Cara Menggunakan Trust Wallet pada PC & Android atau Smartphone

15 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 14 Sep 2022

Jika anda sering melakukan transaksi di dunia cryptocurrency maka anda sudah tidak asing lagi dengan digital crypto wallet  bahkan nama Trust wallet mungkin tidak terasa asing bagi anda. Bagi anda yang masih baru terjun di dunia cryptocurrency & NFT, trust Wallet adalah jenis wallet digital untuk melakukan transaksi terhadap cryptocurrency maupun NFT sama seperti Phantom wallet dan telah berdiri sejak tahun 2017. 

Dompet digital satu ini memungkinkan buat kita untuk mengumpulkan, mengirim, menerima, dan trading terhadap  lebih dari satu  juta mata uang kripto dan token non-fungible (NFT) dari smartphone namun belum bisa digunakan untuk PC kecuali dengan metode yang tidak langsung. Trust wallet ini memiliki banyak user dari seluruh dunia misalnya Russia, USA dan India.

Trust: Crypto & Bitcoin Wallet - Apps on Google PlayBaca Juga: Payment Gateway Adalah: Manfaat, dan Cara Kerja

Trust wallet memiliki ekosistem cryptocurrency yang luas dengan setup dan pemakaian yang mudah di iOS dan android smartphone  dan beberapa PC serta mudah digunakan untuk bertransaksi crypto maupun NFT.  Anda mungkin ingin mencoba bertransaksi di aplikasi trust wallet ini namun pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan trust wallet ini di PC ataupun smartphone (tentunya dengan mengunduh .apk)?

Cara Membuat Trust Wallet di Smartphone

Pertama tentu jika kita ingin menggunakan trust wallet kita harus mendownload dalam bentuk format .apk jika anda mendownload di komputer dan menginstall aplikasi tersebut lebih dahulu. Setelah anda tiba di homepage aplikasi tersebut lalu klik “Create New Wallet”.

Tempat terbaik untuk men-download trust wallet adalah dari Play Store. Trust wallet juga menawarkan file .apk, namun tetap tidak disarankan untuk mengunduh .apk kecuali menggunakan OS Android yang berfokus pada keamanan seperti Graphene OS yang bebas dari Google.

Kemudian, anda akan diminta untuk menuliskan recovery phrase  yang akan sangat penting untuk memulihkan atau me-loading wallet anda di device atau perangkat lain. Pastikan untuk menuliskannya dan menyimpannya, tidak dianjurkan untuk membagikan recovery phrase ini kepada siapapun.  Jika Anda kehilangan recovery phrase ini, maka anda tidak akan dapat lagi mengakses dompet anda.

Setelah itu, anda harus memeriksa back-up phrase anda  dengan mengetikkan kata-kata dalam urutan yang benar. Setelah verifikasi ini, akun Anda sudah jadi dan anda dapat mengaksesnya dan memakainya untuk transaksi. 

Cara Menggunakan Trust Wallet di PC

Sebagai catatan, Trust Wallet saat ini merupakan cyrpto wallet khusus mobile phone yang berarti bahwa saat ini tidak ada klien Trust Wallet untuk sistem operasi non-seluler seperti Windows, Mac, dan Linux.

https://isitcrypto.com/wp-content/uploads/2022/01/1utwpc-clcik-on-connect-wallet-button-pancakeswap-1024x473.png

kita akan membahas bagaimana cara menggunakan trust wallet di PC atau Mac. Hal pertama yang harus dilakukan adalah d membuka situs web (DApp) yang anda ingin gunakan di browser Anda.

  • Klik “Connect Wallet”.
  • Pilih “WalletConnect” pada tampilan dialog.
  • Luncurkan aplikasi Trust Wallet di perangkat seluler anda dan arahkan ke pilihan “Settings”.
  • Pada tab Settings Trust Wallet, pilih “WalletConnect“.
  • Selanjutnya, anda scan kode QR yang dihasilkan oleh WalletConnect di komputer Anda.
  • Terakhir, klik  Connect untuk mengotorisasi koneksi.

