Tips Agar Tertidur Cepat, Sehat dan Berkualitas

27 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Tidur adalah aktivitas sederhana dan rutinitas yang masih banyak diabaikan oleh sebagian besar orang, karena belum banyak tahu manfaatnya. Belum banyak yang paham bahwa tidur adalah cara tubuh untuk melakukan proses memperbaiki metabolism, fungsi organ – organ setelah beraktivitas sepanjang hari. Tidur bukan hanya sebuah proses biologis bahwa yang penting tidur, tetapi tidur adalah sebuah proses yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas fungsi tubuh. Dan dari itu ada pentingnya tips agar tertidur.

Tidur yang baik dan berkualitas menentukan kualitas kesehatan seseorang. Berdasarkan survey sleephelp.org bahwa sebanyak 22% menyatakan bahwa mereka mempunyai kualitas tidur yang buruk, survei ini dilakukan selama masa pandemic. Apalagi saat ini banyak pekerjaan dilakukan dirumah sehingga batas waktu kerja dan istirahat sudah tidak jelas. 

Baca juga: Ingin ke Psikiater? Berikut Biayanya  

Kualitas tidur tidak hanya dipengaruhi oleh lamanya, tetapi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga saat bangun tidur badan menjadi segar. Karena banyak sekali terjadi setelah tidur badan justru lemas atau kecapean. Manfaat dari kualitas tidur yang baik adalah:

  1. Membuat tubuh berfungsi dengan baik 
  2. Jarang mengalami masalah tubuh seperti sakit lambung, sembelit, fungsi hati, fungsi ginjal dan kondisi kesehatan lainnya. Karena fungsi tubuh bekerja dengan optimal
  3. Tubuh lebih sehat dan fresh
  4. Produktivitas tubuh terjaga dengan baik
  5. Fokus dalam beraktivitas 
  6. Meningkatkan daya ingat

Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas tidur Edward Young seorang Konsultan kesehatan AMILIFE menyatakan bahwa tidur yang berkualitas memiliki tiga elemen yaitu durasi tidur, kontinuitas tidur dan kedalaman tidur. Durasi tidur artinya lamanya tidur berlangsung, sedangkan kontinuitas adalah tidur yang terus menerus berlangsung tanpa terbangun dan terkena gangguan hingga bangun di pagi hari. Kedalaman tidur berkaitan dengan tidur yang nyenyak di mana saat terbangun badan tidak terasa lelah namun terasa lebih segar. Rata-rata jam tidur yang ideal bagi individu dewasa adalah selama 7-9 jam per malam, di mana hal ini bervariasi pada setiap individu di antaranya:

  1. Lamanya waktu tidur

Tidur yang baik adalah berdurasi 6-9  jam sehari, dan sebaiknya dilakukan pada jam dalam rentang waktu 21.00  – 5.00 maka tubuh akan melakukan perbaikan tubuh dengan optimal. Karena jam biologis tubuh bekerja sebagai berikut:

Jam Biologis Menurut Tradisi China | Ryan Collection Blog

21.00 -23.00: Tubuh melakukan pembakaran lemak, sehingga pada jam ini sebaiknya sudah tidak melakukan aktivitas makan, dan sudah mulai istirahat

       23.00 – 01.00: Kandung empedu membersihkan racun – racun dalam tubuh 

01.00 – 03.00: Tubuh membersihkan dan meningkatkan fungsi hati

       03.00 – 05.00: Tubuh membersihkan dan mengoptimalkan fungsi hati

05.00 – 07.00: Tubuh membersihkan dan mengoptimalkan fungsi hati

Dengan mengetahui jam biologis tersebut, kalau kita melewatkan jam istirahat maka akan memaksa tubuh tidak berfungsi dengan baik. 

  1. Kontinuitas tidur

Tips agar tertidur berikutnya adalah tidur yang baik adalah tidur yang selama 7-9 jam berlangsung terus menerus dan tidak terputus atau terganggu oleh gangguan lain. Gangguan tidur pada malam hari akan menyebabkan proses metabolisme dan kerja tubuh mengalami gangguan sehingga tidak bekerja optimal. Seseorang yang tidurnya tidak kontinu bangun tidur, bangun tidur pakan mengalami pusing saat bangun, kebingungan, dan juga detak jantung yang cepat. Jadi pastikan kondisi saat tidur benar -benar disiapkan dengan baik seperti:

  • Kamar yang bersih dan higienis
  • Penerangan yang sesuai untuk tubuh tidak terlalu terang atau tanpa lampu
  • Sirkulasi udara yang baik dengan AC atau ruangan dengan suhu 25 derajat celcius
  • Bersih dari gangguan suara – suara binatang seperti nyamuk, cicak dan binatang lainnya
  • Mengunci pintu supaya saat tidur tidak dikagetkan oleh gangguan yang tiba –tiba masuk kamar yang membuat kaget
  1. Kedalaman Tidur 

