3 Tips Membeli Mobil Anti-Gagal Yang Wajib Diketahui

23 Jul 2021 by Laruan

Bosan dengan motor yang sudah terlalu mainstream? Ingin membeli mobil, tapi takut gagal dalam segala sisi dan sudutnya? Dengan membaca artikel mengenai tips membeli mobil anti-gagal ini, Sobat Pintar berada di jalur yang tepat!

Artikel ini akan memberikanmu 3 poin cara beli kendaraan roda 4. Ketiganya penting untuk Sobat Pintar pertimbangkan. Harapan kami, Sobat Pintar tidak merasa gagal atau menyesal dalam membeli mobil, dan Sobat Pintar pun akan merasa bangga dengan mobilmu!

Tips Membeli Mobil Anti-Gagal Yang Wajib Diketahui

Jadi, yuk, simak saja 3 poin tips membeli mobil berikut ini agar Sobat Pintar dapat memiliki sistem “anti-gagal” dalam membeli mobil:

  1. Miliki Kelengkapan Dokumen Yang Ada

Memiliki mobil bukan sekadar batu loncatan ke arah perubahan hidup yang berbeda. Sobat Pintar juga harus memenuhi persyaratan dokumen untuk memiliki dan mulai menaiki mobilmu.

Banyak orang yang beranggapan, Sobat Pintar harus memiliki KTP sesuai dengan tempat di mana Sobat Pintar membeli mobilmu. Lagipula, KTP dibutuhkan dalam setiap hal yang berkaitan maupun tidak berkaitan dengan mobil, misalnya dalam mengurus STNK, SIM, dan lain-lain.

Kenyataannya, hal ini tergantung dari kepemilikan KTP-mu, bukan lokasi mobilmu. Bahkan suatu hari nanti, bukan tidak mungkin jika ketika Sobat Pintar membeli mobil yang lokasinya di luar Indonesia, Sobat Pintar akan mampu menggunakan KTP yang Sobat Pintar miliki.

Hanya saja, ketika Sobat Pintar membeli mobil impor, Sobat Pintar membutuhkan pengisian Form A. Ini adalah surat keterangan bahwa Sobat Pintar membeli mobil yang bea masuk dan pajaknya sudah lunas. 

Namun, Sobat Pintar tetap membutuhkan sejumlah dokumen lain. Misalnya, Sobat Pintar membutuhkan Lembar Pajak untuk melihat jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan. Sobat Pintar juga membutuhkan STNK, SIM, dan BPKB untuk menandakan kepemilikan kendaraanmu.

Sobat Pintar juga membutuhkan Faktur dan Kuitansi Kosong untuk mobilmu. Faktur adalah bukti Sobat Pintar membeli mobil tersebut. Sementara itu, Kwitansi Kosong dengan materai dan tanda tanganmu sebagai pemilik Sobat Pintar butuhkan jika sewaktu-waktu Sobat Pintar hendak mempermudah proses balik nama.

  1. Kuasai Segala Sesuatu Tentang Jenis Mobil Incaranmu

Ada banyak macam mobil yang dapat Sobat Pintar pilih. Pilihan yang ada mulai dari sedan sebagai jenis mobil yang paling banyak dipilih hingga mobil sport dan SUV yang memberikan tampilan mewah dan elegan seperti gambar artikel cara beli kendaraan roda 4 ini.

Pada dasarnya, apa pun jenis mobil yang Sobat Pintar pilih, entah itu sport, SUV, konvertibel, sedan, atau apa pun, ada dua jenis mobil yang mendasar. Jenis pertama adalah mobil yang bahan bakarnya bensin, yang kedua adalah mobil elektrik atau mobil listrik.

Mobil berbahan bakar bensin mudah ditemukan di mana-mana. Pengisian bahan bakarnya pun mudah ditemukan, mengingat kebanyakan orang familiar dengan mobil berbahan bakar bensin.

Sementara itu, mobil listrik perlu pengisian daya baterai seperti alat elektronik lainnya. Selain itu, beberapa mobil listrik juga merupakan mobil pintar. Tidak hanya dapat terhubung dengan Wifi dan berbagai macam hiburan dalam mobil lainnya, ada juga mobil pintar yang dapat berbicara.

Apapun jenis mobil yang Sobat Pintar pilih, penting untuk menguasai segala sesuatu tentang spesifikasi yang dimilikinya. Spesifikasi ini meliputi desain dan kinerja mobil serta bagaimana setiap fitur yang dimiliki mobil dapat mendukung mobil untuk berfungsi sesuai dengan performa maksimalnya.

Cara paling ampuh yang dapat Sobat Pintar tempuh untuk mengetahui apakah mobil incaranmu sesuai denganmu adalah lewat test drive. Test drive biasanya dilakukan di tempat di mana mobil incaranmu dipasarkan. 

Sobat Pintar dapat melakukan test drive di pameran mobil atau di tempat-tempat (booth) tertentu di mal dan pusat perbelanjaan. Jangan lupa untuk meminta brosur mobil untuk mencocokkan dengan spesifikasi dan harga serta cara pembayaran masing-masing mobil yang Sobat Pintar incar.

Jika keluar rumah terdengar menakutkan bagimu di saat pandemi ini, beberapa merek mobil mengadakan test drive secara virtual. Sobat Pintar dapat menggunakan ini. Pastikan Sobat Pintar juga mengecek pada situs resmi maupun ulasan pelanggan untuk mencocokkannya dengan spesifikasi, harga, dan cara pembayaran yang diterima untuk jenis mobil incaranmu.

Nah, sekarang, Sobat Pintar sudah puas dengan spesifikasi dan hasil test drive yang Sobat Pintar lakukan, baik itu secara tatap muka maupun virtual. Sobat Pintar pun sudah memiliki dokumen yang Sobat Pintar butuhkan untuk memiliki dan menaiki mobil incaranmu.

Jadi, ini mengantarkanmu pada poin berikutnya dari tips membeli mobil, yaitu tentang harga dan cara pembayaran. Simak poin ketiga dari tips membeli mobil ini, karena poin ketiga ini yang paling penting diantara semuanya.

  1. Sesuaikan Dengan Kemampuan Membayarmu

Nyaris tidak ada hal di dunia ini yang terlepas dari uang. Untuk memiliki sesuatu, Sobat Pintar harus membayar sejumlah uang sebagai pengorbanan. Mulai menaiki dan memiliki mobilmu bukanlah pengecualian untuk hal ini.

Jangan hanya memilih mobil berdasarkan gengsi atau tekanan dari orang sekitar. Melakukannya akan berdampak pada kesalahan Sobat Pintar dalam menentukan cara pembayaran yang tepat.

Mobil, sebagaimana juga benda elektronik, properti, dan lain-lain, dapat dibayar secara tunai atau dengan cicilan. Sobat Pintar dapat membayar secara tunai agar Sobat Pintar tidak pusing dengan bunga yang timbul akibat cicilan atau debt collector yang selalu menodongmu.

Namun, Sobat Pintar perlu mengingat harga mobil rata-rata mencapai Rp 100 juta hingga sekitar miliaran rupiah ke atas. Apalagi, jika Sobat Pintar membeli mobil impor atau mobil di luar Indonesia. 

Sangat jarang orang Indonesia yang dapat membayar tunai ratusan juta hingga milyaran rupiah. Kalaupun ada, akan terasa lebih berat jika dibandingkan dengan pembayaran secara cicilan.

Untuk dapat mencicil, Sobat Pintar dapat mendatangi bank, KSP, maupun perusahaan penyedia pinjaman offline di sekitarmu. Namun, Sobat Pintar akan merasakan berbagai macam akibat, seperti lama mengantri dan persyaratan yang rumit.

Sobat Pintar tidak akan menjumpai hal yang sama apabila Sobat Pintar mengajukan pinjaman mobilmu lewat pinjaman online, seperti Kredit Pintar. Karena Sobat Pintar dapat mengajukan pinjaman online dan mencairkannya 24 jam seminggu di mana saja, Sobat Pintar tidak akan merasakan antrian lama yang membuat hidupmu menderita.

Persyaratannya pun tidak rumit. Sobat Pintar hanya perlu mengupload KTP dan rekening bankmu. Lalu, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman dengan bunga rendah lewat Kredit Pintar.

Kredit Pintar sendiri adalah pinjaman online dengan persentase bunga yang lebih rendah dibandingkan pinjaman online lain atau juga beberapa pinjaman lain yang sejenis. Sudah begitu, Sobat Pintar tinggal tunggu 5 menit dari sejak Sobat Pintar mengajukan pinjaman. 

Setelah 5 menit – voila! Pinjaman untuk mobil incaranmu pun cair ke rekening bankmu. Sobat Pintar pun dapat segera menggunakannya untuk membayar mobil incaranmu. Sobat Pintar hanya perlu mencicil sesuai dengan opsi pinjaman yang Sobat Pintar ambil.

Ada banyak opsi pinjaman yang dapat Sobat Pintar pilih. Jangan lupa dengan poin cara beli kendaraan roda 4 yang ketiga ini: Sesuaikan dengan kemampuan membayarmu!
Tunggu apa lagi? Ajukan pinjamanmu lewat Kredit Pintar. Jangan lupa terapkan semua poin dalam artikel cara beli kendaraan roda 4 ini agar Sobat Pintar dapat memiliki sistem “anti-gagal”-mu sendiri dalam membeli mobil!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload