Seputar Slip Gaji: Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

01 Jun 2021 by kreditpintar
Seputar Slip Gaji: Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Menerima gaji setelah melakukan pekerjaan adalah hak setiap pekerja. Pada saat menerima gaji, biasanya kalian akan mendapatkan slip gaji yang berisi segala informasi seputar gajimu, dibarengi dengan uang gajimu.

Bagi kalian yang masih belum paham tentang dokumen ini. Slip mengenai gaji adalah daftar yang berisikan informasi mengenai berbagai komponen gaji selama satu bulan atau periode. Ada rincian detail mengenai gaji beserta dengan tunjangan dari perusahaan dan dalam artikel ini, Kredit Pintar akan bagikan cara membuatnya. 

Selain daripada sebagai sumber informasi yang jelas tentang gaji karyawan, tanda bukti pembayaran gaji juga merupakan bentuk transparansi yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya. Selain itu, slip juga bisa digunakan sebagai dokumen utama untuk mengajukan kredit, bukti pekerjaan, dan juga perencanaan pajak penghasilan.

Jenis Slip Gaji

Ada beberapa jenis tanda bukti pembayaran gaji yang dibedakan berdasarkan status karyawannya. 

Untuk Karyawan Tetap

Jenis yang pertama adalah untuk gaji karyawan tetap. Informasi yang terkandung biasanya akan dijabarkan secara lengkap dan juga spesifik, apabila dibandingkan dengan karyawan harian atau kontrak.

Penyebab dari hal ini adalah karena biasanya karyawan akan menerima beberapa tunjangan, seperti asuransi kesehatan, dan juga komisi. Bonus juga biasanya disertakan apabila performanya melebihi ekspektasi.

Untuk Karyawan Kontrak

Sebenarnya tidak ada yang membedakan format slip karyawan tetap dan karyawan kontrak. Hanya saja, di sini ada beberapa perubahan, yang disesuaikan dengan status kerja si karyawan itu sendiri. 

Beberapa perusahaan juga memberikan beberapa tunjangan untuk karyawan kontrak mereka, dan informasi ini juga terkandung dalam tanda bukti pembayaran gaji. Selain daripada itu, pada slip juga dicantumkan informasi mengenai periode kontrak yang berlangsung, jadi kedua pihak bisa sama-sama tahu.

Lalu, komponen PPh 21 juga biasanya tidak dimasukkan, sehingga karyawan diharuskan untuk melakukan perhitungan pajak sendiri. 

Untuk Pekerja Harian

Yang termasuk pekerja harian adalah karyawan yang biasanya bekerja dengan tarif per jam, per hari kerja, atau per proyek yang berhasil dikerjakan. Maka dari itu, wajar jika format slip untuk gaji karyawan harian atau pekerja lepas memang berbeda. Bahkan, untuk freelancer sendiri, mereka biasanya tidak menerima tanda bukti pembayaran gaji dari klien.

Jadi, mereka langsung menerima dana saat setelah proyek mereka sudah selesai, tanpa adanya informasi tambahan dari tanda bukti pembayaran gaji. 

Untuk karyawan harian yang ada pada perusahaan, biasanya mereka mendapatkan tunjangan seperti makan, transportasi, dan kehadiran, yang biasanya juga dimasukkan dalam slip dengan informasi yang lebih sederhana.

Cara Membuat Slip Gaji

Bagi seseorang yang ada di perusahaan, bagaimana kita bisa membuat slip gaji sendiri?

Tenang saja, kini banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kalian, seperti Payroll misalnya. Aplikasi semacam ini bisa membantu menyusun gaji karyawan setiap bulannya, tanpa adanya problem tambahan.

Apabila metode tersebut terlihat tidak natural, kalian bisa menggunakan Microsoft Excel untuk merancang slip sendiri secara manual. Dengan menggunakan fungsi-fungsi dasar Ms.Excel, kalian bisa menyusun berbagai informasinya dengan mudah.

Namun memang, cara membuat slip yang memuat info mengenai gaji bukanlah hal yang sepele. Perlu pertimbangan khusus untuk menentukan besaran gaji dan tunjangan seseorang. Jadi, selalu perhatikan angka-angka yang ada pada slip kalian.

Perhatikan jumlahnya dengan seksama untuk menentukan apakah usaha yang kalian lakukan memang sebanding dengan besaran gaji yang diterima. Sesuaikan dengan pengeluaran per bulannya untuk bisa menghasilkan nilai yang bisa ditabung.

Menjadi seorang karyawan atau pekerja perusahaan memang hal yang tak mudah. Kadang, kebutuhan tak sebanding dengan gaji yang diterima. Apabila masalah seperti ini muncul, jangan ragu untuk menggunakan Kredit Pintar.

Aplikasi pinjaman online terkemuka di Indonesia ini memberikan kalian kebebasan dan keringanan dalam melakukan pembayaran. Jadi, dengan Kredit Pintar, kebutuhan kalian akan terpenuhi dengan baik.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload