itu, uang elektronik dapat juga digunakan untuk pembayaran transportasi, parkir, fast food, dan lain sebagainya. 

Baca juga : Transaksi Pembayaran Lebih Mudah dengan Metode CashlessArtikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

18 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download