Sejarah Teknik Komputer dan Jaringan serta Prospek Kerjanya

06 Nov 2023 by kreditpintar, Last edit: 09 Nov 2023

Istilah TKJ alias Teknik Komputer dan Jaringan tentu sudah tidak asing bagi beberapa kawula muda, utamanya siswa SMT dan SMK. Bukan tanpa alasan, saat ini TKJ menjadi salah satu jurusan yang menjadi primadona di jenjang pendidikan STM dan SMK. Maka dari itu tidak heran jika jurusan ini menerima banyak pendaftar walaupun slot nya terbatas.

Walaupun siswa TKJ masih didominasi oleh laki-laki, bukan berarti wanita tidak bisa untuk masuk jurusan ini. Bahkan semakin bergulirnya waktu, semakin banyak wanita yang tertarik untuk belajar teknologi lebih dalam lagi.

Informasi dan teknologi yang ada pada saat ini menjadi salah satu alasan mengapa jurusan TKJ sangat krusial untuk masa depan. Apalagi sekarang di era digital ini, sangat penting bagi masyarakat untuk bisa memahami soal perkembangan teknologi.

Bagi siswa yang berkutat di Teknik Komputer, nantinya mereka akan belajar memahami informasi mengenai komputer dan komponen penting di dalamnya. Bahkan, mereka juga akan mempelajari tentang pemrograman, algoritma, dan rakitan komputer dan jaringan.

Lantas apa definisi dari Teknik Komputer dan Jaringan? Bagaimana sejarah dan perkembangan Teknik Komputer dan Jaringan? dan Bagaimana prospek untuk sekolah di jurusan TKJ? Demi menjawab itu semua, telah kami rangkum dalam artikel dibawah ini. Baca sampai habis ya!

Teknik Komputer dan Jaringan adalah program sekolah hasil kolaborasi teknik elektro dan ilmu komputer demi mengembangkan sistem perangkat lunak, perangkat keras, dan  jaringan komputer. Selain itu, Teknik Komputer dan Jaringan mempelajari cara instalasi PC, LAN, memperbaiki PC, serta memahami berbagai program PC.

Sekolah Teknik Komputer dan Jaringan juga mempelajari interaksi dari semua perangkat yang saling terhubung di dalam PC. Tidak hanya itu, sekolah Teknik Komputer dan Jaringan juga punya program belajar yang fokus untuk konstruksi dan desain komputer.

Baca juga: Agen Asuransi: Profesi, Tugas, dan Menjadi Agen Sukses

Sejarah Teknik Komputer Jaringan

Komputer dan Jaringan memiliki sejarah secara global sejak 1969. Kala Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk menggerakan penelitian mengenai bagaimana cara komputer untuk membentuk jaringannya.

Program penelitian tersebut dikenal dengan nama ARPANET. Lantas berlanjut ke 1970, dengan lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan dan saling komunikasi satu sama lain untuk kemudian membentuk jaringan.

Penerapan Teknik Komputer dan Jaringan Sebagai Program Keahlian

Komputer dan Jaringan menjadi salah satu program sekolah kejuruan yang akrab di jenjang pendidikan SMK atau STM. Program keahlian memiliki prospek untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang kompeten dalam menginstall program, merakit, merawat, serta memperbaiki komputer juga jaringannya.

Teknik Komputer beberapa tahun terakhir semakin meningkat terkait peminatnya. Karena melalui jurusan ini seorang peserta didik akan mampu memahami lebih dalam mengenai komputer dan jaringannya.

Fungsi Dan Tujuan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Komputer dan Jaringan memiliki fungsi dan tujuan utama dalam mengembangkan sistem perangkat keras, perangkat lunak, dan  jaringan komputer. Selain itu sekolah TKJ juga mempelajari tentang cara instalasi PC, LAN, memperbaiki PC, dan mempelajari bermacam program PC lainnya.

Baca juga: Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja yang Benar?

Kendala Dalam Mempelajari Teknik Komputer dan Jaringan

Dalam mempelajari Teknik Komputer tentu bukan hal mudah. Beberapa kendala yang akan kamu temui seperti kebutuhan biaya yang tidak sedikit. Mengingat mahalnya komponen yang diperlukan pada pembelajarannya seperti komputer, jaringan, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Komputer menjadi jurusan yang ramai diminati oleh calon siswa baru. Hal tersebut bisa dilihat saat momen Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di hampir seluruh SMK yang membuka jurusan Komputer dan Jaringan.

Hal tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi Pengelola SMK terkait agar mampu menjaring Siswa Baru sebanyak mungkin. Tidak heran kalau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin terpacu untuk membuka jurusan Teknik Komputer.

Patut diingat jika lulusan Teknik Komputer sudah overload tentu peluang kerjanya menjadi PR tersendiri. Jika para alumni tersebut berminat langsung terjun ke dunia kerja.

Daya Tarik Sekolah Teknik Komputer dan Jaringan

Perkembangan Teknologi Informasi (IT) sangat pesat, hampir semua pekerjaan sekarang berjalan lurus dengan IT. Mulai dari ranah pertanian, jasa, industri, hingga perdagangan. Pekerjaan tersebut mulai didominasi oleh IT untuk pengelolaan maupun pengembangannya.

Hal ini menjadi salah satu daya tarik sekolah TKJ dan membuat begitu banyak peminat. Menjamurnya perusahaan yang membutuhkan IT, juga membuat peluang kerja semakin ketat.

Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu jurusan yang terkait dengan keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah kejuruan yang cukup diminati selain Multimedia dan RPL. 

Jurusan TKJ banyak belajar memahami tentang perangkat keras (hardware) komputer atau laptop sebagai media untuk membangun dan mengembangkan jaringan komputer.

Peluang kerja lulusan TKJ sebenarnya cukup umum. Bahkan bisa saja diisi oleh lulusan RPL atau Multimedia pada segmen tertentu.

Jurusan Teknik Komputer juga bakal belajar memahami cara mendiagnosa serta memperbaiki masalah yang ada pada komputer maupun laptop.

Selain belajar praktik dalam perbaikan komputer atau laptop. Jurusan TKJ sebenarnya lebih di fokuskan untuk perancangan dan pengimplementasian jaringan LAN dan WAN atau Internet dengan media serta perangkat terkini.

Baca juga: Cara Melamar Kerja di Indomaret, Online dan Offline

Prospek Kerja Jurusan TKJ

Dengan banyaknya materi IT dalam program sekolah TKJ, maka jurusan ini punya prospek kerja yang cukup menjanjikan. Hampir semua bidang usaha mulai dari skala rumahan hingga skala perusahaan butuh yang namanya Operator Komputer, Teknisi Komputer, ataupun Teknisi Jaringan. Semuanya tentu sudah dibekali sejak sekolah jurusan TKJ sehingga lulusan TKJ mampu memasuki segala lini.

Daftar mata pelajaran di sekolah jurusan Teknik Komputer yang begitu kompleks. Maka lulusanya bisa dipastikan memiliki keterampilan untuk bekal bekerja dan bersaing di masa depan.

Lulusan TKJ Bisa Kerja Apa?

Prospek kerja alumni TKJ cukup bervariasi, tidak hanya bekerja untuk perusahaan. Namun alumni TKJ juga mampu membuka lapangan kerja sendiri alias wiraswasta.

Berikut ini daftar pekerjaan yang menjadi makanan para alumni SMK Jurusan TKJ:

Teknisi Komputer/ Laptop, Operator komputer, Teknisi Jaringan, Sistem Administrator/ Administrator Jaringan, dan masih banyak lagi.

Boleh dikatakan hampir semua instansi baik Pemerintah hingga swasta, perusahaan kecil hingga  perusahaan besar masih membutuhkan tenaga yang mumpuni dengan keterampilan seperti yang sudah disebutkan. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

09 Nov 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download