Tips Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Mudah, Coba Sekarang!

23 Apr 2021 by kreditpintar
tips belajar

Bahasa Inggris merupakan Bahasa internasional yang dapat digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Anda yang tidak bisa menggunakan Bahasa di negara yang Anda kunjungi, Anda dapat menggunakan Bahasa Inggris ini untuk berkomunikasi. Di tingkat sekolah, Bahasa Inggris juga telah dipelajari sejak bangku Sekolah Dasar (SD), tapi ternyata banyak yang masih kesulitan dengan Bahasa Inggris ini. Padahal Bahasa Inggris ini sangat penting. Lalu bagaimana sih tips belajar Bahasa Inggris yang mudah dan dalam waktu singkat?

Buat Anda yang penasaran dengan cara belajar Bahasa Inggris cepat dan mudah ini, pastikan Anda membaca artikel ini hingga selesai. Karena selain mendapatkan cara belajar Bahasa Inggris efektif dan mudah, Anda juga akan mengetahui pentingnya Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung baca penjelasannya yang ada di bawah ini:

Belajar Bahasa Inggris, Sepenting Apa Sih?

Di era globalisasi seperti saat ini, Bahasa Inggris sangatlah penting, baik untuk karir ataupun untuk berkomunikasi. Bayangkan jika Anda suatu saat ke luar negeri dan memerlukan bantuan, namun Anda tidak bisa berkomunikasi dengan warga di sana karena tidak bisa Bahasa Inggris. Pasti membuat bingung, bukan?

Selain itu, dengan perkembangan teknologi digital, kesempatan untuk berkarir di tingkat internasional juga semakin luas. Namun kesempatan ini dapat hilang hanya karena Anda tidak bisa Bahasa Inggris. Bahkan, saat ini di sekolah dan perguruan tinggi banyak yang telah menggunakan jurnal internasional berBahasa Inggris. Anda yang tidak bisa berbahasa Inggris tentunya akan kebingungan dan tertinggal oleh mereka yang mahir berbahasa Inggris.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Setelah mengetahui pentingnya belajar Bahasa Inggris, berikut manfaat yang akan Anda dapatkan dengan belajar Bahasa Inggris:

1. Memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan dengan belajar Bahasa Inggris adalah Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain, khususnya orang yang berasal dari luar negeri. Perkembangan teknologi memungkinkan untuk berkomunikasi dengan orang dari luar negeri melalui media sosial dan kuncinya adalah Anda bisa menggunakan bahasa mereka atau Bahasa Inggris.

2. Dapat Menambah Ilmu dan Pengetahuan Baru

Anda dapat menemukan berbagai jurnal, artikel, berita, dan informasi lainnya dalam Bahasa Inggris di internet. Bahkan, beberapa hanya ditulis dalam Bahasa Inggris dan tidak ada dalam Bahasa Indonesia. Anda yang tidak bisa Bahasa Inggris pastinya akan kalah dalam hal ilmu dan pengetahuan baru dibandingkan mereka yang bisa Bahasa Inggris.

3. Lebih Aman Saat Liburan

Anda yang bisa Bahasa Inggris pastinya lebih aman saat liburan ke luar negeri. Anda tidak perlu kebingungan saat tersesat atau membutuhkan bantuan dari warga yang ada di sana. Meskipun saat ini ada aplikasi penerjemah, namun jika Anda bisa Bahasa Inggris pastinya akan lebih mudah dibandingkan dengan aplikasi penerjemah.

4. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pernah nggak sih Anda merasa tidak percaya diri karena tidak bisa Bahasa Inggris? Terlebih saat melihat teman-teman lainnya yang jago berbahasa Inggris. Bisa berbahasa Inggris dianggap lebih keren dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Apalagi jika bisa ngobrol dengan teman dengan campuran Bahasa Inggris, wow, pasti keren!

5. Untuk Melanjutkan Pendidikan ke Luar Negeri

Buat Anda yang berminat melanjutkan pendidikan ke luar negeri, bisa Bahasa Inggris menjadi syarat utama. Anda diwajibkan memiliki skor TOEFL yang tinggi untuk bisa lulus penerimaan mahasiswa baru di kampus luar negeri. Jika Anda tidak bisa Bahasa Inggris, kesempatan kuliah di luar negeri pastinya akan tertutup.

Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat

Dengan manfaat-manfaat Bahasa Inggris tersebut, pastinya rugi banget jika tidak bisa Bahasa Inggris. Lalu bagaimana cara agar bisa Bahasa Inggris? Berikut tips belajar Bahasa Inggris yang mudah dan kilat, Anda pasti bisa:

1. Belajar dari Kata-Kata Dasar

Untuk memulai belajar Bahasa Inggris, sebaiknya Anda jangan langsung mempelajari kalimat yang rumit dalam Bahasa Inggris. Anda dapat belajar dari kata-kata dasar terlebih dahulu. Pilihlah kata-kata yang mudah diingat dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu Anda akan lebih mudah dan efektif untuk menghafal kosa kata baru dalam Bahasa Inggris.

2. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Tips kedua belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan efektif, serta menyenangkan adalah dengan mendengarkan lagu berBahasa Inggris. Di internet ataupun YouTube telah tersedia berbagai pilihan lagu berBahasa Inggris. Anda dapat menggunakannya sebagai sarana belajar Bahasa Inggris. Biasanya melalui lagu Anda akan lebih mudah untuk mengingat kata atau kalimat Bahasa Inggris. Untuk menyempurnakannya, Anda dapat mendengarkan sambil membaca lirik dan terjemahan dari lagu tersebut.

3. Menonton Film dengan Subtitle Inggris

Selain mendengarkan lagu berBahasa Inggris, Anda juga bisa belajar Bahasa Inggris dengan cara menonton film menggunakan subtitle atau terjemahan Bahasa Inggris. Anda bisa menggunakannya untuk film Indonesia ataupun film berBahasa Inggris.

Dengan Anda menggunakan terjemahan Bahasa Inggris untuk film Indonesia, Anda dapat mengetahui Bahasa Inggris dari apa yang diucapkan dalam film. Sedangkan untuk film berBahasa Inggris dengan subtitle Bahasa Inggris, Anda dapat belajar cara pengucapan dari tulisan Bahasa Inggris yang ada di subtitle.

4. Membaca dan Menerjemahkan Artikel Bahasa Inggris

Tips selanjutnya untuk belajar Bahasa Inggris dengan mudah adalah dengan membaca dan menerjemahkan artikel berBahasa Inggris. Anda dapat dengan mudah menemukan artikel berBahasa Inggris di internet. Jangan lupa catat atau tandai kata-kata yang tidak Anda pahami sebelumnya untuk dihafalkan.

5. Kumpulkan Kata-Kata Bahasa Inggris yang Disukai

Mengumpulkan kata-kata dalam Bahasa Inggris yang disukai juga dapat mencari tips belajar Bahasa Inggris kilat dan mudah. Kata-kata yang disukai akan lebih mudah diingat dibandingkan kata-kata lainnya. Anda dapat mencatatnya di buku catatan kecil atau di ponsel.

6. Mengobrol dengan Bahasa Inggris

Mengobrol dengan teman baik itu secara langsung atau melalui aplikasi chatting menggunakan Bahasa Inggris juga dapat dijadikan sarana belajar Bahasa Inggris. Anda dapat mengajak teman yang memang memiliki ketertarikan dengan Bahasa Inggris atau mencari teman dari luar negeri di media sosial.

7. Ikut Kursus

Tips terakhir untuk belajar Bahasa Inggris mudah dan dalam waktu singkat adalah dengan mengikuti kursus, baik kursus online maupun offline. Anda dapat mencari informasi kursus ini dari media sosial ataupun bertanya langsung kepada teman atau kerabat yang pernah mengikuti kursus.

Tidak Punya Biaya untuk Kursus Bahasa Inggris? Kredit Pintar Solusinya

Belajar Bahasa Inggris secara mandiri memiliki lebih banyak tantangan dibandingkan ikut kursus. Buat Anda yang ingin mengejar kemampuan Bahasa Inggris lebih singkat, pasti lebih membutuhkan untuk mengikuti kursus Bahasa Inggris. Sayangnya, biaya untuk kursus Bahasa Inggris tidak murah. Buat Anda yang ingin kursus Bahasa Inggris tapi tidak memiliki biaya, Anda dapat mengajukan pinjaman di Kredit Pintar.

Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pinjaman instan. Tanpa agunan, Anda bisa mendapatkan pinjaman instan syarat yang mudah, cukup menggunakan KTP saja. Selain itu, pinjaman di Kredit Pintar juga terjamin keamanannya karena telah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Pinjaman instan dan aman, hanya bisa didapatkan di Kredit Pintar.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara belajar Bahasa Inggris yang mudah dan cepat. Anda dapat mengikuti tips-tips di atas dan raih kesempatan yang lebih banyak dengan kemampuan Bahasa Inggris yang Anda miliki.

kredit pintar