SPBU Terdekat: Cara Mencari dan Tips Mengisi Bensin

15 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Menikmati perjalanan sore bersama orang terkasih memang terasa menyenangkan dan romantis. Tapi, jangan lupa untuk mengecek apakah bensin kendaraan Sobat Pintar sudah tercukupi. Jika sudah menipis, Sobat Pintar pasti mencari-cari  SPBU terdekat dengan lokasi kalian, bukan?

Beruntungnya, sekarang teknologi dan dunia digital sudah semakin canggih. Jadi, Sobat Pintar bisa menemukan  SPBU terdekat dari lokasi kalian dengan mudah. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak panduan menemukan SPBU berikut ini:

Baca juga: Vespa Matic Bikin Siapapun Melirik, Apa Aja Fiturnya?

Cara Mencari SPBU Terdekat

Sobat Pintar dapat menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini untuk menemukan  SPBU terdekat dari lokasi kalian saat ini.

1. Tanya Google Maps

Sumber: Unsplash / Alt Text: Menemukan SPBU Terdekat dengan Google Maps

Ini merupakan cara yang paling umum dan paling sering dilakukan oleh semua orang. Sobat Pintar dapat menuliskan “SPBU” atau nama perusahaan SPBU tersebut di aplikasi Google Maps.

Dalam beberapa detik, Sobat Pintar akan menemukan berbagai macam pilihan SPBU berada di dekat kalian. Keunggulan menggunakan aplikasi ini, Sobat Pintar bisa meminta bantuan arahan dari aplikasi tersebut. Jadi, kalian tidak perlu khawatir nyasar saat mencari SPBU.

2. My Pertamina

Sumber: Tribun News / Alt Text: Mencari SPBU Terdekat dengan My Pertamina

Kemajuan dunia digital dan teknologi membuat banyak perusahaan-perusahaan besar mulai melakukan inovasi kekinian. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan digital adalah Pertamina.

Pertamina membuat sebuah aplikasi yang bernama “My Pertamina” yang dapat diunduh di Google Play Store. Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat menemukan lokasi pom bensin Pertamina yang berada di dekat penggunanya.

Untuk menemukan SPBU, Sobat Pintar harus mengaktifkan fitur GPS dalam aplikasi tersebut. Hal ini harus dilakukan supaya aplikasi dapat mengetahui lokasi kalian sehingga rekomendasi pom bensin terdekat sesuai dengan lokasi Sobat Pintar.

3. Shell Motorist

Sumber: Buka Review / Alt Text Menemukan SPBU Terdekat dengan Shell Motorist

Sama seperti Pertamina, pom bensin Shell juga memiliki aplikasi yang bernama Shell Motorist. Fungsi aplikasi ini kurang lebih sama seperti aplikasi Pasti Pas, pengguna dapat menemukan SPBU Shell terdekat dari lokasi mereka.

Namun sayangnya, aplikasi ini masih belum bisa digunakan di Indonesia. Jadi, jika Sobat Pintar sering bepergian ke luar negeri, kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk menemukan SPBU Shell terdekat.

4. Aplikasi Pom Bensin Terdekat

Sumber: Google Play Store / Alt Text: Aplikasi Pom Bensin Terdekat Untuk mencari SPBU Terdekat

Selanjutnya, Sobat Pintar juga bisa mengunduh aplikasi Pom Bensin Terdekat secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini dikembangkan oleh developer Gamodev.

Fitur dan tampilan utama aplikasi ini terlihat sangat mirip seperti aplikasi peta lainnya. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah memberitahu pengguna pom bensin terdekat di lokasi mereka.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, Sobat Pintar hanya perlu mengaktifkan fitur GPS dalam aplikasi ini. Dengan begitu, aplikasi dapat mendeteksi keberadaan Sobat Pintar dan mencari pom bensin terdekat di area kalian.

Tips Mengisi Bensin di SPBU

Setelah mengetahui cara mencari SPBU terdekat, kali ini Kredit Pintar akan membagikan tips mengisi bensin di SPBU. 

1. Letak Tangki Kendaraan

Sumber: CNN Indonesia / Alt Text: Letak Tangki Bensin

Setiap kendaraan memiliki letak tangki bensin yang berbeda-beda. Setiap merek, jenis, dan tipe mobil pasti memiliki letak yang berbeda.

Salah satu cara mengetahui letak posisi bensin adalah dengan melihat tanda ikon bensin yang ada dalam dashboard mobil kalian. Jika corong bensin tersebut mengarah ke kanan, maka letak posisi tangki bensin berada di posisi kanan mobil.

Jika posisi corong bensin berada di posisi kiri, maka letak tangki bensin berada di posisi kiri mobil kalian. Jadi, jika kalian lupa atau sedang mengendarai mobil sewa atau baru, kalian bisa mengetahui letak tangki bensin dengan cara seperti ini.

Baca juga: Kenapa Kamu Harus Beli Alphard? Simak Alasannya

2. Jenis Bensin atau Bahan Bakar

Sumber: Unsplash / Alt Text: mengetahui Jenis Bahan Bakar Kendaraan

Saat sudah berada di SPBU, selain memilih posisi yang sesuai dengan tangki bensin mobil kalian, pastikan juga bahwa kalian sedang berada di jalur bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan kalian.

Mengantri lama di jalur yang salah sangat menjengkelkan. Bisa jadi Sobat Pintar mengantri di jalur bensin yang lebih mahal atau yang lebih murah. Namun, masalah harga bukanlah perkara besar.

Setiap mobil memiliki bahan bakar khusus, jadi ketika Sobat Pintar mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan mesinnya akan mempengaruhi mesin mobil. Dengan begitu, performa mobil Sobat Pintar akan terpengaruh secara sepenuhnya.

3. Mematikan Mesin Kendaraan

Sumber: Unsplash / Alt Text: Mematikan Mesin Kendaraan

Masih banyak masyarakat Indonesia yang menyalakan mesin kendaraan mereka saat mengisi bensin. Padahal, mematikan mesin merupakan peringatan umum yang sering kita temui di SPBU.

Salah satu penyebab masyarakat tidak mematikan mesin kendaraan adalah karena malas. Mereka malas hanya mematikan mesin untuk beberapa menit saja. Padahal, saat mengisi bensin dalam keadaan menyala, aliran listrik statis bisa memicu arus di dekat corong atau selang bensin menjadi tidak stabil.

Jika kebiasaan ini masih dipelihara, kemungkinan terjadinya kebakaran di SPBU karena percikan api yang menyambar semakin lebih tinggi.

4. Kapasitas Tangki Bensin

Sumber: Unsplash /Alt Text: Kapasitas Tangki Bensin

Tips mengisi bensin selanjutnya adalah mengetahui kapasitas tangki bensin kendaraan Sobat Pintar. Ini menjadi salah satu hal yang harus kalian waspadai untuk mencegah kecurangan pengisian bensin di pom bensin.

Mungkin SPBU di kota besar tidak melakukan perilaku yang tidak baik. Namun jika Sobat Pintar sedang berada di luar kota atau di pelosok desa, kemungkinan terjadinya kecurangan bisa terjadi kapan saja.

Jika Sobat Pintar sudah terbiasa mengisi bensin sendiri, biasanya kalian pasti mengetahui volume bensin yang bertambah saat mengisi bensin. Dengan memantau volume tangki bensin, Sobat Pintar bisa mengetahui kapasitas bensin yang diisi tidak sesuai dengan nominal yang akan kalian bayarkan.

5. Laju Meteran

Sumber: Unsplash / Alt Text: Memantau Laju Meteran SPBU

Tips mengisi bensin yang terakhir adalah memperhatikan laju meteran tangki bensin. Maksudnya, Sobat Pintar tidak dapat bergantung pada indikator meteran bensin kendaraan saja. Kalian juga harus memperhatikan angka awal dispenser SPBU berawal dari nol.

Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika Sobat Pintar mengisi bensin untuk berkendara jarak jauh, tentunya kecurangan ini akan merugikan waktu dan materi kalian.

Baca juga: Berencana Beli Mobil? Baca Dulu Tipsnya di Sini

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download