Ini Syarat Beasiswa LPDP 2021 Program Reguler

15 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 20 Dec 2021

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan lembaga yang beroperasi di bawah Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pembiayaan studi lanjut. Banyak yang mencari informasi syarat beasiswa LPDP karena lembaga ini menawarkan pembiayaan pendidikan hingga ke luar negeri.

Ini Syarat Beasiswa LPDP 2021 Program Reguler

LPDP berkomitmen untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan memiliki jiwa kepemimpinan. Hal ini dapat diraih dengan penyediaan pembiayaan pendidikan program Master dan Doktoral di Perguruan Tinggi unggulan yang memenuhi kualifikasi LPDP.

Tema Prioritas Keilmuan LPDP

Sebelum membahas syarat pendaftaran, berikut ini daftar sasaran keilmuan LPDP yang perlu diketahui oleh calon peserta didik:

  1. Perikanan
  2. Pertanian
  3. Kemaritiman
  4. Ketahanan energi
  5. Ketahanan pangan
  6. Industri kreatif
  7. Teknologi transportasi
  8. Teknologi pertahanan dan keamanan
  9. Teknologi informasi dan komunikasi
  10. Teknologi kedokteran dan kesehatan
  11. Manajemen pendidikan
  12. Keperawatan
  13. Lingkungan hidup
  14. Keterampilan
  15. Keagamaan
  16. Budaya/bahasa
  17. Ekonomi syariah
  18. Hukum bisnis internasional

Syarat Beasiswa LPDP

Adapun persyaratan pelamar LPDP dibagi menjadi persyaratan umum dan persyaratan khusus, sebagai berikut:

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
    b. Sudah menyelesaikan studi program S1 atau S2 dari:

    1) Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), atau
    2) Perguruan Tinggi kedinasan dalam negeri, atau
    3) Perguruan Tinggi di luar Indonesia yang terdaftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

    c. Memiliki karakter profesionalisme, kepemimpinan, patriotisme, nasionalisme, integritas, kemandirian, kepercayaan diri, kegigihan, kematangan mengelola emosi, dan mampu beradaptasi;
    d. Berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan / inovasi / keilmuan / budaya / kreasi;
    e. Mau menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pelamar:

    1) Bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai masa studi;
    2) Tidak sedang atau akan menerima beasiswa lain;
    3) Tidak terlibat dalam aktivitas melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
    4) Tidak pernah dan berkomitmen untuk tidak akan terlibat dalam aktivitas yang melanggar kode etik akademis;
    5) Berkomitmen untuk mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia;
    6) Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang telah ditetapkan LPDP;
    7) Menyampaikan data dan dokumen yang benar, serta bersedia menerima sanksi sesuai hukum yang berlaku apabila di kemudian hari terbukti memberikan data dan dokumen yang tidak benar

    f. Mendapat izin dari atasan bagi yang masih berstatus sebagai karyawan;
    g. Mendapat rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum atau tidak sedang bekerja;

h. Surat keterangan sehat dan bebas narkoba (untuk semua pelamar) dan surat keterangan bebas TBC dari dokter Rumah Sakit Pemerintah (untuk pelamar tujuan ke luar negeri);
i. Memiliki dan memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang sasaran LPDP;
j. Memilih jurusan atau program studi dan universitas sesuai dengan list LPDP;
k. Menulis essay (500-700 kata) bertema: “Kontribusiku Bagi Indonesia: kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”;
l. Pendaftar dinyatakan gugur dan tidak diperbolehkan mendaftar LPDP lagi jika ditemukan pemalsuan dokumen atau data

m. Membawa Surat Kelakuan Baik atau SKCK saat seleksi wawancara;

Persyaratan Khusus

Selain menyangkut hal-hal umum, ada juga syarat beasiswa LPDP khusus yang berbeda bagi pelamar beasiswa program Magister dan Doktor. Berikut ini penjelasannya.

