4 Tips Interview Kerja Agar Tembus Proses Lamaran

4 Tips Interview Kerja Agar Tembus Proses Lamaran

03 Jun 2021 by kreditpintar
4 Tips Interview Kerja Agar Tembus Proses Lamaran

Banyak tips interview kerja yang perlu Anda ketahui untuk menghadapi tahap interview. Anda dapat menyiasatinya dengan mempersiapkan jawaban yang sekiranya akan ditanyakan oleh HRD. Pertanyaan yang akan muncul pada umumnya bersifat template dan kerap kali muncul secara berulang di proses interview setiap perusahaan. Dengan begitu, Anda dapat mempersiapkan jawaban yang akan membuat HRD meloloskan Anda.

Untuk bisa mempersiapkan jawaban, Anda perlu cari tahu terlebih dahulu pertanyaan seperti apa yang sekiranya akan muncul. Di bawah ini akan kami beri penjabaran mengenai pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul pada proses interview beserta cara menjawabnya.

1. Ceritakan Tentang Dirimu

tips interview

Pertanyaan jenis ini biasanya muncul di awal interview, Anda harus menjawabnya dengan percaya diri. Jawaban dari pertanyaan sejenis ini biasa digunakan untuk melakukan penilaian terhadap pola pikir, kepribadian, serta karakter seseorang. HRD juga akan menilai cara Anda melihat diri sendiri.

Anda dapat mengucap salam terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa grogi saat hendak menjawab. Usahakan jangan bertele-tele, jawablah secara singkat dan lugas. Bagian ini juga dapat menjadi kesempatan untuk menceritakan ke HRD tentang pencapaian yang telah Anda raih.

Jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya, Anda dapat menceritakannya. Sertai dengan penjelasan tentang apa tugas Anda pada pekerjaan sebelumnya serta pencapaian yang Anda raih.

2. Apa yang Menarik Minat Anda Untuk Bekerja di Perusahaan Kami?

Seorang HRD perlu mengetahui motivasi dari setiap pelamar. Sebab setiap perusahaan memiliki visi dan misi masing-masing, HRD harus menyelaraskan hal tersebut dengan motivasi calon karyawan perusahaan.

Tips interview kerja yang akan kami berikan untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan tidak memperlihatkan ke HRD bahwa motivasi bekerja Anda di perusahaan terkait didorong oleh nominal gaji yang tinggi. Anda juga harus menghindari jawaban-jawaban yang mengaitkan motivasi Anda dengan ketidaknyamanan bekerja di tempat sebelumnya, sebab hal itu akan mencerminkan loyalitas Anda.

Sebaiknya, berilah jawaban yang berupa pembuktian bahwa latar belakang dan kemampuan yang Anda miliki relevan dengan yang dibutuhkan perusahaan. Anda dapat menjawab dengan latar belakang pendidikan Anda maupun pengalaman kerja yang dimiliki.

3. Apa yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Kami?

Tips interview kerja selanjutnya sekaligus menyatakan tentang pentingnya riset mengenai perusahaan sebelum memenuhi panggilan interview. Anda dapat mencari tahu profil resmi perusahaan untuk mengetahuinya. Cari tahu visi dan misi perusahaan, bila perlu cari tahu sejarah perusahaan.

Pengetahuan yang baik tentang perusahaan tempat Anda melamar akan mencerminkan effort Anda di mata HRD. Zero knowledge mengenai profil perusahaan merupakan kesalahan fatal para pelamar, untuk itu persiapkan diri Anda sebaik mungkin.

4. Kelebihan dan Kekurangan Anda

Menjawab seputar kelebihan diri seringkali memperlihatkan arogansi para pelamar. Sebaiknya Anda tidak terlihat pamer di depan HRD. Anda harus berusaha membuat HRD nyaman dan menilai Anda sebagai orang yang rendah hati. Untuk menjawab bagian ini, Anda juga dapat mengaitkannya dengan posisi yang Anda lamar.

Sedangkan untuk menjawab seputar kekurangan merupakan jebakan yang bisa memperlihatkan Anda sebagai orang yang tidak kompeten. Cara menyiasatinya ialah dengan mengaitkan kekurangan Anda dengan hal lain, contohnya adalah dengan mengakui bahwa Anda terkadang suka menunda pekerjaan karena Anda merupakan orang yang perfeksionis.

Jawaban tersebut akan menyiratkan bahwa Anda menginginkan output yang sempurna dalam mengerjakan sesuatu.

Suatu hari Anda pasti akan bersinggungan langsung dengan pertanyaan terkait empat tips interview kerja di atas. Anda dapat mempelajarinya untuk mempersiapkan diri Anda saat proses interview.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk