Bisnis yang Menguntungkan Ini Ternyata Mudah Dilakukan!

19 Sep 2018 by Edwin

Potong tumpeng. Potong pita. Kirim bunga ucapan. Buka botol champagne? Nggak sih, bukan tradisi orang Indonesia untuk membuka champagne untuk mendoakan supaya usaha baru yang dibuka jadi bisnis yang menguntungkan. Mau itu buka toko sembako baru, tempat jahit baru, hingga kolam lele baru, ‘selametan’ adalah hal yang memang biasa dilakukan orang Indonesia sebelum membuka usaha baru.

Eits, artikel ini tidak akan membahas tentang tradisi selametan dan betapa berpengaruhnya upacara itu demi bisnis yang menguntungkan. Artikel ini akan memberikan beberapa ide bisnis yang menguntungkan jika tertarik untuk memulai bisnis, baik untuk penghasilan utama maupun sekadar untuk penghasilan tambahan.

Langsung cek ide-idenya aja, yuk!

Mengikuti Tren Musiman

Tren musiman sebenarnya fenomena yang sering terjadi di Indonesia. Beberapa tahun yang lalu misalnya, tren batu akik kembali hidup setelah sekian puluh tahun lamanya batu akik hanya populer di kalangan kakek-kakek. Sampai-sampai dahulu cincin batu akik sering dikaitkan dengan hal mistis.

Kok bisa? Padahal hanya cincin, ya kan?

Setelah batu akik kembali populer, lebih banyak orang yang memakai batu ini sebagai aksesoris. Mulai dari ibu-ibu sampai anak muda tak malu menggunakan batu akik kala itu. Mulai dari batu bacan sampai zamrud, semuanya diburu. Akibat tren ini, harga batu akik pun melonjak drastis. Dari yang dulunya hanya ratusan ribu, setelah tren ini menguat harganya bisa sampai ratusan juta. Bapak-bapak dan kakek-kakek yang sudah memiliki batu akik sangat diuntungkan karena mereka bisa menjual batu akik mereka dengan harga fantastis. Para penjual batu akik pun senang karena jualannya jadi bisnis yang menguntungkan dalam waktu singkat. Namun tak lama setelah itu, tren ini menurun dan harganya pun ikut menurun.

Fenomena tren seperti ini bisa Sobat Pintar manfaatkan untuk membuka bisnis yang menguntungkan. Seperti yang pepatah Jawa bilang: Aji Mumpung. Yaa walaupun hanya sementara, tapi pundi-pundi uang yang bisa dihasilkan lumayan banyak. Hanya saja perlu jeli dalam melihat kapan tren tersebut akan berakhir. Jangan sampai punya stok batu akik banyak tapi terlalu lama menunggu harga semakin naik, eh, tren-nya udah kelar duluan!

Jual Benda Koleksi

Poin ini sebenarnya bisa dihubungkan dengan poin sebelumnya. Namun tanpa tren musiman pun barang-barang koleksi sudah punya nilai jual yang tinggi. Benda koleksi di sini bisa berupa lukisan dari seorang pelukis terkenal, barang-barang antik, batu akik, atau uang cetakan lama. Barang-barang lama yang nilai estetikanya masih terjaga bagus pasti harganya meningkat drastis ketika barang padanannya sudah langka dan sulit dicari. Misalnya, yang paling ekstrem adalah komik superhero edisi tertentu yang harganya bisa mencapai Miliaran!

Berjualan barang koleksi pun bisa jadi bisnis yang menguntungkan, bahkan terkadang bisa dimulai tanpa modal sedikitpun. Kalau Sobat Pintar punya barang-barang koleksi namun sudah bosan, jangan langsung dibuang atau dijual, ya! Disimpan dulu, siapa tahu beberapa tahun kedepan harga barang koleksi itu melonjak drastis.

Reseller Branded Fashion

Berjualan pakaian atau berbagai fashion item ternyata bisa memberi keuntungan fantastis dengan waktu singkat? Nggak percaya? Beberapa brand ternama memang harganya selangit. Sehingga, jika Sobat Pintar sukses menjadi reseller brand tersebut, keuntungan besar akan langsung menyerbu dompet.

Beberapa waktu lalu sempat ada video di YouTube yang mengulas gaya berpakaian suatu segmen anak muda di Indonesia. Dalam video itu, si YouTuber menghitung total outfit yang dipakai beberapa responden. Hasilnya, harga outfit dari satu orang saja sudah bisa digunakan untuk membeli satu unit mobil. Para responden pun mengakui kalau mereka menjadi reseller beberapa brand fashion yang mereka pakai, sehingga membayar sebuah jam tangan dengan harga satu unit mobil pun tak menjadi masalah besar bagi mereka. Yaa memang menggiurkan, tapi kalau ingin memulai bisnis yang menguntungkan ini harus siap-siap rogoh saku dalam-dalam. Karena harga barangnya pun gak main-main!


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?