Kedalaman tidur berhubungan dengan kondisi psikologis seseorang pada saat tidur. Seseorang yang dalam keadaan banyak masalah, banyak tekanan, dan pekerjaan akan mengalami kesulitan untuk mengalami Deep Rest karena pikiran dan perasaannya tidak sinkron dengan tubuh. Untuk membuat tubuh, pikiran dan perasaan siap untuk tidur sebaiknya dilakukan beberapa hal supaya saat tidur bisa tidur dengan nyenyak seperti:

  • Melakukan relaksasi atau meditasi dengan mengatur nafas dengan baik, hal ini untuk membuat tubuh lebih tenang
  • Berdoa dan membaca kitab suci akan memberikan rasa tenang dan damai sebelum tidur
  • Mandi dengan air hangat atau membersihkan muka, kaki dan seluruh tubuh akan membantu tubuh lebih rilek dan menurunkan tekanan darah tinggi sebelum tidur
  • Menjauhkan barang – barang yang mengingatkan pada permasalahan seperti Gadget dll.
  • Makan – makanan rendah kalori sebelum tidur, atau makanan sehat yang tidak berat karena pada malam hari tubuh kita tidak banyak membutuhkan energi dan sebaiknya kerja lambung diistirahatkan, untuk menghindari asam lambung naik saat tidur hindari makanan yang pedas dan asam
  • Gunakan aroma terapi saat tidur karena ini akan membantu tubuh kita menjadi rilex dan nyaman
  1. Posisi Tidur

Posisi tidur sangat penting untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Posisi tidur yang baik akan membuat fungsi kerja organ tubuh juga bekerja dengan baik. Posisi tidur yang salah juga akan membuat dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Posisi tidur yang baik  

  • Posisi Tidur Menyamping

Salah satu tips agar tertidur adalah dengan posisi tidur yang baik dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga adalah menyamping. Ini ini direkomendasikan untuk dilakukan setiap malam, terutama jika miring ke kiri. Hal ini dapat mengurangi dengkuran yang timbul, baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengurangi timbulnya mulas pada perut. Posisi tidur ini dapat menyebabkan kekakuan pada bahu bahkan pada bagian tubuh lainnya. Diketahui juga jika tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan timbulnya kerutan. Maka dari itu, perlu adanya posisi alternatif lain agar efek buruk tersebut dapat dihindari.

  • Telentang

posisi tidur lainnya yang baik untuk dilakukan setiap malam adalah telentang. Banyak manfaat kesehatan yang dapat diberikan saat tidur dalam posisi ini. Telentang disebut-sebut dapat melindungi tulang belakang dan membantu untuk meredakan nyeri pinggul serta lutut. Posisi ini dapat menjaga tubuh untuk tetap sejajar di atas tulang belakang, sehingga mengurangi tekanan yang dapat terjadi pada punggung atau sendi. Posisi ini tidak cocok pada seseorang yang memiliki masalah apnea tidur ketika napas tiba-tiba berhenti. Selain itu, telentang juga akan sulit untuk dilakukan pada seseorang yang memiliki masalah pada punggung. Maka dari itu, meski terlentang baik untuk digunakan setiap tidur, tetapi penyesuaian pada kesehatan tubuh juga perlu dilakukan.

  • Tengkurap

Sedikit orang yang tidur dengan posisi tengkurap karena kerap merasa tidak nyaman. Meski begitu, posisi tidur yang membuat perut di bawah ini baik untuk seseorang yang memiliki masalah mendengkur atau apnea tidur. Posisi ini dapat menyebabkan seseorang sakit leher dan punggung. Supaya tidak sakit bisa  menempatkan bantal di perut bagian bawah agar rasa sakit pada punggung berkurang.

Itulah beberapa posisi tidur yang baik untuk dilakukan setiap malam yang bisa disesuaikan  dengan kondisi tubuh dan penyakit yang sedang dialami. Jangan sampai posisi yang dianggap baik malah berbalik menyebabkan dampak yang berbahaya bagi tubuh.

Dengan tidur berkualitas memberikan tubuh waktu dan kondisi untuk merecovery semua fungsi organ tubuh, terutama organ dalam yang mulai melakukan pembersihan pada malam hari. Tidur yang tenang memiliki ciri – ciri sebagai berikut:

  1. Suhu tubuh menurun 
  2. Otot  – otot rileks
  3. Detak jantung dan paru – paru bekerja melambat
  4. Tubuh secara fisik terlihat tenang dan rileks

Pada saat kondisi tahapan tubuh tersebut sebaiknya jangan sampai ada gangguan karena hal tersebut akan membuat hal yang buruk seperti tubuh akan kaget dan hal ini untuk beberapa penderita jantung akan sangat berbahaya. Dan demikian tips agar tertidur.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download