Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja yang Benar?

01 May 2022 by Laruan, Last edit: 08 May 2022

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kewirausahaan dan kompetensi kerja yang diselenggarakan oleh pemerintah bagi masyarakat luas. Program ini bisa diikuti oleh Warga Negara Indonesia dengan usia minimal 18 tahun ke atas yang memenuhi syarat-syarat dan ketentuan yang belaku. Ini cara mengikuti pelatihan prakerja

Ada beberapa langkah yang mesti ditempuh oleh penerima program Kartu Prakerja, mulai dari proses pendaftaran, seleksi, pemilihan program pelatihan hingga mengikuti pelatihan di berbagai platform digital dan lembaga pelatihan yang telah bekerjasama dengan program Kartu Prakerja. 

Pelatihan tersebut bisa dibeli oleh penerima Prakerja menggunakan saldo biaya pelatihan yang telah disediakan yakni sebesar satu juta rupiah. Nah, penasaran bagaimana cara mengikuti pelatihan prakerja seperti yang dimaksud? Simak yuk, pembahasan lengkapnya di bawah ini! 

Baca juga: Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia

Sebelum Mengetahui Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja, Ketahui Dulu Apa Itu Pelatihan Prakerja

Sebelum mengetahui cara mengikuti pelatihan prakerja, maka ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa itu pelatihan prakerja. Pelatihan prakerja adalah pelatihan-pelatihan yang tersedia dan bisa diikuti oleh para peserta yang sudah lulus dalam program Kartu Prakerja dimana pelatihan-pelatihan tersebut diselenggarakan oleh berbagai platform digital yang bekerjasama dengan Prakerja. 

Program Kartu Prakerja sendiri adalah bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sektor perlindungan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah. Sebagaimana dikutip dari laman Kartu Prakerja, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto berharap bahwa dengan adanya program ini, masyarakat bisa memanfaatkannya secara maksimal, mengambil berbagai bentuk pelatihan kewirausahaan dan keterampilan kerja sehingga bisa menjadi bekal hidup bagi mereka selama dan pasca pandemi.

Apakah Ada Tes yang Harus Diikuti Sebelum Memulai Pelatihan di Program Kartu Prakerja?

Seperti tes yang harus diikuti pada saat akan mendaftar program Kartu Prakerja, sebelum memulai pelatihan pun Anda diwajibkan untuk mengikuti tes awal atau pre-test terlebih dahulu. Biasanya pre-test tersebut diselenggarakan oleh lembaga pelatihan terkait. Tes awal tersebut umumnya hanya terdiri atas beberapa pertanyaan tentang materi pelatihan yang Anda pilih tersebut. Tidak perlu khawatir, karena pre-test ini hanya bertujuan untuk melihat dan mengetahui pengetahuan dasar atau awal Anda mengenai pelatihan tersebut.

Bagaimana Cara Membeli atau Membayar Pelatihan di Prakerja?

Lalu bagaimana cara membeli atau membayar pelatihan di program Kartu Prakerja? Well, Anda dapat menggunakan saldo pelatihan Kartu Prakerja hanya di platform-platform digital yang resmi bekerja sama dengan program Kartu Prakerja. Beberapa platform digital tersebut antara lain:

  • Kemnaker
  • Pintaria
  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Kariermu
  • Pijar, dan lain-lain

Lalu apakah Anda bisa membeli lebih dari satu pelatihan? Well, tentu saja selama saldo pelatihan Anda masih tersisa dan itu cukup untuk membayar biaya pelatihan kedua atau kesekian yang Anda inginkan. Namun ingat, Anda hanya boleh membeli pelatihan yang kedua setelah Anda menyelesaikan pelatihan pertama. So, pastikan jika Anda masih punya sisa saldo yang cukup untuk itu.

Bagaimana Jika Proses Pembelian Pelatihan Bermasalah dan Anda Gagal Menggunakan Saldo Pelatihan? 

Bagaimana jika proses pembelian pelatihan bermasalah? Atau bahkan Anda gagal menggunakan saldo pelatihan di platform digital? Pertama, pastikan bahwa ketika membeli suatu pelatihan di suatu platform digital, saldo pelatihan dalam akun Prakerja Anda masih tersedia. Selanjutnya, pastikan juga bahwa Anda telah memasukkan nomor Kartu Prakerja yang berjumlah 16 huruf tersebut beserta OTP-nya dengan benar pada saat pembelian pelatihan. 

Terakhir, periksa juga apakah koneksi internet Anda sudah stabil atau malah sedang bermasalah juga. Bila masih kesulitan juga, hubungi CS platform digital tempat pelatihan yang Anda inginkan itu berasal. Atau bisa juga langsung hubungi manajemen pelaksana program Kartu Prakerja dengan mengisi Formulir Pengaduan di akun Prakerja Anda. 

Baca juga: Bagaimana Cara Mengecek Akun BPJS Kesehatan Milikmu?

Sebagai informasi, berikut kami tampilkan kontak beberapa platform digital yang dapat dihubungi.

  • Sisnaker di 021-508 16000
  • Pintaria lewat www.pintaria.com
  • Tokopedia melalui www.tokopedia.com/help
  • Pijar Mahir lewat nomor WhatsApp +62 821 1111 3630 
  • Bukalapak di 021-508 13333
  • Sekolahmu lewat nomor WhatsApp di +62 813 1579 2171

Selengkapnya bisa lihat langsung di akun Prakerja Anda.

Apakah Ada Batas Waktu Pembelian Pelatihan? 

Sebelum mengetahui lebih lanjut cara mengikuti pelatihan prakerja Anda, kenali dulu apakah dalam proses pembelian pelatihan tersebut punya batas waktu atau tidak. Sebagai informasi, Anda hanya bisa membeli pelatihan pertama Anda di akun Prakerja dalam waktu tiga puluh hari segera setelah Anda mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai salah satu peserta yang lolos dan menerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana Program. 

Apabila sudah melebihi tenggat waktu tersebut namun Anda belum membeli serta melaksanakan pelatihan, maka Kartu Prakerja Anda akan dinonaktifkan. Status Anda sebagai peserta Kartu Prakerja pun dicabut kepesertaannya. Saldo bantuan pelatihan yang bernilai satu juta rupiah itu akan hangus dan dikembalikan otomatis ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Lalu bagaimana bila Anda sudah membeli pelatihan namun belum sempat mengikutinya. Apakah bisa diganti dengan pelatihan lain? Well, jawabannya adalah tidak bisa. Anda tak dapat mengganti pelatihan yang sudah dibeli walaupun Anda belum mengikutinya. Jadi, Anda wajib mengikuti pelatihan yang sudah dibeli tersebut hingga selesai. 

Pelatihan Apa Saja yang Dapat Dibeli Menggunakan Kartu Prakerja? 

Lalu pelatihan apa saja yang sekiranya dapat Anda beli atau bayar menggunakan Kartu Prakerja tersebut? Well, ada beragam jenis pelatihan yang bisa Anda beli. Mulai dari keterampilan teknis hingga bagaimana cara memulai serta membangun usaha.

Pelatihan yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah bagaimana cara menjadi fotografer, menguasai beberapa aplikasi komputer, kursus bahasa asing, menjadi pelatih kebugaran, keterampilan perawatan kecantikan, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial serta masih banyak lagi.

Anda bisa mengecek langsung jenis-jenis pelatihan tersebut tentunya sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda dengan mengunjungi laman platform digital seperti yang disebutkan di atas. Atau bisa juga dengan melihat rekomendasi pelatihan yang Anda inginkan langsung di dashboard akun Prakerja Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih langsung beberapa rekomendasi pelatihan yang tersedia di berbagai mitra platform digital yang tertera dalam akun. 

Tidak Bisa Akses Pelatihan Yang Sudah Dibeli! Apa Penyebabnya?

Sudah beli pelatihan namun tetap tidak bisa akses pelatihan tersebut? Ada beberapa penyebab penting mengapa hal tersebut bisa terjadi. Simak alasan-alasannya berikut ini!

1. Tidak Ingat Kode Voucher

Tidak ingat kode voucher bisa mengakibatkan Anda tidak bisa mengakses pelatihan yang sudah Anda beli sebelumnya. Karena itulah, diharapkan untuk selalu mengingat dan menyimpan kode voucher tersebut. Atau bisa juga mengecek email yang Anda daftarkan saat membeli pelatihan tersebut. Setelah cek email yang Anda gunakan untuk mendaftar pelatihan, silahkan lakukan konfirmasi langsung ke platform digital dimana Anda membeli pelatihan.

2. Lupa Nama Akun atau Password di Lembaga Pelatihan dan Platform Digital 

Penyebab kedua adalah Anda lupa nama akun atau password di lembaga pelatihan serta platform digital tempat Anda membeli pelatihan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa melakukan reset password di situs Lembaga Pelatihan dan Platform Digital yang dimaksud. Ikuti petunjuk dan caranya di sana lalu dapatkan kembali password Anda.

3. Jangan-jangan Belum Menyelesaikan Pelatihan Sebelumnya

Bukan lupa kode voucher atau akun dan password melainkan karena Anda belum menyelesaikan pelatihan sebelumnya. Masalah ini juga kerap menjadi penyebab mengapa Anda tidak bisa mengakses pelatihan yang baru saja dibeli. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah menyelesaikan pelatihan yang pernah diambil sebelumnya. Barulah setelah itu, Anda bisa mengakses pelatihan berikutnya yang Anda beli di program Kartu Prakerja.

Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja?

Lalu bagaimana cara mengikuti pelatihan prakerja? Jikalau ingin mengikuti pelatihan prakerja, tentunya langkah pertama yang harus ditempuh adalah mengetahui terlebih dahulu pelatihan apa yang sebenarnya Anda inginkan. Untuk sederhananya, Anda bisa mencari pelatihan yang Anda inginkan itu langsung di dashboard pelatihan Anda, lho

Caranya, ketik nama atau judul pelatihan yang Anda minati pada kolom pencarian pelatihan. Ketik saja kata kuncinya di sana, misalnya “Belajar Desain” bagi Anda yang ingin mengikuti pelatihan tentang desain. Segera setelah Anda mengetik kata kunci tersebut, sistem akan memunculkan pelatihan-pelatihan sesuai dengan kata kunci yang Anda ketik. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur filter pada akun supaya hasil pencarian pelatihan Anda menjadi lebih akurat. Tak hanya nama pelatihan, Anda juga bisa menggunakan fitur tersebut berdasarkan pada rating, harga pelatihan, tingkat materi, durasi pelatihan, hingga cara mengajar sesuai dengan yang Anda butuhkan. Lalu sistem akan memunculkan hasil pencarian pelatihan sesuai dengan filter yang Anda aplikasikan. 

Anyway, bila misalnya saat sedang mengikuti pelatihan lalu Anda tidak dapat melanjutkannya karena suatu kendala di video atau webinar, apa yang harus Anda lakukan? Well, Anda harus benar-benar memastikan bahwa koneksi jaringan Anda tetap stabil saat mengambil pelatihan. Tes dulu jaringannya menggunakan perangkat lain. Tetap mengalami masalah dan kendala? Coba hubungi lembaga pelatihan yang terkait. Biasanya mereka memiliki solusi jitu untuk Anda. 

Baca juga: Cara Jitu untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Mengapa Sertifikat Pelatihan Belum Muncul di Dashboard?

Pelatihan sudah selesai namun sertifikat belum muncul di dashboard Prakerja? Tenang! Umumnya sertifikat pelatihan akan muncul di dashboard Anda setelah menyelesaikan pelatihan paling lambat satu hari kerja setelah Manajemen Pelaksana menerima laporan dari lembaga pelatihan dan platform digital bahwa Anda sudah selesai mengikuti pelatihan. 

Tetap belum muncul juga? Anda bisa menghubungi langsung Contact Center Platform Digital atau tanyakan langsung ke Lembaga Pelatihan tempat Anda mengikuti pelatihan. Biasanya mereka akan memberikan jawaban langsung mengapa sertifikat tersebut belum ada di dashboard. 

Hal penting lain yang harus Anda berikan perhatian juga adalah terkait dengan nama di sertifikat. Terkadang ada peserta pelatihan yang mendapatkan sertifikat dengan nama yang keliru. Ingat, bahwa sertifikat pelatihan akan diterbitkan langsung oleh Lembaga Pelatihan. Jadi bila ada kekeliruan dalam penulisan nama, hubungi langsung Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut. 

Dan terkait masalah nama ini, satu hal yang mesti diingat adalah bahwa Anda harus menggunakan nama asli di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan. Hal itu dilakukan agar nama di sertifikat sama dengan nama asli Anda. Jadi, jangan coba-coba menggunakan nama samaran, alias, atau nama-nama alay di akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan yang akan Anda ikuti karena itu akan dikutip menjadi nama Anda di sertifikat. 

Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Menyelesaikan Pelatihan Prakerja

Setelah mengetahui cara mengikuti pelatihan prakerja dan menerapkannya, lalu bagaimana langkah selanjutnya? Apa yang harus Anda lakukan setelah pelatihan tuntas dan Anda sudah mendapatkan sertifikat? Well, Anda wajib segera mengisi ulasan dan rating pelatihan tersebut di dashboard akun Kartu Prakerja Anda. 

Pastikan untuk memberikan rating dan ulasan dengan jujur sesuai dengan pengalaman yang Anda alami selama pelatihan. Bagaimana caranya? Berikut tahapannya!

  • Cek menu “Pelatihan Saya” di dashboard akun Prakerja
  • Pastikan tombol “Tulis Ulasan” disana sudah aktif dan berwarna biru. Jika belum, tunggu saja sampai aktif
  • Tekan tombol yang dimaksud
  • Dalam kotak “Beri rating dan ulasan”, pilih bintang untuk mengisi rating pelatihan yang sudah Anda selesaikan. 
  • Sesuaikan jumlah bintang yang Anda pilih dengan tingkat kepuasan Anda selama mengikuti pelatihan. Jumlah bintangnya dari satu hingga lima.
  • Tulis ulasan Anda dengan jujur pada kotak “Beri ulasan untuk pelatihan ini”. Tujuan ulasan tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang Anda ambil ke depannya. Hal itu juga bisa menjadi bahan evaluasi bagi lembaga pelatihan tempat Anda mengikuti pelatihan 
  • Setelah memilih bintang yang menunjukkan kualitas rating pelatihan beserta ulasannya, sekarang simpan rating dan ulasan tersebut dengan menekan tombol “Kirim Ulasan” yang berwarna biru 
  • Anda pun sudah selesai memberikan rating dan ulasan seperti yang ditentukan oleh Prakerja. Bila saldo pelatihan Anda masih mencukupi untuk membeli pelatihan yang lain, sekarang Anda bisa membeli dan mengikuti pelatihan lainnya

Sebagai informasi, tujuan pemberian ulasan rating ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelatihan yang Anda ambil ke depannya. Selain itu, Anda juga dapat membantu penerima program Kartu Prakerja lainnya untuk menentukan pelatihan yang akan mereka ambil sesuai minat. Dan bagi lembaga pelatihan yang bersangkutan, ulasan dan rating tersebut juga bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kuaiitas pelatihan mereka ke depannya.

Demikian informasi seputar apa itu pelatihan prakerja, bagaimana cara membeli pelatihan prakerja, hingga cara mengikuti pelatihan prakerja serta hal-hal apa saja yang wajib Anda lakukan setelah menyelesaikan pelatihan di program Prakerja. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download