Apa itu Tanihub? Mengenal Startup Inovatif Bagi Petani

12 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Tanihub menjadi salah satu aplikasi karya anak bangsa yang terbukti bermanfaat bagi berbagai pihak. Keberadaan Tanihub menjadi jembatan antara para petani dengan semua pihak yang membutuhkan sayur, buah, dan lauk pauk yang berkualitas. Adanya Tanihub tentu memudahkan siapapun untuk memesan sayur, buah, dan lauk untuk konsumsi sehari-hari.

Belanja Online Sayur Buah Kebutuhan Harian Dari Petani | TaniHub

Anda mungkin belum banyak mendengar pengembangan aplikasi di sektor pertanian. Jika biasanya aplikasi identik dengan penjualan pakaian, gadget, dan barang lifestyle lainnya, namun saat ini sudah ada aplikasi yang merambah ke sektor pertanian. Tanihub menjadi pelopor yang menghubungkan petani dan pembeli melalui aplikasi. 

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Tanihub, Anda perlu tahu apa yang mendasari terciptanya Tanihub. Tanihub bernaung di bawah perusahaan Tani Grup yang didirikan pada tahun 2016. Tani Group memiliki dua sektor yaitu pendanaan dan pemasaran produk-produk pertanian.

Tanihub tercipta karena para pendiri ingin memotong proses panjang dari produk-produk pertanian ke tangan konsumen. Sebelum adanya Tanihub, proses panjang tersebut dapat berdampak pada berkurangnya keuntungan bagi petani. Karena masalah tersebut, Tanihub memotong rantai panjang yang ada agar petani mendapat keuntungan utuh.

Selain tujuan tersebut, Tanihub juga ingin membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Peluang tersebut bisa juga didapatkan oleh para petani. Pemerataan ekonomi juga diharapkan bisa menjadi dampak dari adanya Tanihub. 

Secara sederhananya, Tanihub merupakan aplikasi e-commerce untuk transaksi produk pertanian dan ada juga produk peternakan. Saat ini TaniHub sudah memiliki kurang lebih 60.000 petani yang tersebar di berbagai macam wilayah yang ada di Indonesia.

Syarat Daftar Menjadi Petani atau Pemasok

Terdapat beberapa syarat dan prosedur yang harus dilakukan petani atau pemasok yang akan bergabung di Tanihub. Syarat mudah bisa Anda lakukan, seperti:

  1. Petani
  • Menyiapkan KTP
  • Menuliskan alamat e-mail
  • Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Foto buku tabungan (halaman depan)
  • Mendaftar dengan mengisi link yang ada di website

Baca juga: Perbedaan agen dan distributor

  1. Pemasok
  • KTP
  • Nomor Pokok Wajib Pajak
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan
  • Foto buku tabungan (halaman depan)
  • Mendaftar dengan mengisi link yang ada di website

Keuntungan Menggunakan Tanihub

Seperti sudah dijelaskan di atas, Tanihub bertujuan untuk mensejahterakan para petani. Petani bisa lebih untung jika berjualan menggunakan Tanihub. Pemasaran dan distribusi dari produk yang dijual dijembatani oleh Tanihub agar bisa dijual langsung.

Field, Farmer, Rural, Water, Vietnam

Tanihub mengatakan bahwa pendapatan para petani yang bergabung di Tanihub naik hingga 30%. Keuntungan yang didapat ini bukan tanpa alasan. Banyaknya perusahaan besar, supermarket, restoran, hingga UMKM, menjadi pihak yang menyumbang keuntungan bagi para petani. Mereka sudah berlangganan membeli produk pertanian dan peternakan di Tanihub.

Produk yang ada di Tanihub tidak hanya dipasarkan secara nasional, namun saat ini sudah merambah ke pasar internasional. Banyaknya jumlah produk yang diproduksi para petani, menjadi bukti bahwa keberadaan Tanihub benar-benar membawa manfaat bagi para petani. Semakin banyak petani yang bergabung, maka akan semakin luas juga jangkauan distribusi produk-produk yang ada.

Dampak sosial Tanihub bagi para petani juga berdampak pada kehidupan para petani. Jika dulu petani tidak mendapatkan untung besar, melalui Tanihub produk yang dijual akan diberikan harga lebih tinggi sehingga kehidupan petani bisa lebih sejahtera.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan para petani adalah pinjaman modal dari Tani Fund. Pinjaman tersebut diharapkan dapat menjadi dorongan modal bagi para petani yang akan memulai usaha. Tentu saja, modal yang dipinjamkan ini bisa menjadi jalan agar petani-petani bergabung dengan Tanihub.

Baca juga: Manfaat jahe merah

Bagi konsumen, adanya Tanihub dapat memberikan kemudahan berbelanja sayur, buah, dan lauk pauk secara instan. Apalagi jika konsumen tinggal di apartemen dan malas untuk berbelanja sayur ke pasar atau supermarket, Tanihub dapat menjadi pilihan. Melalui Tanihub, Anda hanya perlu mengunduhnya di Play Store dan App Store.

Produk Tanihub

Tanihub menjual berbagai macam sayur, buah, dan lauk. Anda bisa membeli kebutuhan makanan harian melalui Tanihub. Tanihub dipilih karena menawarkan pilihan kebutuhan yang berkualitas. 

  1. Sayur, Buah dan Lauk Segar
Sayuran, Buah-Buahan, Makanan, Bahan

Tanihub selalu menyediakan produk yang segar, langsung dipanen dari petani-petani pilihan. Inilah daya tarik produk Tanihub karena dapat dijamin kesegarannya. Konsumen tidak perlu khawatir akan mendapat produk yang buruk kualitasnya.

Produk yang Anda pesan, akan dikirimkan secepat mungkin, agar tetap segar sampai di tangan Anda. Kualitas produk Tanihub dan produk-produk sejenis dapat dibandingkan kualitasnya.

Cara Belanja di Tanihub

Jika Anda sudah terbiasa berbelanja di marketplace, belanja di Tanihub tidak jauh berbeda. Sebelumnya, Anda harus sudah memiliki aplikasi Tanihub di smartphone. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pilih Area Pengiriman 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur area pengiriman, kemana produk yang Anda pesan akan dikirim. Mengatur area pengiriman bertujuan untuk memberi pemberitahuan tentang jangkauan pengiriman beserta ongkos kirim. Saat ini Tanihub bisa menjangkau pengiriman di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Jogja, Malang, Pasuruan, dan Bali.

2. Memilih Produk  yang dibutuhkan

Apabila Anda sudah mengatur area pengiriman, selanjutnya adalah memilih produk apa yang dibutuhkan. Anda bisa memilih sayur, buah, lauk, yang dibutuhkan, semua ada di Tanihub. 

3. Pilih Jumlah Produk

Setelah memilih produk, Anda memilih berapa banyak jumlah produk yang diinginkan. Minimum pembelian buah dan sayur adalah 1 kilogram. Di Tanihub, Anda bisa memilih untuk membeli produk secara eceran maupun grosir. 

4. Memilih Waktu Pengiriman Produk

Anda perlu memilih kapan produk akan dikirimkan. Jika Anda butuh cepat, maka Anda bisa memilih opsi pengiriman produk same day. Terdapat beberapa pilihan pengiriman yang bisa Anda pilih, bisa disesuaikan kapan Anda butuh produk-produk tersebut. 

5. Memilih Pembayaran

Setelah semua langkah Anda lakukan, Anda tinggal membayarnya. Metode pembayaran tersedia banyak, melalui e-wallet, transfer bank, kartu kredit, bahkan menggunakan metode pay later. Lakukan pembayaran sesuai dengan total yang tertera pada aplikasi.
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download