Reksadana Mandiri: Cara Beli dan Keuntungannya

24 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

Reksadana adalah salah satu instrumen investasi terjangkau, mudah, aman, dan menguntungkan bagi investor dengan dana terbatas. Dengan menginvestasikan sejumlah uang tertentu, uang yang kamu investasikan itu nanti akan dikelola oleh manajer investasi untuk mendapatkan keuntungan ke depannya. Ini dia tentang cara membeli reksadana mandiri dan keuntungannya.

Reksadana Mandiri: Cara Beli dan Keuntungannya

Investasi reksadana terbagi menjadi beberapa jenis, yakni pasar uang, obligasi, saham, dan gabungan yang merupakan bagian dari Mandiri Sekuritas. Kamu tinggal memilih jenisnya yang mana kamu pertimbangkan. 

Nah, salah satu reksadana yang terkenal adalah reksadana mandiri. Reksadana Mandiri adalah beragam jenis reksadana yang dipasarkan Bank Mandiri dan Mandiri Investasi. Manajer investasinya sendiri adalah bagian dari grup Mandiri. Mereka adalah salah satu Agen penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2007. 

Jenisnya juga lengkap, antara lain: reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, dan reksadana campuran. Kemudian, tersedia pula beragam layanan dan informasi untuk memudahkan investor.

Kamu tidak perlu khawatir untuk keamanan dalam berinvestasi di sini. Sebab, reksadana mandiri telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Beli Reksadana Mandiri

Lalu, bagaimana cara membeli Reksadana Mandiri? 

Untuk membeli Reksadana Mandiri, kamu tidak perlu pusing untuk datang ke bank. Kamu bahkan bisa membelinya dengan cara daring melalui aplikasi MOST yang bisa diunduh di PlayStore atau AppStore.

Ini cara membeli reksadana mandiri melalui aplikasi MOST:

  1. Kamu membuat akun di MOST dengan melengkapi formulir pembukaan rekening efek;
  2. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan Nomor SID, MTBI/TSI, Client ID, Pass dan ID via email. Kemudian, kamu isi nomor-nomor tersebut;
  3. Selain dari aplikasi, kamu juga bisa mengakses pembukaan akun lewat komputer atau laptop di register.most.co.id jika ingin; 
  4. Kamu setor dana ke TSI atau MTBI;
  5. Kamu bisa juga memilih produk reksadana dengan cara mengisi formulir di kantor cabang Mandiri terdekat atau akses mutualfund.most.co.id;
  6. Monitor transaksi kamu dari Bank Kustodian. Kamu akan menerima surat konfirmasi transaksi, laporan bulanan, atau pantai portofolio di situs resmi MOST Fund.

Keuntungan reksadana Mandiri

Kamu dapat menikmati beragam keuntungan yang tersedia dari reksadana mandiri. Ini beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati sebagai investor di reksadana mandiri:

  1. Terjangkau

Kamu tak perlu khawatir soal jumlah dana yang diinvestasikan. Investasi di reksadana dapat dilakukan setidaknya mulai dari Rp100 ribu rupiah.

  1. Manajer Investasi Profesional

Kamu juga bisa mempercayai manajer investasi yang ada di reksadana mandiri. Setiap reksadana yang dipasarkan di Bank Mandiri dikelola Manajer Investasi yang sudah mendapatkan izin Wakil Manajer Investasi (WMI) dari OJK. 

Manajer Investasi akan menjalankan tugasnya dalam mengalokasikan investasi sesuai dengan prospektus dan tujuan investasi sehingga bisa mencapai return (hasil investasi) sesuai yang ditargetkan.

  1. Likuiditas Tinggi

Salah satu keunggulan berinvestasi di reksa dana adalah likuiditas. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya yang digunakan untuk menunjukkan posisi keuangan atau kekayaan suatu perusahaan. 

Setiap hari bursa, sesuai cut off time, kamu sebagai nasabah atau investor dapat melakukan penjualan kembali (redemption) unit penyertaannya. Manajer Investasi wajib membelinya kembali dan membayarkannya maksimal T+7 hari bursa.

  1. Diversifikasi Investasi

Reksadana mengalokasikan investasinya pada beragam instrumen investasi, seperti pasar uang, obligasi pemerintah maupun obligasi korporasi, dan saham. Dengan adanya diversifikasi pada alokasi aset, maka investasi kamu dapat dikelola dengan baik. Kamu dapat meminimalkan risiko investasi.

  1. Transparansi

Kamu tak perlu khawatir mengenai transparansi keuangan dalam reksadana mandiri. Prospek mengenai kebijakan investasi dan informasi umum produk, keterbukaan laporan keuangan, serta laporan portofolio melalui Fund Fact Sheet secara berkala adalah bukti keterbukaan investasi di reksadana. 

Dengan transparansi ini, para nasabah/investor dapat mengetahui dengan mudah komposisi investasi dan kinerja reksa dana yang dimiliki. Jadi, soal transparansi bukan main-main untuk reksadana mandiri.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload