Sebenarnya, Apa Saja Manfaat dan Khasiat Daun Mint?

19 Apr 2021 by Laruan
daun mint

Apa itu daun mint?

Daun mint merupakan daun yang banyak dikenal orang dengan wanginya yang khas dan rasanya yang menyegarkan. Di balik itu, apakah Anda tahu apa saja khasiat daun mint? Tanaman ini memiliki nama lain, yaitu Mentha atau pudina, dan sering dipakai sebagai bahan untuk pasta gigi, permen, atau juga diseduh sebagai minuman. Tanaman ini memiliki berbagai jenis manfaat, seperti menjadi penghias ruangan yang menyegarkan, penambah rasa, dan bahkan menjadi bahan dasar untuk produk kesehatan. Terdapat beberapa kandungan gizi yang dimiliki daun mint, seperti vitamin A, vitamin C, fitonutrien, potassium, serat, besi, mangan, folat, dan masih banyak lagi.

Apa saja manfaat daun mint?

Salah satu kandungan khusus yang sering di-highlight ialah kandungan mentolnya, yang membuat daun tanaman ini dipercaya memiliki beragam keistimewaan. Namun, apa saja sebenarnya khasiat daun mint? Bagi Anda yang mencari sumber vitamin A tanpa melahap obat-obatan, daun mint bisa menjadi jawaban. Kaya dengan vitamin A, daun ini menjadi salah satu bahan penting untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, khasiat daun mint juga bisa dirasakan dengan cara dihirup. Hal tersebut dilakukan untuk meredakan rasa mual seseorang dan membantu otot untuk relaksasi. Ada pula khasiat daun mint adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Seperti yang diketahui, begitu banyak pasta gigi dengan rasa daun mint. Bahan tersebut dapat memberikan manfaat berupa rasa segar pada mulut dan juga membunuh bakteri-bakteri pada mulut.

Kesehatan

Tidak hanya menjadi penambah rasa, teh daun mint telah terbukti dapat mengendalikan sakit pada bagian perut, perut yang kembung, dan juga sebagai minuman teh detox bagi tubuh. Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa aroma daun mint dapat menstimulasi dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, wanginya yang dingin kerap menjadi solusi saat seseorang mengalami sesak nafas. Kandungan mentol yang ada pada daun mint mampu membuka saluran pernapasan, khususnya untuk para penderita asma. Dengan membunuh bakteri-bakteri jahat pada saluran pernapasan, daun mint bekerja sebagai antiinflamasi yang dapat meringankan gejala asma.

Bukan berarti daun mint hanya perlu dikonsumsi saat Anda sedang sakit atau mengalami gejala-gejala yang mampu diredakan oleh daun mint. Tanaman ini dapat menjadi bahan yang cocok sebagai bumbu atau minuman-minuman segar untuk dikonsumsi. Tidak sedikit yang menggunakan daun mint sebagai bahan dasar produk dari makanan dan atau minuman yang mereka jual, lho. Baik itu salad, saus steak, permen, jus segar, teh detox, dan bahkan kue-kue. Banyak yang yang percaya daun mint mampu membantu seseorang dalam proses penurunan berat badan, maka dari itu, jangan heran jika teh detox pun menggunakan daun mint sebagai salah satu bahan dasarnya.

Kecantikan

Produk kecantikan pun digunakan sebagai salah satu bahan dasar produk kecantikan, karena memiliki efek sebagai pendingin untuk kulit. Kandungan mentol sebagai antibakteri, dipercaya mampu membuat kulit seseorang tampak menjadi lebih segar dan jernih. Manfaat-manfaat lain dari daun mint yang diketahui meliputi pencegahan jerawat, sebagai penyembuh luka, dan juga berfungsi untuk memperlambat munculnya keriput serta garis halus.

Bagaimana memperoleh daun mint?

Daun mint adalah salah satu tanaman yang dapat ditemukan dengan mudah. Anda bisa membeli daun ini di supermarket, toko tanaman, atau Anda bahkan bisa menanamnya sendiri. Tanpa perlu banyak gono-gini, daun mint dapat dengan cepat Anda tumbuhkan. Untuk menanam daun mint sendiri, Anda memerlukan pot, tanah berpupuk dan tanaman mint.

Anda merasa akan banyak memakan uang? Tidak perlu khawatir, kredit pintar hadir sebagai solusi berupa pinjaman uang. Tidak seperti pinjaman uang pada umumnya, kredit pintar memberikan cicilan yang ringan dan pencairan yang cepat. Terlepas dari itu, pinjaman uang ini diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga tidak perlu lagi Anda memikir dua kali untuk melakukan transaksi. Jadi, apakah Anda sudah siap menanam?

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload