5 Pertanyaan Interview Jebakan, Ini Cara Jawabnya!

23 Oct 2018 by Edwin

Masa mencari kerja bisa jadi waktu yang paling menguras mental bagi sebagian besar orang. Dari mulai menyebar lamaran ke banyak perusahaan hingga mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan interview yang membingungkan bisa jadi pengalaman yang melelahkan.

Sobat Pintar juga pernah mengalami masa ini, kan?

Namun momok dari fase ini sebenarnya adalah pertanyaan interview yang terkesan simpel, namun menjebak dan banyak membuat para pencari kerja gagal dalam tahapan interview. Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak hanya dilontarkan user untuk memaparkan kelemahanmu, tapi terutama ditujukan untuk mengorek fakta yang Sobat Pintar pendam mengenai diri sendiri. Berikut adalah 5 pertanyaan interview menjebak paling umum beserta cara menjawabnya dengan tepat:


“Ceritakan diri Anda!”

Pertanyaan interview ini sering ditujukan pada awal wawancara. User dan/atau HRD ingin mengetahui bagaiana cara Sobat Pintar berkomunikasi, apalagi bagaimana gaya bicara dan kepercayaan dirimu saat berkomunikasi dengan mereka. Mereka juga ingin tahu bagaimana Sobat Pintar menilai diri sendiri. Meskipun masih di awal interview, satu pertanyaan ini saja sudah cukup untuk menentukan apakah interview denganmu akan berjalan menarik atau akan membawa mereka kepada kebosanan.

Hati-hati! Jebakan di pertanyaan ini sebenarnya terletak di informasi apa yang harus disampaikan. Kesalahan banyak orang terjadi ketika mereka mulai berbicara mengenai kehidupan personal mereka. Padahal yang User ingin cari tahu adalah perjalanan karirmu, apa saja prestasimu, serta pengalamanmu bekerja selama ini. Kalau Sobat Pintar masih tergolong freshgraduate, maka yang perlu diceritakan adalah pengalamanmu selama berkuliah, apa saja prestasimu baik akademik maupun non-akademik, hingga apa saja organisasi yang pernah diikuti. Jangan sampai lengah di pertanyaan awal, ya!


“Sebutkan kelemahan dan kelebihan Anda!”

Pertanyaan interview yang satu ini merupakan salah satu pertanyaan yang paling bikin grogi! Pasalnya, Sobat Pintar sendiri lah yang harus menyebutkan kelemahanmu. Meski begitu, para User mengajukan pertanyaan ini karena mereka ingin tahu apa poin plus yang dimiliki sehingga bisa jadi aset bagi perusahaan. Mereka juga mengharapkan kelemahan yang Sobat Pintar sebutkan tidak mengganggu kinerjamu nantinya.

Sebenarnya ini merupakan pertanyaan interview yang paling aman karena Sobat Pintar hanya perlu menjawab pertanyaan tersebut dengan jujur. Kesalahan banyak orang adalah mereka berbohong mengenai nilai positif dan negatif mereka. Akibatnya saat sudah diterima kerja, kenyataan berkata lain, dan pekerjaan mereka jadi tidak beres! Karena pada dasarnya, tiap pekerjaan punya persyaratan yang berbeda-beda yang hanya bisa dipenuhi oleh orang yang sesuai saja. Intinya cari kerja mirip seperti cari jodoh, deh!


“Mengapa Anda ingin bekerja disini?”

User atau HRD melontarkan pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa besar usahamu untuk mencari tahu tentang perusahaan dan posisi yang dilamar. Selain itu, mereka juga ingin apa yag mendorongmu untuk bekerja di sana seberapa besar Sobat Pintar ingin bekerja di perusahaan itu. Meski, tentu saja, pasti ada pertimbangan pribadi untuk bekerja di perusahaan itu seperti lokasi kantor yang dekat dengan rumah, gaji yang ditawarkan besar, atau mengincar bonus tahunan mereka yang besar, usahakan untuk tidak menyampaikan alasan tersebut.


“Apa masa tersulit yang pernah Anda alami?”

Tentu saja, pertanyaan interview ini tidak ditujukan untuk mencari tahu masa tersulit dalam kehidupan pribadimu. User dan HRD ingin tahu masalah terbesar yang pernah Sobat Pintar hadapi dalam perjalanan karirmu. Tujuannya, agar mereka tahu tidak hanya sikapmu dalam menghadapi permasalahan, namun juga pola pikirmu saat berada dalam tekanan.

Pertanyaan interview ini cukup menjebak karena kebanyakan orang cenderung melihat pertanyaan ini sebagai kesempatan mereka untuk memamerkan kesuksesan dalam mengatasi masalah besar. Tentunya jawaban seperti itu akan sangat kentara di telinga seorang HRD. Sebenarnya mudah saja dalam menjawab pertanyaan ini. Sobat Pintar hanya perlu mulai dari menyatakan permasalahan, langkah apa yang pernah diambil, jalan pikiranmu saat mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi, serta terganggu tidaknya kinerjamu saat menghadapi permasalahan terebut.


“Mengapa Kami harus Menerima Anda?”

Setiap perusahaan merekrut orang baru, perusahaan tersebut juga menghadapi risiko besar: apakah orang baru tersebut bisa perform atau tidak? HRD atau User akan berusaha keras menyortir banyak pelamar hingga terpilih kandidat terbaik. Pertanyaan interview ini adalah salah satu cara untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam memilih kandidat terbaik. Ini juga jadi kesempatan emas buat Sobat Pintar untuk mempromosikan diri dengan menyebutkan nilai positif yang paling menonjol.

Jawaban dari pertanyaan interview ini sebaiknya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Isinya merupakan beberapa selling points yang ada dalam dirimu, bisa dari skill teknis, pengalaman pekerjaan, latar belakang pendidikan, hingga pencapaian terbesarmu.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan tips mengatur keuangan lain yang bermanfaat. Ingin mengenal Kredit Pintar lebih dekat?