Selanjutnya terdapat tiga metode cara menggunakan trust wallet di PC . Salah satu cara yang paling direkomendasikan yaitu adalah dengan Walletconnect seperti yang telah diuraikan diatas. Cara kedua adalah dengan menginstall Metamask & Import trust wallet.

Menggunakan Trust Wallet dengan PC Anda melalui WalletConnect memang  proses yang paling praktis, sangat mudah dan langsung, tetapi jika anda sedikit lebih melek teknologi, anda juga dapat mengimpor wallet Anda di Trust Wallet ke dalam ekstensi browser Metamask dan melakukan transaksi kripto dari browser tersebut.

List Of Places To Buy Cryptocurrency In Indonesia

Baca Juga: Cara Daftar Mobile Banking Livin’ by Mandiri

Salah satu manfaat utama dari wallet seperti Trust Wallet adalah kemampuan untuk mengimpor dompet Anda (dan dana) di berbagai dompet dengan recovery phrase atau kunci pribadi Anda. Sehingga tentu penting kita  mendapatkan recovery phrase terlebih dahulu untuk wallet anda di Trust Wallet, lalu barulah anda dapat mengimpor frasa pemulihan ini ke ekstensi browser Metamask. 

Browser metamask ini dapat di unduh pada website berikut ini dan kemudian dapat diinstall pada PC anda dan sebelum berusaha memakai trust wallet di browser tersebut maka penting untuk anda mempersiapkan dulu recovery phrase yang dapat dilihat pada bagian settings > wallets > show recovery phrase di trust wallet.

kemudian luncurkan ekstensi browser Metamask dan klik [Get Started] lalu [Import Wallet] dan ikuti langkahnya. Cara menggunakan trust wallet di PC terakhir adalah dengan memakai android emulator yang sebenarnya tidak direkomendasikan. Trust wallet adalah aplikasi android sehingga tentu wajar bagi anda untuk memakai emulator android untuk memakai trust wallet.

Emulator Android paling populer untuk desktop PC adalah Bluestacks sehingga pertama-tama anda harus men-download dan menginstall software dari halaman download Bluestacks disini. Setelah Anda menginstall Bluestacks di komputer Anda, bukalah software tersebut dan masuk ke akun Google Anda.  Kemudian, anda bisa membuka aplikasi play store dan cari “Trust Wallet” lalu instal di emulator dengan mengklik “Install”. 

Setelah instalasi selesai, klik ikon Trust Wallet untuk meluncurkan aplikasi. Anda dapat memilih untuk mengimpor dompet kripto yang ada ke dalam aplikasi atau membuat dompet baru.image

Baca Juga: Cara Bermain Crypto Hingga Menjadi Miliarder

Dengan Trust Wallet yang terinstal di PC Anda melalui Bluestacks, Anda dapat mengakses DApps langsung di browser Trust Wallet DApps dan melakukan transaksi seperti mengirim dana, perdagangan crypto, dan banyak lagi seperti yang dapat anda lakukan pada aplikasi Trust Wallet biasa di smartphone anda.

Membeli Cryptocurrency pada Trust Wallet

Cara menggunakan trust wallet untuk membeli crypto cukup sederhana , namun sebelumnya penting untuk mengetahui beberapa hal berikut : 

  • Aplikasi ini tidak menjual kripto apa pun,  sehingga transaksi diarahkan ke pihak ketiga.
  • Batasan Transaksi minimum $50 , dan maksimum $20,000 . 
  • Provider crypto membebankan biaya konversi dan jaringan.
  • Ada biaya 1% pada  setiap pembelian crypto yang dapat dihapuskan dengan memegang TWT.
  • Ketersediaan jenis kripto yang dapat dibeli bergantung pada lokasi anda. 

Sedangkan cara membeli crypto sesederhana memilih tombol koin crypto pada menu homepage kemudian klik Buy lalu anda memasukan jumlah yang ingin anda masukan, selesai.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download