Cara Melamar Kerja di Indomaret, Online dan Offline

01 May 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Mungkin hampir semua orang di Indonesia tahu tentang jaringan waralaba ritel yang satu ini. Merupakan anak perusahaan Salim Group yang disponsori oleh PT Indomarco Primatama, Grup Indomaret sekarang ini telah memiliki lebih dari 170.000 karyawan di seluruh Indonesia. Ini cara melamar kerja di Indomaret

Dengan karyawan sebanyak itu, ternyata Indomaret memiliki banyak departemen didalamnya. Totalnya ada 22 departemen yang biasanya membuka lowongan kerja mereka secara bersama-sama. 

Baca juga: Mau Bonus Saldo dari Kredit Pintar dan MotionBanking? 

Tentunya dengan jumlah departemen yang lumayan banyak itu, ada banyak lowongan kerja yang bisa Anda coba di Indomaret. Kali ini Kredit Pintar akan mencoba berbagi tips tentang bagaimana cara melamar kerja di Indomaret agar Anda berhasil diterima bekerja di sana.

Penasaran apa sajakah tips yang dimaksud? Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Syarat-syarat Melamar Kerja di Indomaret

Ada banyak cara melamar kerja di Indomaret. Bisa dengan melamar langsung ke kantornya atau bisa juga dengan cara online. Umumnya ada banyak portal lowongan kerja di internet yang memberikan informasi terkini mengenai lowongan kerja di Indomaret. 

Dan seperti halnya melamar kerja di kantor atau perusahaan lain, Anda juga perlu menyiapkan beberapa berkas atau dokumen lamaran kerja. Beberapa dokumen lamaran kerja yang perlu dipersiapkan adalah sebagai berikut.

  • Resume atau Curiculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup 
  • Scan ijazah terakhir 
  • Transkrip pendidikan terakhir
  • Sertifikat pengalaman kerja (jika ada)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau SIM
  • Scan atau file foto berwarna Anda ukuran 4 × 6 cm

Sebagai informasi, apabila Anda memilih untuk melamar kerja secara online, maka resume atau CV atau daftar riwayat hidup harus dibuat dalam bentuk PDF terlebih dahulu. Dokumen tersebut nantinya akan diunggah saat Anda mengisi formulir ketika proses lamaran kerja berlangsung. Dan ingat, pastikan juga bahwa keseluruhan file Anda tidak melebihi ukuran maksimal 4MB.

Selain mempersiapkan berkas-berkas atau dokumen penting seperti yang diungkapkan di atas, syarat lain yang juga mesti Anda perhatikan adalah persyaratan lain pada pengumuman lowongan kerja misalnya saja apa pengalaman kerja yang diprioritaskan, batasan usia, bahkan nilai IPK minimal yang diperbolehkan. 

Jenis Jenjang Pekerjaan di Indomaret

Sebelum mengetahui cara melamar kerja di Indomaret baik itu online maupun offline, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis jenjang lowongan pekerjaan yang ada di Indomaret. Penasaran apa sajakah jenis jenjang yang dimaksud? Berikut paparan lengkapnya!

1. Internship 

Jenjang internship atau magang di Indomaret biasanya dibuka untuk mahasiswa minimal Semester 5. Dengan mengikuti program ini, peluang Anda untuk diangkat menjadi karyawan tetap terbuka lebar, apalagi jika kinerja Anda selama program tersebut baik. 

Apa saja syarat-syarat magang di Indomaret? Yuk, simak berikut ini!

  • Masih berstatus sebagai mahasiswa D4 atau S1
  • Memiliki IPK minimal 3,0
  • Minimal sudah Semester 5 ke atas
  • Penempatan di Jakarta (atau sesuai dengan apa yang diumumkan di website resminya)
  • Jadwal kerja dimulai dari hari Senin hingga Jumat selama delapan jam

Nah, setelah mengetahui apa syarat-syaratnya, sekarang Anda juga perlu mengetahui bidang pekerjaan apa saja yang diperuntukkan bagi program magang. Bidang-bidang yang dimaksud antara lain:

  • Komunikasi
  • Psikologi
  • Design Animation
  • IT-Software Developer
  • IT-Database Administrator
  • IT-Support & Controlling

2. Management Development Program (MDP)

Jika Anda ingin menjadi seorang manajer dalam grup Indomart, maka program ini dirancang untuk Anda. Syarat-syarat pentingnya adalah IPK yang Anda miliki harus minimal 3,00 dan berusia maksimal 25 tahun untuk D4/S1 atau maksimal 27 tahun untuk lulusan S2. Posisi yang ditawarkan dalam program MDP adalah sebagai Analis Bisnis, Procurement, General Affair, serta Education and Training Development. 

3. Profesional

Pengen mendapatkan kerja di jenjang yang lebih profesional di Indomaret? Bisa banget! Ada bermacam pekerjaan yang ditawarkan untuk jenis jenjang yang satu ini yaitu sebagai Java Programmer, iOS Developer, UX Writer, Quality Assurance Manager, Project Manager Office, serta dalam bidang Research and Development. 

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa melamar pekerjaan tersebut di atas adalah maksimal berusia 35 tahun serta sudah memiliki pengalaman kerja lebih dari dua tahun lamanya. 

Baca juga: 4 Tips Interview Kerja agar Tembus Proses Lamaran

4. Staf

Syarat pendidikan bagi Anda yang ingin menjadi staf di Indomaret adalah SMA/SMK/MA, D1, D2, dan D3 dari semua jurusan. Bila mendapat jabatan ini, Anda berkesempatan untuk bekerja tetap di Departemen Unit Bisnis Indomaret Group. Pekerjaan-pekerjaan yang tersedia untuk jenis staf adalah Admin, Mekanik, Driver, Helper, dan Teknisi.

5. Supervisor Trainee Program (STP)

Baru lulus kuliah namun pengen kerja di level Supervisor (SPV) hanya dalam rentang waktu satu tahun? Well, program STP ini cocok untuk Anda. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah IPK minimal 2,50, batas usia maksimal 27 tahun, serta minimal mengambil jenjang D3 untuk jurusan mesin, teknik sipil, dan listrik. 

Jika pendidikan terakhir Anda adalah jenjang D4 dan S1 maka jenjang pekerjaan ini terbuka untuk semua jurusan. Adapun jenis-jenis pekerjaan yang diperuntukkan dalam program ini adalah meliputi HRD Recruitment, Development, ACL Maintenance, dan Building Maintenance.

Cara Melamar Kerja di Indomaret Secara Online 

Setelah mengetahui apa saja jenis jenjang pekerjaan yang bisa dilamar di Indomaret, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara mendaftar dan melamar kerja di Indomaret. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu cara melamar kerja di Indomaret adalah dengan cara online. 

Beberapa dokumen yang wajib dipersiapkan adalah scan ijazah terakhir dan transkrip nilai, scan SKCK terbaru dan yang masih berlaku, scan eKTP Anda, serta pas foto. Disarankan untuk masing-masing dokumen (kecuali pas foto) agar dibuat dalam bentuk atau format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 200kb. Sementara itu, untuk pas foto ketentuannya sama dengan yang telah disebutkan sebelumnya yakni berdimensi 4 × 6 cm. 

Penasaran bagaimana langkah-langkah pendaftarannya secara lebih lengkap? Berikut urutannya!

  • Langkah pertama adalah kunjungi laman resmi Indomaret bagian karir yakni di https://indomaret.co.id/karir/
  • Pada laman website yang terbuka, Anda akan bisa melihat beberapa lowongan pekerjaan yang tersedia di berbagai lokasi Indomaret
  • Pada menu tersebut, klik tombol “Daftar Lowongan Kerja”
  • Pada layar akan tertera jenis jenjang pekerjaan yang terbuka untuk Anda. Mulai dari program Internship, Staff, Management Development Program, Professional hingga program Supervisor Management Trainee
  • Pilih salah satu diantara program tersebut dan sesuaikan dengan kompetensi yang Anda miliki
  • Selanjutnya pilih di daerah mana domisili Anda dengan memilih “Domisili”
  • Layar akan menampilkan beberapa macam pekerjaan sesuai dengan jenjang yang tadi Anda pilih
  • Bila sudah yakin, klik menu “Apply” pada pekerjaan yang Anda inginkan
  • Lalu tahap berikutnya adalah mengisi data diri Anda dengan benar pada form lamaran kerja yang tersedia
  • Data diri yang harus dilengkapi adalah nomor KTP, nama lengkap, jenis kelamin, nomor telepon atau handphone yang bisa dihubungi, alamat email, tanggal lahir, berat dan tinggi badan, hingga alamat domisili
  • Setelah selesai mengisi semua data dengan benar, kini klik tombol “Kirim Lamaran” atau Submit untuk menyelesaikan proses lamaran Anda

Namun terkadang ketika melamar kerja di Indomaret melalui form online seperti di atas tidak bisa lebih cepat ditanggapi oleh pihak Indomaret. Maka ada baiknya Anda bisa mencoba cara kedua yakni dengan mengirim berkas secara offline. 

Baca juga: Cara Daftar STR Online yang Mudah dan Wajib Kamu Ketahui

Cara Melamar Kerja di Indomaret Secara Offline

Cara melamar kerja di Indomaret yang kedua yang bisa Anda coba adalah secara offline yakni mengirimkan atau membawanya langsung ke kantor Indomaret. Beberapa berkas lamaran yang harus dipersiapkan untuk melamar kerja secara offline seperti ini diantaranya adalah surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup atau CV terbaru, fotokopi ijazah terakhir beserta transkrip nilai, fotokopi KTP atau SIM, fotokopi SKCK terbaru serta yang masih berlaku, juga pas foto terbaru ukuran 4 × 6 cm. 

Jika misalnya Anda memiliki surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya, maka sertakan bersama berkas lainnya. Namun bila masih lulusan baru dan belum memiliki surat keterangan kerja sama sekali, Anda tidak perlu melampirkannya. Selain itu, hal paling penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan begitu saja adalah syarat tambahan untuk setiap posisi pekerjaan dan jenjang yang biasanya berbeda-beda. Jadi sebelum mengirimkan seluruh berkas lamaran harap pastikan bahwa syarat tambahan untuk posisi pekerjaan yang Anda lamar juga sudah terpenuhi. 

Nah, setelah menyiapkan semua berkas dengan lengkap, siapkan amplop lamaran (biasanya amplop berwarna cokelat) dan cantumkan alamat tujuan pengiriman lamaran kerja sesuai dengan yang tertera pada pengumuman lowongan kerja.Demikian informasi lengkap mengenai bagaimana cara melamar kerja di Indomaret dan beberapa informasi terkait lainnya. Tertarik untuk bekerja di perusahaan waralaba ritel terbesar di Indonesia ini? Siapkan berkas lamaran Anda sekarang juga!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download