Resolusi 2022: Mudah Terwujud dengan 3 Cara Berikut

19 Dec 2021 by Rindang Maulidia, Last edit: 19 Dec 2021

Jelang berakhirnya 2021, mungkin sudah banyak Sobat Pintar yang membuat resolusi 2022. Resolusi tahun baru yang dibuat menjelang pergantian tahun kerap kali dijadikan sebagai indikator peningkatan pencapaian dalam hidup. Sebagian orang percaya bahwa dengan membuat resolusi tahun baru, mereka bisa lebih fokus mencapai cita-citanya dan menikmati tantangan di tahun yang akan datang.

Resolusi 2022

Sayangnya, tidak semua orang merasa percaya diri karena resolusi tidak berjalan sesuai realita. Jadi, bisa dikatakan resolusi tersebut hanya sebatas kata-kata resolusi tahun baru, tanpa bisa diwujudkan. Agar Sobat Pintar lebih percaya diri menggapai resolusi 2022, Kredit Pintar akan membagikan cara membuat resolusi tahun baru dalam artikel ini, secara lengkap.

Cara Membuat Resolusi 2022 🌈🎉✨

Berikut ini adalah cara membuat resolusi agar tidak menjadi sebatas wacana. 📝

1. Belajar dari masa lalu 💔

Mungkin Sobat Pintar setuju bahwa banyak bagian dari masa lalu, kerap membuat hati merasa pilu. Ya, masa lalu yang buruk dan penuh dengan pengorbanan memang terasa menyedihkan jika harus kembali diingat. Namun, justru dari hal tersebut Sobat Pintar bisa berkembang untuk jadi manusia yang lebih baik agar tidak terjerumus dalam kehidupan di masa lalu.

Baca juga: Budget di Bawah Rp3 Juta Mau Ganti HP? Ini Rekomendasinya

Jadi, untuk mulai menyusun resolusi 2022, Sobat Pintar bisa sejenak menulis apa saja yang akan diwujudkan agar menjalani hidup yang lebih nyaman dari masa-masa sebelumnya.

2. Menyusun rangkaian langkah praktis untuk menjadi sebuah tujuan 🥇

Katakanlah, di 2022 Sobat Pintar ingin memiliki tubuh yang ideal. Untuk mewujudkannya, Sobat Pintar sadar bahwa konsistensi untuk melakukan olahraga dan konsumsi makanan sehat sangat dibutuhkan.

resolusi tahun baru

Untuk mencapai tujuan tersebut, alih-alih menuliskan tubuh ideal sebagai resolusi, Sobat Pintar bisa menggantinya dengan kurangi gorengan dan olahraga 3 kali seminggu. Dengan menjalankan kebiasaan tersebut, bukan tidak mungkin Sobat Pintar akan menuai hasil berupa berat badan yang ideal. 

3. Gunakan metode S.M.A.R.T 🧠

Metode ini umumnya digunakan dalam menjalankan sebuah proyek suatu perusahaan.

SMART adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound. Singkatnya, dengan menggunakan metode tersebut, Sobat Pintar harus memuat berbagai cara untuk mencapai suatu tujuan beserta jumlah intensitas dan perkiraan hasil yang dicapai.

contoh resolusi tahun baru

Misal, untuk menurunkan berat badan agar ideal, Sobat Pintar bisa menuliskan rencana seperti:

  1. Bangun pagi dan olahraga 45 menit 3 kali seminggu. Dalam waktu 3 bulan, berat badan turun 3 kg.
  2. Makan sayur dan buah setiap hari. Dalam waktu 3 bulan, berat badan turun 3 kg.
  3. Kurangi jajan kopi susu manis. Dalam waktu 3 bulan, berat badan turun 3 kg. 

Contoh Resolusi Tahun Baru yang Bisa Meningkatkan Kualitas Hidupmu 🏁

Berikut ini adalah contoh resolusi tahun baru yang dipercaya bisa membuat hidup semakin berkualitas. 👍

1. Belajar memasak 🍽🍳

Memasak adalah sebuah keterampilan untuk bertahan hidup, terutama jika Sobat Pintar mulai hidup mandiri tanpa orang tua. Dengan belajar memasak, Sobat Pintar bisa menyajikan berbagai hidangan sesuai selera secara mandiri.

Beberapa orang merasa bahwa mereka bisa hidup lebih hemat dan lebih sehat dengan cara menyiapkan masakan mereka sendiri. Tentunya, dengan bumbu dan bahan yang bisa dipilih sendiri sesuai dengan selera dan pantangan kesehatan tertentu, jika ada.

2. Tidur berkualitas 🛌🌈

Orang dewasa dianjurkan untuk hidup 8 jam sehari agar metabolisme dan kesehatan bisa terjaga dengan baik. Sayangnya, tidak semua orang sadar pentingnya tidur cukup. Untuk itu, sebagai resolusi 2022, Sobat Pintar bisa membiasakan diri untuk tidur di jam 22.00 dan bangun di jam 06.00 untuk merasakan manfaat kesehatan dari tidur berkualitas.

Baca juga: Yuk, Bangun Resolusi Tahun Baru 2019 Realistis untuk Keuangan Anda!

Jika Sobat Pintar harus tidur di pagi hari akibat kewajiban pekerjaan, tidak ada salahnya untuk menyesuaikan waktu tidur tanpa harus mengurangi durasinya.

3. Meningkatkan pendapatan 🧧🏧

Semakin hari, kebutuhan manusia semakin meningkat, terlebih untuk Sobat Pintar yang harus menghidupi keluarganya.Untuk itu, tidak ada salahnya untuk meningkatkan pendapatan, baik yang berasal dari pekerjaan tetap maupun menambah sumber pendapatan lain. Dengan adanya tambahan pendapatan, Sobat Pintar bisa saja menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari, atau bisa juga menyiapkannya sebagai tabungan untuk hidup nyaman di masa depan.

4. Fokus mengelola uang 📝💲

Meskipun sudah bertahun-tahun bekerja untuk mendapatkan penghasilan, ternyata tidak banyak orang yang bisa mengelola uangnya untuk dialokasikan sebagai tabungan dan pengeluaran. Untuk itu, mengelola uang juga bisa dicatat sebagai resolusi 2022 yang harus dicapai. Perlu diingat bahwa manfaat mengelola uang tidak akan langsung terasa manfaatnya. Agar bisa merasakan manfaatnya, Sobat Pintar bisa membuat kebiasaan untuk merancang perencanaan pengeluaran bulanan yang harus ditepati setelah menerima gaji bulanan.

Baca juga: Bangun Resolusi 2021 Dari Sekarang

Itulah berbagai cara merancang dan rekomendasi resolusi 2022 yang bisa dicoba.

Semoga, artikel ini bisa membawa Sobat Pintar untuk menjadi individu yang lebih baik lagi.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

19 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download