Cara Daftar Mobile Banking Livin’ by Mandiri

06 May 2022 by Laruan, Last edit: 09 May 2022

Kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat akses terhadap segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah, salah satunya akses terhadap layanan perbankan. Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi, hampir seluruh bank saat ini mulai gencar menghadirkan layanan mobile banking. Dan ini cara daftar mobile banking Mandiri.

Cara daftar mobile banking Mandiri

Mobile banking adalah jenis layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi, mulai dari transfer, pembayaran online shop, top up e-wallet, pembelian pulsa dan token listrik, serta berbagai transaksi lainnya hanya dari smartphone. Wah, praktis sekali, ya? 

Oleh karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan, hampir sebagian besar nasabah saat ini mulat tertarik menggunakan layanan mobile banking. Bagi kamu yang merupakan nasabah Mandiri dan juga ingin melakukan pendaftaran mobile banking, berikut kami rangkum panduannya.

Mobile Banking Mandiri

Salah satu bank yang memiliki layanan mobile banking adalah Bank Mandiri. Bank yang dibentuk pada 2 Oktober 1998 ini merupakan penggabungan dari empat bank milik pemerintah, yaitu Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Eksim), Bank Bumi Daya (BBD), dan Bank Dagang Negara (BDN). Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Mandiri memiliki pinjaman, aset dan deposit yang sangat besar. Dilansir dari berbagai sumber, total aset yang dimiliki oleh Mandiri mencapai 1.318 triliun rupiah.

Layanan mobile banking yang disediakan oleh Bank Mandiri bernama Livin’. Layanan ini memiliki berbagai fitur unggulan, antara lain sebagai berikut.

  1. Pembayaran Scan QRIS

QRIS payment mulai populer belakangan ini, terlebih sejak pandemi merebak dan orang-orang mulai takut melakukan transaksi secara cash. QRIS payment merupakan sistem pembayaran cashless dengan menggunakan kode QR. Sebagaimana dilansir oleh Wikipedia, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar pembayaran hasil pengembangan Bank Indonesia yang ditujukan untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran cashless (nontunai) di Indonesia.

Livin’ menyediakan fitur pembayaran menggunakan QRIS. Caranya yakni dengan membuka aplikasi Livin’ lalu memilih ikon “Scan QR” pada bagian dashboard. Setelah itu, masukkan nominal dan klik konfirmasi. Kamu akan diminta untuk memasukkan MPIN untuk menyelesaikan transaksi. Fitur QRIS payment dapat digunakan di berbagai restoran dan gerai retail yang menerima pembayaran nontunai.

  1. Tarik Tunai Tanpa Kartu

Mobile banking Mandiri juga menyediakan fitur tarik tunai tanpa kartu. Caranya dengan membuka aplikasi Livin’ terlebih dahulu lalu pilih opsi “Tarik Tunai”. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan jumlah nominal, terdapat beberapa pilihan, seperti Rp100.000,00, Rp200.000,00, Rp300.000,00 atau jumlah lain sesuai dengan yang kamu butuhkan. Adapun batas tarik tunai yang ditetapkan oleh aplikasi Livin’ ialah Rp5.000.000,00 per hari.

Setelah memasukkan nominal, klik “lanjut” dan tekan opsi “buat kode token”. Setelah itu, aplikasi akan mengarahkanmu pada halaman PIN. Masukkan kode PIN secara hati-hati dan uang siap ditarik di mesin ATM terdekat.    

  1. Quick Pick Mandiri

Quick Pick adalah fitur ‘jalan pintas’ untuk mengakses transaksi favoritmu di aplikasi mobile banking Livin’. Jadi, jika kamu sudah sering transfer ke ibumu, misalnya, kamu tidak perlu repot memasukkan kembali nomor rekening yang sama secara berulang, cukup temukan fitur ‘Quick Pick’ dan selesaikan transaksi secara instan.

Beberapa jenis transaksi yang dapat dimasukkan ke dalam Quick Pick, antara lain top up, bayar, dan transfer. Adapun menu bayar dapat berupa pembayaran BPJS, PDAM, internet, dan lain sebagainya dengan maksimum transaksi Rp2.000.000,00 per hari.

Sebelum menggunakan fitur ini, kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya dengan memilih menu “Quick Pick” di bawah tombol log in lalu setujui syarat dan ketentuan yang diuraikan oleh pihak aplikasi. Setelah menyetujui, kamu dapat mengaktifkan dan Livin’ akan mengarahkanmu untuk memasang sandi Quick Pick.

  1. Pembukaan Rekening Online

Bagi kamu yang belum memiliki rekening Mandiri, kamu juga bisa melakukan pendaftaran secara online dengan menggunakan aplikasi Livin’, lho! Keren banget, kan? Prosedur pembukaan rekening Mandiri melalui Livin’ sangat mudah dan cepat karena sudah dilengkapi dengan sistem liveness technology dan verifikasi wajah yang terhubung secara langsung dengan catatan sipil.

Cara daftar mobile banking Mandiri

Selain beberapa fitur di atas, masih banyak fitur-fitur lainnya yang disediakan oleh mobile banking Mandiri, seperti layanan perbankan lengkap, pembayaran Tokopedia tanpa menggunakan virtual account (VA), top up express Mandiri E-Money dan berbagai fitur lainnya. Baca juga: Cara Menghitung THR Agar Tidak Impulsive

Cara Daftar Mobile Banking Mandiri

Setelah mengetahui berbagai fitur dan kecanggihan yang ditawarkan oleh mobile banking Livin’ by Mandiri, kamu tentu menjadi tertarik untuk menggunakannya, bukan? Sebelum menggunakan mobile banking Livin’ by Mandiri, kamu perlu mendaftarnya terlebih dahulu. Berikut kami uraikan panduan pendaftarannya.

Sebelum mendaftar mobile banking Livin’ by Mandiri, pastikan kamu telah terdaftar sebagai nasabah Mandiri terlebih dahulu. Jika belum, silakan melakukan pembukaan rekening ke cabang Mandiri terdekat atau secara online melalui join.bankmandiri.co.id. Selain itu, kamu juga perlu mengaktifkan SMS finansial dan memiliki MPIN. Adapun aplikasi Livin’ by Mandiri hanya bisa di-install pada handphone dengan OS minimal lolipop 5.1 untuk Android dan 8 ke atas untuk iOS.

Setelah terdaftar sebagai nasabah bank Mandiri, langkah selanjutnya yakni mengunduh aplikasi Livin’ by Mandiri di Google PlayStore. Apabila aplikasi sudah terunduh, buka dan klik “login”. Aplikasi Livin’ by Mandiri kemudian akan mengarahkanmu untuk memasukkan nomor kartu debit beserta tanggal kadaluarsanya. Klik “lanjut”.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir. Ketikkan dengan benar lalu klik “lanjut”. Setelah itu, lakukan verifikasi dengan menekan pilihan “Kirim SMS Verifikasi”. Pastikan kamu sudah mengaktifkan SMS finansial dan memiliki pulsa, ya!

Jika verifikasi melalui SMS berhasil dilakukan, langkah selanjutnya ialah menentukan user ID dan membuat password agar keamanan lebih terjamin. Kamu juga perlu membuat PIN untuk autentifikasi transaksi di mobile banking Livin’ by Mandiri. Setelah itu, aplikasi biasanya akan meminta konfirmasi PIN kemudian memintamu untuk memasukkan PIN kartu debit sampai muncul keterangan “berhasil”.

Setelah melakukan semua langkah di atas, berarti kamu telah berhasil terdaftar sebagai user mobile banking Livin’ by Mandiri. Kamu bisa mulai menggunakannya dengan mengetik “login” lalu masukkan user ID dan password yang telah kamu buat sebelumnya. 

Cara daftar mobile banking Mandiri

Demikian beberapa informasi seputar mobile banking Livin’ by Mandiri, berbagai fitur yang tersedia, hingga cara mendaftarnya. Sebelum mendaftar, jangan lupa memenuhi berbagai persyaratan sebagaimana telah disebutkan di atas dan pastikan untuk mengikuti setiap langkahnya dengan benar.Ini Cara daftar mobile banking Mandiri, Semoga berhasil!

Baca juga: Panduan Lengkap Pinjaman Online

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download