Tempat Bersejarah Di Indonesia: 5 Kota yang Wajib Dikunjungi

31 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Sobat Pintar, mari kembali ke masa sekolah dan mengingat pelajaran mengenai berbagai tempat bersejarah di Indonesia. Jumlahnya tidak sedikit bukan?

tempat bersejarah

Negara kita telah melalui sejarah yang panjang dan terjalin dari masa ke masa. Agar memudahkan pemahaman Sobat Pintar, pembagian masa dapat dibagi menjadi era sebelum dan sesudah kemerdekaan.

Dengan segala dinamika yang terjadi, kedua masa tersebut telah menghadirkan berbagai peninggalan sejarah yang masih eksis hingga saat ini. Di mana saja peninggalan sejarah tersebut berada? Agar tidak makin penasaran, simak artikel ini hingga tuntas, ya! 

Baca juga: Hits, Inilah Tempat Wisata di Medan yang Ramai Wisatawan

Tempat Bersejarah dan Keunikannya

Sobat Pintar, memang tidak dapat dipungkiri bahwa tempat bersejarah memiliki keunikan yang tiada tara. Rasanya wujud peninggalan sejarah yang masih berdiri hingga saat ini mewakili banyak aspek.

Ada yang peninggalan dari zaman kerajaan dan era kolonial atau penjajahan. Bahkan tidak sedikit pula yang merupakan hasil akulturasi budaya atau kepercayaan. Sungguh menarik bukan?

Sisi keunikannya pun juga terletak pada aspek arsitektur dan filosofi yang ada di baliknya. Oleh karena itu, wajar halnya jika berbagai bangunan peninggalan bersejarah kemudian menjadi ikon kota dan dicintai oleh masyarakat setempat.

Bahkan mungkin rasanya aneh jika berkunjung ke suatu kota tetapi tidak menyambangi peninggalan sejarah yang ada. Adapun kegiatan kunjungan seperti ini juga merupakan bagian dari mempelajari sejarah Indonesia yang panjang dari berbagai era.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Di Bandung Ini Wajib Dikunjungi!

5 Rekomendasi Kota yang Wajib Anda Kunjungi

Dengan segala keunikan yang ada, lantas di mana saja tempat bersejarah yang dapat dikunjungi di Indonesia? Sobat Pintar tidak perlu membuka peta Indonesia karena ulasan singkat ini akan menghadirkan berbagai rekomendasi pilihan bagi Anda.

Adapun artikel ini akan mengulas 5 rekomendasi kota yang memiliki berbagai tempat bersejarah nan mengagumkan. Percayalah jika Sobat Pintar berkunjung ke berbagai kota dalam tulisan ini, niscaya akan ada banyak spot instagramable yang menarik untuk dipajang dalam feed.

  1. Jakarta

Kota Jakarta memang tidak dapat dilepaskan dari sejarah Indonesia. Ada berbagai momen penting dalam tonggak sejarah nasional yang berlangsung di kota ini. Salah satunya yakni momen pembacaan teks proklamasi oleh presiden pertama kita, Ir. Sukarno.

Walaupun sudah memperoleh status sebagai kota metropolitan, Sobat Pintar masih bisa mengunjungi berbagai peninggalan sejarah yang masih eksis hingga saat ini. Contohnya yakni Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Museum Fatahillah.

Jangan lupa pula bahwa Sobat Pintar bisa mengunjungi Kota Tua untuk melihat berbagai gedung peninggalan era kolonial. Jika pergi ke sana, maka Anda akan serasa kembali ke masa puluhan tahun yang lalu dengan segala keantikan yang ada pada berbagai bangunannya.

  1. Semarang

Kota yang terkenal dengan lumpia dan ikan bandeng ini juga patut dimasukkan dalam daftar. Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang memang terletak pada lokasi yang strategis. Jika Sobat Pintar melewati jalur pantura, pasti akan melewati kota yang satu ini.

Semarang bisa disebut sebagai salah satu contoh kota dengan akulturasi budaya yang kental. Bagaimana tidak? Di kota ini, Sobat Pintar dapat menemui peninggalan bersejarah dari 3 etnis sekaligus (Belanda, Tiongkok, Arab).

Dari sisi Belanda, ada Lawang Sewu yang sudah menjadi ikon Kota Semarang. Selain itu masih ada pula Gereja Blenduk dan kawasan Kota Lama yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dari sisi Tiongkok, Sobat Pintar dapat mengunjungi Kelenteng Sam Poo Kong (Konghucu) dan Pagoda Avalokitesvara (Buddha). Adapun etnis Arab meninggalkan sejarah dalam wujud Masjid Kauman dan Masjid Menara Layur.

  1. Medan

Kota yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara ini juga memiliki berbagai tempat bersejarah yang unik dan menarik. Selain menikmati beragam kuliner khas, langkahkan juga kedua kaki Anda menuju peninggalan sejarah yang tersebar di berbagai sudut kota ini.

Tujuan utama yang patut disambangi oleh Sobat Pintar adalah Istana Maimun. Adapun istana ini merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Selain arsitektur istana yang megah, kedua mata Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai barang antik yang ada di dalamnya dan masih terawat baik hingga saat ini.

Selain istana tersebut, masih ada tempat unik lainnya yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya yakni rumah milik Tjong A Fie, salah seorang pengusaha sukses asal Tiongkok di masa lalu. Perpaduan antara Eropa dan Tiongkok sangat kental dalam arsitekturnya dan Anda pun juga bisa melihat berbagai peninggalan perabot di dalam rumah tersebut.   

  1. Palembang

Kota yang identik dengan Sungai Musi dan pempek yang lezat ini juga tidak kalah unik dari kota-kota lainnya. Jika berkunjung ke kota yang satu ini, wajib halnya bagi Sobat Pintar untuk mengunjungi berbagai peninggalan sejarah agar lebih afdal dan tidak sekadar mengenyangkan perut dengan pempek saja.

Masjid Agung Palembang rasanya layak menjadi destinasi pertama yang Anda kunjungi. Walaupun bangunan ini digunakan untuk ibadah oleh umat Islam, tetapi perancangnya adalah seorang arsitek Eropa. Dari segi desain pun cukup unik karena ada berbagai ornamen khas Tiongkok yang disematkan pada bangunan masjid.

Apakah hanya masjid tersebut yang bisa dikunjungi? Sobat Pintar jangan khawatir! Kedua kaki Anda masih bisa melangkah ke berbagai destinasi bersejarah lainnya.

Sobat Pintar bisa mengunjungi Benteng Kuto Besak yang merupakan peninggalan Kesultanan Palembang. Selain itu, Bukit Siguntang juga patut dimasukkan dalam daftar kunjungan. Di sana, Anda dapat melihat makam-makam yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir para raja di masa lalu. 

  1. Makassar

Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini juga memiliki berbagai peninggalan sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Destinasi yang paling terkenal tentunya adalah Fort Rotterdam, yakni benteng kebanggaan Kerajaan Gowa-Tallo yang kemudian diambil alih oleh pemerintahan Belanda.

Selain benteng tersebut, tidak ada salahnya pula jika Sobat Pintar berziarah ke makam Pangeran Diponegoro, salah seorang pahlawan nasional. Beliau disemayamkan di Makassar sebagai implikasi atas pengasingan yang diberlakukan oleh pemerintah Belanda di masa itu.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Sumatera Terpopuler Yang Wajib Kamu Kunjungi

Demikianlah 5 rekomendasi kota yang memiliki beragam tempat bersejarah di Indonesia. Percayalah bahwa Sobat Pintar tidak akan rugi jika menyambangi kelima kota tersebut. Kunjungilah berbagai tempat tersebut bersama keluarga atau pasangan tercinta sembari menyelami sejarah Indonesia di masa lalu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download