5 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis Terdaftar OJK

13 Sep 2021 by Laruan

Sobat Pintar, dewasa ini kebutuhan terhadap aplikasi transfer uang antar bank semakin banyak digunakan. Ini dikarenakan tumbuh suburnya produk tabungan berbagai bank, sehingga memaksa kita untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, dalam artikel ini, Kredit Pintar akan menjelaskan lima pilihan aplikasi transfer uang antar bank gratis yang terdaftar di OJK. Simak, ya.

1. Flip

Kamu sudah tahu belum apa itu aplikasi Flip? Ia adalah aplikasi transfer bank gratis yang bisa kamu download di Play Store dan App Store. Dengan Flip kamu akan mendapat keuntungan tidak dikenakan biaya cash atau admin walaupun kamu transfer uang ke bank yang berbeda.

flip transfer uang

Asal kamu tahu bahwa aplikasi Flip itu karya anak bangsa Indonesia dan masuk daftar Forbes 20 under 30 Asia 2021. Pendiri Flip adalah Rafi Putra Arriyan yang sekarang menjadi CEOnya bersama 2 temannya.

Total ada 14 bank di indonesia yang bebas transfer antar bank jika kamu menggunakan aplikasi Flip. Flip juga baru saja mengembangkan fitur Flip Globe yang membantu memudahkan transfer uang ke luar negeri dengan biaya yang relatif murah.

Untuk akun reguler dibatasi transaksi hanya 5 juta per hari. Kamu harus upgrade menjadi Flip+ supaya bisa bertransaksi di atas 5 juta perhari.

Cara mendaftar di aplikasi Flip cukup mudah, buka aplikasinya dan masukkan nomor HP dan email kemudian verifikasi keduanya. Setelah terverifikasi kamu harus mengisi data lengkap sesuai KTP.

Langkah terakhir kamu harus verifikasi dengan mengupload foto wajah, KTP dan foto wajah beserta KTP untuk menjadikan akun Flip kamu Reguler.

Catatan:

  1. Transfer gratis tidak dibatasi kuota bulanan.
  2. Ada jam-jam aktif untuk proses transfer.
  3. Akun reguler dibatasi maksimum transfer Rp5.000.000 per hari.
  4. Akun Flip+ batas maksimum transfer Rp20.000.000 per hari dan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500.
  5. Jumlah transfer harus disesuaikan dengan tambahan kode unik dari Flip.
  6. Aplikasi Flip mampu melayani transfer uang ke 14 bank dalam negeri.
  7. Biaya transfer ke luar negeri dengan biaya admin yang relatif murah.
  8. Dapat melayani transfer ke banyak tujuan sekaligus.

2. GoPay

Dulu GoPay dikenal dengan nama GoWallet salah satu aplikasi dompet digital milik Gojek Indonesia. Seperti E-Wallet lainnya GoPay digunakan untuk membayar transaksi-transaksi yang dilakukan pada Aplikasi gojek, seperti (GoCar, GoRide, GoSend, GoFood dll).

gopay Transfer Uang

GoPay juga bisa digunakan untuk transaksi selain layanan aplikasi Gojek. Kamu bisa bertransaksi non-tunai secara online atau offline dengan merchant atau toko yang menjadi mitra Gojek.

Kamu bisa melakukan transfer antar bank lewat aplikasi GoPay tanpa biaya admin. Tapi layanan gratis transfer hanya berlaku pada moment-moment tertentu ketika ada promo. Dan berlaku hanya 5 kali transaksi bagi pengguna setia dan pengguna baru GoPay.

Di luar promo gratis transfer bank akan dikenakan biaya admin sebanyak Rp2.500 saja. Cukup murah dibanding transfer via ATM dan M-Banking.

Kamu bisa mendownload aplikasi GoPay dengan mudah dan gratis di Playstore dan AppStore.

Catatan:

  1. Untuk bisa menggunakan layanan transfer akun GoPay harus diupgrade
  2. Gratis Transfer bank hanya berlaku bila ada promo
  3. Dan berlaku hanya 5 kali transaksi bagi pengguna setia dan pengguna baru

3. Dana

Aplikasi dana telah diluncurkan semanjak tahu 2018 lalu. Dana merupakan aplikasi E-Wallet yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran non-tunai mudah cepat dan aman seperti Gopay, OVO dan E-Wallet lainnya.

dana

Di era digital yang semakin maju saat ini masyarakat Indonesia sudah tidak terlalu bergantung dengan uang tunai dalam bertransaksi. Sistem transfer ATM dan aplikasi E-Wallet memudahkan mengubah cara mereka bertransaksi.

Kamu akan mendapat beberapa kemudahan ketika menggunakan Dana. Tak perlu lagi repot-repot bayar listrik, asuransi, tagihan lainnya langsung ke lokasi pembayaran. Cukup kamu lakukan lewat aplikasi Dana kapan saja. 

Selalu ada promo menarik seperti potongan harga barang yang kita beli ketika kita membayarnya lewat aplikasi Dana.

Kamu juga bisa mentransfer uang dari Saldo Dana kamu ke rekening bank tanpa ada biaya admin. Tapi hanya berlaku untuk 10 kali transfer dalam satu bulan. Setelah jatah transfer gratis maka ada dikenakan biaya admin Rp4.500 per transaksi lebih murah daripada lewat ATM atau M-Banking.

Di samping itu Dana juga mempunyai beberapa kekurangn yang harus kamu tahu. Kalah luas jangkauannya dibanding kompetitornya seperti OVO atau Gopay. Jika OVO dan GoPay bisa digunakan untuk sektor-sektor seperti pedagang-pedagang kecil, tapi untuk Dana belum.

Jika kamu berminat untuk menggunakan aplikasi Dana silahkan download di Playstore atau Appstore secara gratis. Kamu bisa langsung daftas seperti kamu daftar di OVO atau GoPay.

4. LinkAja

LinkAja adalah layanan dompet digital berbasis aplikasi yang didirikan oleh Telkomsel bersama BUMN (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Pertamina, Danareksa dan Asuransi Jiwasraya). Sebelumnya bernama Telkomsel Cash atau TCASH dan resmi diubah pada tanggal 21 Februari 2019. Sekarang LinkAja menjadi aplikasi transfer gratis yang terpercaya dan banyak digunakan di Indonesia.

linkaja

Akun Basic service tetap akan dikenakan biaya transfer dan saldo dibatasi maksimal Rp2.000.000. Untuk akun Full service bisa transfer uang tanpa biaya admin dan bisa menyimpan uang di saldo maksimal Rp10.000.000.

Jika kamu ingin mengupgrade akun kamu menjadi Full service silakan lakukan cara-cara ini:

  1. Buka aplikasi LinkAja.
  2. Pilih akun di tampilan homepage.
  3. Pilih Upgrade
  4. Upload foto KTP dan foto Selfie klik lanjut.
  5. Isi data identitas diri sesuai KTP.
  6. Rekam diri sendiri dengan membawa KTP. Selama rekaman kamu sebutkan Nama, NIK dan alamat lengkap sesuai KTP.

Tinggal tunggu prosesnya maksimal 3×24 jam LinkAja akan memberi informasi status upgrade akun kamu.

Walaupun LinkAja dimiliki oleh Telkomsel bukan berarti pengguna provider lain tidak bisa mendaftar atau membuat akun LinkAja.

Semua nomor bisa didaftarkan ke akun LinkAja walaupun bukan dari Telkomsel. Tapi untuk pelanggan Telkomsel lebih mudah untuk menggunakannya.

5. OYḷ Indonesia

OY atau PT. Dompet Harapan Bangsa adalah besutan anak bangsa yang didirikan pada tahun 2017. Layanan E-Wallet berbasis aplikasi ini sudah berlisensi dan terdaftar di Bank Indonesia, jadi kamu tak perlu ragu tentang keamanannya.

oy

Untuk menggunakan OY Indonesia pengguna harus menghubungkan dengan rekening pribadinya. Setelah terhubung pengguna bisa melakukan transfer uang dengan OY atau juga bisa mengecek saldo rekening banknya.

Pengguna harus mengupgrade akun ke premium untuk bisa menikmati layanan transfer. Ada batas minimum dan maksimum untuk gratis transfer dari Rp100.000 hingga Rp5.000.000 setiap hari.

Jika nominal transfer melebihi ketentuan itu maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.000 saja lebih murah daripada biaya admin transfer bank.

Aplikasi OY Indonesia dapat kamu download di PlayStore atau AppStore. Kamu bisa gunakan aplikasi ini seperti aplikasi E-Wallet lainnya untuk transaksi pembayaran non-tunai.

Itulah 5 aplikasi transfer bank gratis yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Ada aplikasi Flip, GoPay, Dana, LinkAja dan OY Indonesia yang suda terdaftar OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir keamanannya.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload