Tertarik Bisnis Roti Bakar? Ketahui Dulu Hal-Hal ini!

08 Jul 2021 by Laruan

Apakah Sobat Pintar  ingin memulai sebuah bisnis, namun masih bingung bisnis di bidang apa? Sobat Pintar  mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengambil bisnis kuliner. Bisnis kuliner masih menjadi bisnis dengan potensi besar, karena kebutuhan konsumen akan makanan atau jajanan akan selalu ada. Peluang usaha kuliner pun sangat luas dengan banyak sekali pilihan, salah satu yang paling potensial adalah bisnis roti bakar.

Roti bakar adalah makanan yang terkenal dan disukai oleh masyarakat. Apalagi dengan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat kebanyakan serta rasa yang enak menjadikannya punya daya tarik yang sempurna. Bayangkan, rasa dari roti tawar yang dipanggang dengan pemanggang atau di wajan panas yang menghasilkan tekstur renyah dan aroma khas bakaran. Ditambah lagi dengan topping pilihan yang bermacam-macam seperti keju, meses, coklat dan lain-lain yang menambah cita rasa roti bakar tersebut. Sangat menggugah selera, bukan?

Tertarik Bisnis Roti Bakar? Ketahui Dulu Hal-Hal ini!

Potensi lain dari usaha roti panggang adalah dari kebiasaan orang Indonesia yang sering berkumpul untuk sekedar ngobrol, berc , atau bertugas ronda bersama. Roti bakar adalah pilihan yang paling populer yang membuatnya laku keras. Hal ini membuat pemasaran usaha roti panggang bisa dibilang tidak sulit. 

Sebelum Sobat Pintar  melangkah lebih jauh untuk memulai usaha roti panggang, ada baiknya kita analisis lebih dalam lagi mengenai roti bakar. Apa saja variasi menu, kelebihan, kerugian dan lain sebagainya. Berikut ini adalah ulasan detailnya.

Variasi Rasa

Ada banyak kemungkinan kombinasi topping yang akan membuat roti bakar mempunyai cita rasa yang unik. Sobat Pintar juga dapat membuat kreasi-kreasi unik untuk cita rasa roti bakar yang khas buatan Sobat Pintar . Kreasi tersebut juga bisa Sobat Pintar gunakan untuk memperkuat brand roti bakar Sobat Pintar . Berikut ini adalah beberapa variasi rasa yang umum dan “wajib” ada di usaha roti panggang.

  1. Roti Bakar Coklat Keju

Ini adalah favorit saya, rasa manis dari meses dan gurih dari parutan keju ditambah dengan siraman susu kental manis membuat saya gak bisa berhenti makan. Coklat Keju ternyata adalah salah satu rasa yang paling diminati masyarakat. Jadi, perpaduan rasa ini “wajib” ada di menu usaha roti panggang Sobat Pintar.

  1. Roti Bakar Coklat Kacang

Selai kacang memiliki perpaduan rasa yang manis dan sedikit asin, membuatnya begitu nikmat di lidah. Ditambah lagi dengan taburan meses coklat yang berlimpah membuat lidah kita tidak berhenti bergoyang. Tak heran jika ini menjadi menu yang selalu ada di setiap penjual roti bakar.

  1. Roti Bakar Keju, Pisang, dan Coklat

Ini adalah perpaduan rasa yang menggugah selera, enak dan mengenyangkan. Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa Keju dan Coklat menjadi perpaduan favorit masyarakat, tambahan pisang dengan tekstur dan rasa yang unik membuat perpaduan ini semakin sempurna. Menu yang cocok untuk disantap bersama-sama dengan sahabat dan keluarga. 

Masih ada banyak rasa lain yang biasa ditemukan pada daftar menu penjual roti bakar seperti selai, tiramisu, nutella, dan lain sebagainya. Sobat Pintar  pun dapat berkreasi sendiri dan jangan takut untuk bereksperimen dengan rasa, ajaklah keluarga atau teman terdekat untuk mencicipi kreasi Sobat Pintar . Tampung komentar, kritik, dan saran mereka agar Sobat Pintar  dapat menghasilkan kreasi menu baru yang unik dan menarik. 

Kreasi menu penting untuk dilakukan karena persaingan di usaha roti panggang cukup ketat dengan banyaknya pelaku usaha yang juga menjual roti bakar. Maka dari itu Sobat Pintar  harus memikirkan hal yang dapat membedakan roti bakar Sobat Pintar  dari roti bakar lainnya. Selain dengan kreasi menu, Sobat Pintar  juga dapat memberikan keunikan dari segi penamaan menu. Buatlah nama yang unik sehingga orang menjadi penasaran terhadap roti bakar Sobat Pintar .

Selanjutnya kita akan membahas kelebihan, kerugian dalam usaha roti panggang.

Kelebihan

Tertarik Bisnis Roti Bakar? Ketahui Dulu Hal-Hal ini!
  1. Bisnis dapat dimulai dengan modal kecil

Bahan untuk membuat roti bakar sangat mudah untuk didapatkan dan relatif murah. Ditambah lagi dengan cara membuatnya yang sangat mudah. Untuk tempat, jika belum mampu Sobat Pintar  tidak perlu memaksakan diri untuk menyewa sebuah tempat yang bagus. Hanya dengan gerobak kecil saja Sobat Pintar  sudah bisa membuka usaha roti panggang Sobat Pintar .

  1. Roti bakar viral di kalangan masyarakat

Baik tua maupun muda, rakyat biasa maupun sultan semuanya suka roti bakar. Roti bakar adalah makanan yang menembus berbagai kalangan, apalagi dengan topping-topping yang unik seperti es krim, boba, mozarella membuatnya semakin viral dan menarik.

  1. Cara membuat yang mudah

Sobat Pintar  tidak perlu sekolah khusus untuk membuat roti bakar yang enak. Cukup dengan beberapa kali latihan serius, Sobat Pintar  pasti bisa membuat roti bakar yang lezat. 

  1. Varian rasa yang bermacam-macam

Hal ini membuat roti bakar tidak membosankan. Dengan banyaknya varian rasa, selalu ada yang baru untuk dinikmati pelanggan Sobat Pintar . Tentunya ini sebuah tantangan untuk menghadirkan sesuatu yang baru dan unik agar pelanggan selalu berdatangan.

  1. Prospek yang menjanjikan

Usaha roti bakar bisa dikatakan stabil dan bisa dipasarkan di manapun. Apalagi dengan budaya kita yang suka nongkrong bareng dan bercSobat Pintar  dengan teman-teman. Roti bakar menjadi camilan yang seru dan mengasyikan di tongkrongan.

Kekurangan

Tidak ada yang sempurna didunia ini, jika ada keunggulan pasti ada kekurangan. Tak terkecuali juga dengan usaha roti panggang ini yang juga mempunyai kelemahan. Berikut ini adalah kelemahan-kelemahan tersebut:

  1. Pesaing yang banyak

Dengan peluang bisnis yang besar maka banyak juga pesaing yang mencari peruntungan di bisnis ini. Dari banyaknya pesaing tersebut akan semakin sulit untuk memberikan sesuatu yang berbeda. Ini adalah tantangan yang harus Sobat Pintar  hadapi, kreatifitas Sobat Pintar  akan diuji disini.

  1. Roti tawar tidak tahan lama

Roti tawar sebagai bahan utama roti bakar adalah makanan yang cepat kadaluarsa hanya dengan hitungan hari. Ketika sudah menjadi roti bakar pun harus segera dimakan agar kualitas rasa tidak menurun.

Namun kekurangan tersebut bukan tanpa solusi, diperlukan kreatifitas untuk mengatasi masalah tersebut. Contohnya, masalah pesaing yang banyak bisa Sobat Pintar  hadapi dengan menargetkan produk roti bakar Sobat Pintar  ke pelanggan yang spesifik dan mencari keunikan dari produk Sobat Pintar . Masalah nomor 2 bisa Sobat Pintar  selesaikan dengan menghitung stok roti tawar yang digunakan dan pilih bahan dengan masa kadaluarsa terlama.

Sekarang Sobat Pintar  sudah tahu lebih dalam tentang usaha roti panggang beserta kelebihan, kekurangan, dan hal lainnya. Lalu apakah Sobat Pintar  sudah siap untuk menjalankan bisnis roti bakar dan meraup untung yang banyak? Terlebih lagi di jaman yang sudah semakin maju ini Sobat Pintar  dapat menjangkau pelanggan lebih luas dengan layanan online. Fasilitas tersebut akan memudahkan pelanggan untuk memesan roti bakar Sobat Pintar  dan membantu Sobat Pintar  untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.

Ayo rintis bisnis roti bakar Sobat Pintar  sekarang dengan Kredit Pintar. Dapatkan dana dengan cepat dan mudah tanpa syarat yang berbelit-belit. Kredit Pintar siap membantu Sobat Pintar  membangun bisnis roti bakar impian Sobat Pintar .

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload