Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor Harga Tinggi

05 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jan 2022

Banyak kasus soal penipuan uang koin kuno yang paling dicari kolektor, entah itu saat mau membeli atau saat mau menjualnya. Hal ini lantas membuat banyak kolektor yang awam harus lebih siaga untuk mencari tahu apakah koin kuno itu bernilai tinggi atau tidak.

Investasi, menabung, hingga apapun yang berkaitan dengan uang adalah sektor yang sangat menarik untuk diikuti. Sangking menariknya hal-hal yang berkaitan dengan uang membuat terkadang orang salah kaprah dengan memanfaatkan itu sebagai sarana untuk menipu.

Baca juga: Bisnis yang Menguntungkan Ini Ternyata Mudah Dilakukan!

Scam atau tipuan terjadi luas dan sering. Terdapat ratusan kasus penipuan terjadi sepanjang hari dan mengambil uang milik orang lain secara ilegal tidak pernah menjadi satu hal yang dibenarkan. Apalagi sampai memilih mendapatkan uang hasil menipu orang di luar sana.

Penipuan bahkan bisa terjadi terhadap uang sendiri, lebih tepatnya uang kuno. Karena yang menyukai uang ada banyak, pecinta uang kuno juga terus tumbuh hingga memilih untuk mengumpulkannya. Ketika dijual nanti, harganya bisa fantastis dan selalu jadi incaran.

Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor Dijadikan Bahan Tipuan

Karena banyak yang mengincar ini juga yang pada akhirnya melahirkan para penipu. Beberapa kasus soal penipuan online tentang pergantian sejumlah uang baru dengan satu koin uang kuno telah terjadi. Hingga di beberapa daerah, polisi bahkan yang minta untuk waspada.

Para kolektor uang kuno kini harus lebih waspada dan cari tahu dulu apakah orang itu sedang mencoba untuk menipu atau tidak. Di forum pecinta koin kuno misalnya. Karena kegilaan terhadap satu koin, orang lain sampai bisa mencari peluang mendapatkan untung.

Misalnya ada yang tiba-tiba mengetuk pesan media sosial pecinta uang koin kuno yang paling dicari kolektor dengan menawarkan suatu koin, respon balasan Anda akan jadi poin penting. Penipu tersebut akan langsung menawarkan harga tinggi dan mengetes kesiapan Anda.

Terkadang karena kegilaan dan antusiasme itu, kita menjadi tidak sadar dan buru-buru untuk menyelesaikan transaksi, meskipun dipasang dengan harga tinggi. Memang kolektor memiliki kegilaan terhadap uang koin kuno, apalagi jika yang menawari sesama anggota forum.

Padahal sang kolektor telah menunggu koin yang dipesan kepada penipu itu. Tetapi sayang sekali, uang yang banyak itu tidak membawakan hasil apa-apa. Malah uang koin kuno itu menjadi pancingan untuk menipu orang, dan kasus seperti ini sudah banyak terjadi.

Baca juga: Alasan Orang Sukses Pakai Gaya Pakaian yang Sama Tiap Hari

Tips Agar Tidak Mendapatkan Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor Palsu

Menyadari fakta bahwa kasus penipuan yang menggunakan media uang kuno itu semakin marak, perlu adanya kewaspadaan yang lebih tinggi lagi dari para kolektor. Tidak selamanya teman satu forum itu bisa dipercaya, karena kita sudah lihat sendiri jumlah kasus itu.

Namun jangan langsung juga tidak melakukan transaksi, apalagi jika koin tersebut sudah Anda impikan sejak lama. Kolektor yang baik pasti tahu cara membedakan koin asli dengan yang bukan. Sehingga, coba ajak saja orang yang menawari koin itu bertemu secara langsung.

Jangan ketika ditawarkan, Anda langsung tertarik dan melakukan transaksi. Bertemu langsung adalah hal yang normal dan lebih waspada terhadap transaksi uang koin kuno yang paling dicari kolektor itu. Lagian cara ini adalah yang paling aman daripada transaksi online.

Tetapi berbeda lagi jika kasusnya Anda sedang berada di lokasi yang berjauhan dengan orang yang menawarkan koin tersebut. Jika kondisinya seperti ini, Anda mungkin bisa minta kolektor itu untuk foto secara detail, dan jika tidak tampak editan, coba ajak video call.

Cara ini adalah yang selalu kolektor sarankan agar menghindari adanya kasus penipuan lagi. Video call itu bisa membicarakan soal detail koin, dari mana dia bisa mendapatkannya. Buat sesi pembicaraan lewat telepon itu seperti bertemu langsung.

Anda bisa memintanya untuk menampilkan kondisi koin hingga sebelum melakukan pembayaran, minta jaminan seperti identitas dan lainnya. Sebisa mungkin juga minta bukti pengiriman langsung. Sehingga meskipun terpisah jarak, transaksi dapat tetap berlangsung dengan aman.

Baca juga: Sepatu Jordan Terbaik dan Berbagai Kelebihannya

Penentuan Nilai Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor

Penentuan harga koin juga tidak sembarangan karena tentu saja nilainya tidak seperti yang angka koin itu tunjukkan. Ini semua mulai dari asal dan sejak kapan koin ini berlaku. Semakin lama dan semakin bagus lokasi asalnya, biasanya koin itu akan bernilai lebih tinggi.

Misalnya perbandingan koin asal AS dan Indonesia dari tahun yang sama, maka koin yang berasal dari AS memiliki jumlah peminat yang lebih banyak sehingga harga yang ditawarkan juga lebih tinggi. Tetapi tidak bisa kita pungkiri juga peran dari kondisi koin itu sendiri.

Agar semakin tahu berapa harga dari koin tertentu, akan lebih baik jika ditanyakan ke forum online tertentu. Apalagi para antusias koin kuno, pasti mereka tahu harga yang sepadan dengan koin. Jika Anda yang jual, siap-siap aja banjir tawaran dengan harga lebih tinggi.

Bisa jadi para pecinta koin kuno itu akan melakukan lelang dan Anda bebas tentukan sendiri siapa yang berhak mendapatkannya. Dalam kebanyakan kasus, yang mendapatkan koin itu adalah penawar harga paling tinggi. Jadi, itu juga yang menjadi kelebihan gabung forum.

Trik Agar Uang Koin Kuno yang Paling Dicari Kolektor Bernilai Lebih Tinggi

Pecinta koin kuno mungkin tahu harga pasarannya berapa, tetapi soal penentuan ada di tangan Anda. Sebagai seorang kolektor, Anda memiliki kemampuan untuk menentukan di harga berapa koin akan dilepas. Dengan sejumlah cara, harga koin dapat lebih tinggi lagi.

Anda sendiri yang menentukan, dan harga koin itu kembali bergantung ke bagaimana kondisi koin yang akan dijual. Ada beberapa cara yang bisa digunakan agar harga koin semakin tinggi. Coba pahami dulu soal koin itu, dan ikuti cara-cara ini agar harga koin lebih tinggi, yaitu:

  1. Jangan Bersihkan Koin

Tidak peduli karena apa, membersihkan koin hanya akan menurunkan nilai dari koin itu secara drastis. Biarkan kondisi koin alami meskipun kotor. Pecinta koin kuno bisa tahu mana koin yang sudah dibersihkan, digrading kilap dan mana yang tidak.

Ketika ketahuan sudah merubah kondisi koin, harganya akan menurun. Tetapi jangan juga sengaja membuat join menjadi kotor agar harga naik. Bisa-bisa kondisi tidak alami ditolak hingga uang koin kuno yang paling dicari kolektor dan nilainya rendah.

  1. Jangan Tawarkan di Waktu Bersamaan

Untuk memberikan kesan suatu nilai koin lebih tinggi, maka usahakan buat itu seperti barang langka. Misalnya Anda memiliki beberapa keping koin kuno yang sama, jangan dalam sekali kirim mengatakan jika Anda memiliki jumlah lebih dari satu.

Kolektor uang koin mungkin tahu apakah itu langka atau tidak. Tetapi apabila mengetahui bahwa Anda memiliki lebih satu, nilai koin itu menjadi tidak lebih tinggi dari yang seharusnya. Berbeda jika Anda tawarkan satu per satu di forum yang berbeda.

  1. Adakan Lelang

Lelang selalu menjadi ajang yang sangat menarik untuk para kolektor. Dalam lelang, para pecinta uang koin berlomba-lomba untuk mengirimkan tawaran. Ini juga yang nantinya membuat Anda dapat menjual koin dengan harga yang lebih tinggi.

Kini pecinta koin muncul lebih sering daripada biasanya. Mereka tidak segan untuk bergabung di satu forum dan berbicara soal koin kuno. Tetapi ada juga yang nakal karena mencoba menipu dengan memanfaatkan uang koin kuno yang paling dicari kolektor.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download