  1. Pelamar beasiswa program Magister

1) Pelamar berusia maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 31 Desember di tahun pendaftaran,
2) Sudah menyelesaikan studi program sarjana, pelamar yang pernah menyelesaikan studi magister (dalam dan luar negeri) tidak diperbolehkan mendaftar.
3) Sudah mengantongi dokumen Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan yang ada di dalam daftar LPDP.
4) Jika tidak memiliki LoA Unconditional (a.3), pendaftar wajib memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00 (skala 4) dan dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku:
a) Untuk pelamar program Magister di dalam negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 500 atau IELTS™ 6,0/TOEIC® 600 atau iBT® 61.
b) Untuk pelamar program Magister di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550 atau IELTS™ 6,5/TOEIC® 750 atau TOEFL iBT® 79.
c) Butir a) dan b) dikecualikan bagi pelamar yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh PBB. Duplikat ijazah digunakan sebagai dokumen pengganti TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak diterbitkan.
d) Untuk studi Magister luar negeri dengan bahasa pengantar akademik non-bahasa Inggris, dapat menyesuaikan dengan syarat kemampuan bahasa yang berlaku.

5) Jadwal perkuliahan dimulai paling cepat 6 (enam) bulan setelah penutupan pendaftaran.
6) Mampu menyelesaikan studi program magister sesuai masa studi, yakni maksimal 2 (dua) tahun,
7) Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada),
8) Menuliskan rencana pembelajaran sesuai program studi di universitas tujuan.

Sedangkan syarat beasiswa LPDP khusus untuk pelamar studi Doktor tidak jauh berbeda dengan syarat program Magister. Ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Pelamar beasiswa program Doktor

1) Pelamar berusia maksimal 40 (empat puluh) tahun pada tanggal 31 Desember di tahun pendaftaran,;
2) Sudah menyelesaikan studi program magister atau magister terapan;
3) Sudah mengantongi Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi yang ada di dalam daftar LPDP.
4) Jika tidak memiliki LoA Unconditional (b.3), pendaftar wajib memiiki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,25 (skala 4), atau IPK ekuivalen dalam skala lain, dan memiliki dokumen resmi bukti penguasaan bahasa Inggris yang diterbikan oleh ETS (www.ets.org) atau IELTS (www.ielts.org) yang masih berlaku:

a) Untuk pelamar program Doktoral di dalam negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 500 atau IELTS™ 6,0 atau TOEIC® 600 atau iBT® 61.
b) Untuk pelamar program Doktoral di luar negeri, skor minimal: TOEFL ITP® 550 atau IELTS™ 6,5 atau TOEIC® 750 atau TOEFL iBT® 79.
c) Butir a) dan b) dikecualikan bagi pelamar yang menyelesaikan pendidikan tinggi yang menggunakan bahasa pengantar akademik bahasa Inggris atau bahasa internasional yang diakui oleh PBB. Duplikat ijazah digunakan sebagai dokumen pengganti TOEFL, dengan masa berlaku 2 (dua) tahun sejak diterbitkan.
d) Untuk program Doktor di luar negeri dengan bahasa pengantar akademik non-bahasa Inggris, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan bahasa yang berlaku.
e) Jadwal dimulainya perkuliahan paling cepat 6 (enam) bulan setelah penutupan pendaftaran.

5) Mampu menyelesaikan studi doktoral sesuai masa studi, yaitu maksimal 4 (empat) tahun;
6) Memiliki dokumen resmi TPA/GRE/GMAT/LSAT (jika ada);
7) Menulis ringkasan proposal penelitian sesuai program studi doktoral pada perguruan tinggi tujuan;

Itulah penjelasan singkat mengenai syarat beasiswa LPDP umum dan khusus bagi pelamar yang ingin melanjutkan studi Magister dan Doktor. Program LPDP sukses mencetak lulusan-lulusan terbaik sejak 2012 yang tentunya bermanfaat bagi kemajuan bangsa. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload