Kolektor ? Daftar Harga Sepeda Onthel Kuno Termahal

05 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 05 Jul 2022

Sepeda onthel kuno termahal mungkin saja usianya sudah ratusan tahun. Desain klasik dan kuno, ditambah memiliki sejarah akan semakin dilirik kolektor barang antik. 

Ciri khas sepeda onthel memiliki tempat duduk di belakang untuk membonceng. Desain bodi sepeda kuno ini juga lebih besar dibandingkan model saat ini. Umumnya, sepeda onthel memiliki frame berbahan besi dengan ban ukuran 28 inchi.

Baca juga: Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor Harga Tinggi

Sebelum moda transportasi beralih ke kendaraan bermesin, sepeda merupakan alat transportasi utama yang diandalkan. Setidaknya mulai tahun 1970-an, sepeda antik ini mulai banyak digunakan masyarakat biasa di perkotaan.

Meskipun sudah kuno, sepeda onthel tetap memiliki peminat. Bahkan semakin tinggi minat kolektor barang antik pada salah satu merek sepeda onthel, harganya bisa semakin tinggi. 

Tips Memilih Sepeda Onthel

Sobat Pintar belum memiliki pengalaman beli sepeda onthel? Agar tidak salah pilih, pahami dulu tips berikut ini.

Ketahui Beberapa Merek Sepeda Onthel Kuno 

Salah satu tips untuk kolektor barang antik, ketahui terlebih dahulu merek sepeda onthel kuno. Biasanya jenis sepeda onthel yang terkenal memiliki peminat tinggi dengan kualitas terbaik. 

Beberapa merek sepeda onthel kuno termahal di Indonesia, di antaranya Gazelle, Hercules, Philips, Simplex, Batavus, Humber, Fongers, Phoenix, London Taxi, dan Raleigh.

Perhatikan Seri Rangka dan Merek

Kolektor barang antik pastinya akan sangat teliti memilih barang kuno. Keaslian dari sebuah barang tentu menjadi harga mati, apalagi jika taksiran barang kuno sangat mahal.

Cara mengetahui merk sepeda onthel dengan cek nomor seri rangka pada sepeda. Tentunya setiap merek memiliki sistem penomoran berbeda. Jika membeli sepeda onthel asli, tanyakan langsung nomor rangka pada penjualnya.

Periksa Kondisi Frame Sepeda

Setelah memastikan keaslian sepeda onthel, selanjutnya pastikan kondisi frame memiliki kualitas terjaga. Umumnya frame sepeda onthel terbuat dari stainless steel, bahan ini cenderung kaku dan lebih berat.

Meskipun terkenal sebagai bahan tahan karat, jika tidak dilakukan perawatan dengan baik bisa saja terdapat karat di bagian sambungan frame.

Cek Kelengkapan dan Keaslian Aksesoris

Aksesoris sepeda onthel biasanya dilengkapi dengan brake light, spakbor panjang di kedua ban, tempat duduk belakang, dan bel. Meskipun setiap seri sepeda onthel memiliki kelengkapan aksesoris berbeda, sebaiknya lebih teliti cek kelengkapannya.

Selain itu, Sobat Pintar perlu bertanya kepada penjual apakah terdapat hiasan tambahan. Sebab, sepeda onthel kuno dengan tambahan biasanya bisa menambah nilai jual sepeda menjadi lebih tinggi.

Beberapa merek sepeda onthel mudah ditemukan dan bisa beli langsung di Indonesia. Sobat Pintar cek dulu saja jenis sepeda onthel kuno termahal dan harganya berikut ini.

Baca juga: 7 Rekomendasi Sepeda Lipat Murah Terbaik

Daftar Harga Sepeda Onthel Kuno Termahal

Sepeda onthel mulai ditinggal sejak tahun 2000an, namun pada era tersebut muncul berbagai komunitas sepeda di Indonesia. Kolektor barang antik pun juga tidak ingin tertinggal memiliki salah satu koleksi sepeda antik.

Berikut 6 daftar harga sepeda onthel kuno termahal yang bisa jadi rekomendasi. Sebelum banyak peminat, segera saja langsung tentukan dan pilih salah satu sepeda antik ini.

Fongers

Sepeda onthel kelas premium pada zaman Belanda. Fongers juga dikenal di Indonesia sebagai sepeda berkualitas tinggi yang dipakai orang Belanda dan orang kaya pada masanya. 

Sepeda kuno ini sudah ada sejak tahun 1880-an, dan pada tahun 1909 baru masuk ke Indonesia. Terkenal dengan brand classic biker dengan kualitas tinggi, Fongers juga menjadi salah satu merek sepeda di Belanda yang hanya bisa dimiliki kalangan tertentu.

Harga sepeda Fongers di Indonesia  mulai dari 1 juta hingga 75 juta rupiah. Jumlah peminat sepeda Fongers di Indonesia cukup banyak, sehingga harganya relatif lebih mahal.

Raleigh

Alternatif merek sepeda kuno mahal yang lebih murah. Classic bikes buatan Inggris ini memiliki sejarah panjang sejak berdiri tahun 1885 di Nottingham. Tidak heran kan, Raleigh menjadi salah satu perusahaan tertua di dunia.

Merek sepeda onthel Raleigh memiliki variasi harga mulai dari 1 jutaan rupiah. Harga disesuaikan dengan model, semakin antik bisa mencapai harga 30 jutaan rupiah.

Gazelle

Sepeda onthel kuno Gazelle merupakan buatan Belanda, terkenal paling laris di Indonesia pada masa kolonial Belanda. Gazelle mulai diproduksi pada tahun 1902 di Dieren, Belanda oleh Willem Kölling dan Rudolf Arentzen.

Kabarnya, hingga kini Gazelle sudah memproduksi sebanyak 13 juta. Bentuk rangka yang khas, penampilan klasik dan gagah, tapi tetap terlihat minimalis menjadikan sepeda antik ini paling diincar oleh kolektor.

Beberapa kolektor barang antik bahkan menilai Gazelle sebagai investasi. Tidak heran harga sepeda onthel Gazelle sangat tinggi, mulai dari 15  juta hingga 50 juta rupiah.

Humber

Tidak kalah kuno, Humber juga merupakan sepeda onthel yang sudah ada sejak tahun 1940-an. Sepeda onthel kuno ini sempat menjadi favorit anak muda di era revolusi tahun 1947 hingga 1949.

Humber Cross merupakan salah satu seri sepeda onthel termahal, harganya ditaksir mulai dari 15 juta rupiah. Uniknya sepeda antik ini dilengkapi dengan pengatur kecepatan Sturmey Archer 3 Speed buatan pabrik Raleigh. Teknologi ini memiliki bunyi khas saat sepeda kayuh yang membangkitkan kenangan masa lalu.

Batavus

Salah satu merek sepeda onthel terkenal dari Belanda yang hingga kini masih eksis. Desain sepeda Batavus hampir tidak pernah berubah, tetap terlihat klasik. Sepeda kuno ini juga terkenal dengan kenyamanannya saat digunakan perjalanan jauh.

Terlihat dari detail tuas rem yang baik dan gear sepeda yang membuat kayuhan sepeda Batavus sangat ringan. Bahkan kemiringan frame sepeda juga dirancang untuk meredam goncangan. 

Sepeda onthel ini cocok sekali digunakan saat konvoi bersama komunitas sepeda antik, karena ketangguhannya tidak diragukan. Berniat memilikinya? Harga sepeda Batavus mulai dari 8,5 juta rupiah.

Simplex

Berbeda dari merek sepeda lain, Simplex merupakan sepeda onthel buatan Jerman. Meskipun pabrik Simplex sudah tutup sejak tahun 1971, sepeda ini masih bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Kualitas sepeda Simplex juga tidak kalah dengan merek lain. Terkenal dengan desain sepeda yang lebih nyaman dan lebih mulus tanpa gesekan berkat teknologi bearing. Harga sepeda onthel Simplex juga lebih terjangkau, mulai dari 7 jutaan rupiah saja.

Philips

Sepeda onthel asal Inggris ini mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 1940-an. Philips merupakan produsen sepeda terbesar kedua setelah Raleigh. 

Harganya lebih terjangkau dibandingkan merek sepeda onthel lain. Inilah yang menyebabkan sejak dahulu sepeda ini paling banyak digunakan oleh masyarakat umum di Indonesia. Mulai dari 3 juta rupiah saja bisa memiliki sepeda kuno ini. 

Selain 6 daftar sepeda onthel kuno termahal tersebut, ada merek lain yang lebih murah. Contohnya merek Phoenix yang lebih familiar dan paling digemari di Indonesia. Classic Bikes asal China ini memang sudah digemari sejak tahun 1970, sebab harganya relatif terjangkau mulai dari 2 jutaan saja.

Baca juga: 5+ Pilihan Pinjaman Kredit Cepat yang Mudah dan Aman

Butuh dana 2 juta dengan cepat untuk beli sepeda onthel? Sobat Pintar bisa manfaatkan pinjaman tanpa potongan biaya di awal dari Kredit Pintar.
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download