Anda Fresh Graduate? Berikut adalah Tips Cari Pekerjaan!

30 Apr 2021 by kreditpintar
tips cari pekerjaan

Sebagai seorang Fresh Graduate di masa pandemi ini bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali tantangan yang dilewati saat-saat menjadi mahasiswa. Mungkin bagi sebagian, bertahan di semester akhir lalu hingga dapat ke titik di mana dinyatakan lulus itu bukanlah suatu hal yang mudah untuk diraih. 

Perjuangan dahulu tentang bagaimana susah payahnya mencari pinjaman modal untuk melengkapi akomodasi perlengkapan untuk menyusun skripsi. Mencari sumber penelitian, dan lain sebagainya.

Sekarang tantangan baru sedang Sobat Pintar hadapi. Yakni mencari sebuah pekerjaan. Nah, oleh karena itulah, topik bahasan kali ini adalah tentang kiat mencari pekerjaan yang ampuh buat Sobat Pintar yang baru saja lulus kuliah! Apa saja tips cari pekerjaan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Mulai dari Relasi

Yang pertama adalah mulai mencari pekerjaan dari relasi. Yang dimaksud dengan relasi di sini adalah teman maupun senior kalian yang telah lebih dulu bekerja. INGAT! Bekerja bukan lulus ya.

Mengapa demikian? Karena ada suatu paham yang mengatakan bahwa, sekeras-kerasnya seseorang berjuang, tetap orang dalam adalah hal yang dapat memudahkan segala urusan. 

Orang dalam di sini tidak melulu tentang mereka yang dapat membantu Sobat Pintar mendapatkan suatu pekerjaan tersebut. Cukup dengan informasi bahwa di tempat mereka terdapat lowongan pekerjaan saja sebenarnya sudah bagus. 

Selain itu, dengan memulai dari relasi Sobat Pintar dapat mengerucutkan pencarian Sobat Pintar tentang pekerjaan yang akan Sobat Pintar isi. Jadi manfaatkanlah relasi Sobat Pintar tersebut.

2. Jangan terlalu fokus pada Jurusan kuliahmu

Selanjutnya dari kiat mencari pekerjaan yang ampuh adalah dengan tidak terlalu memfokuskan pada jurusan kuliah yang Sobat Pintar sebelumnya pelajari. 

Di luar sana banyak juga lho pekerjaan yang memang tidak membutuhkan jurusan spesifik. Walaupun sebenarnya pekerjaannya tersebut memang ada dalam jurusan kuliahnya. Seperti administrasi, business development, HR, GA dan lain sebagainya.

Sobat Pintar dapat mencari pekerjaan di luar jurusan Sobat Pintar dan tetap mendapatkan pekerjaan tersebut. Tentunya hal tersebut karena perusahaan pun memahami bahwa kita tidak boleh melulu menilai seseorang dari cover nya saja.

3. Jangan takut dan malu untuk melamar

Takut dan malu kadang menjadi hal yang paling banyak ditemui oleh fresh graduate ketika mereka sedang mencari pekerjaan. Nah untuk Sobat Pintar, kalau Sobat Pintar mau ikuti tips mendapatkan pekerjaan dengan mudah ini, maka Sobat Pintar harus membuang jauh-jauh hal tersebut.

Takut hanya akan membuat Sobat Pintar berhenti di tempat dan tidak akan kemana-mana, begitu juga dengan malu. Tidak ada salahnya Sobat Pintar bertanya dan bahkan melamar ke tempat teman Sobat Pintar bekerja atau perusahaan teman Sobat Pintar. 

Ingat! Rezeki itu memang datang dari langit, tapi bukan berarti jauh begitu saja. Sobat Pintar pun harus berusaha untuk mendapatkannya. 

4. Coba-coba melamar boleh, tapi tetap dengan strategi

Karena mungkin tadi Sobat Pintar mengikuti tips cari pekerjaan yang kedua dan ketiga, jadinya Sobat Pintar coba-coba melamar ke sana kemari. Well… basically itu boleh dan sah-sah saja tidak apa-apa.

Namun alangkah lebih baiknya Sobat Pintar menggunakan strategi. Yang dimaksud dengan strategi di sini adalah Sobat Pintar melamar dengan sesuatu yang dapat Sobat Pintar kerjakan dan pertanggung jawabkan.

Jangan sampai karena Sobat Pintar mentang-mentang seorang fresh graduate, jadi Sobat Pintar berpikir bahwa perusahaan akan mengajarkan Sobat Pintar dari nol? Oh, tentu tidak!

Pastikan terlebih dahulu Sobat Pintar mengetahui job dasar atau secara umumnya posisi yang sedang Sobat Pintar lamar. Seperti contohnya ketika Sobat Pintar melamar menjadi seorang staf IT, pastikan terlebih dahulu pekerjaan di bidang IT apa yang mereka cari… apabila ternyata IT nya di sini adalah hal-hal yang berhubungan dengan coding, maka dapat dipastikan lagi kalau Sobat Pintar harus memahami Bahasa pemrograman.

Tips cari pekerjaan terakhir: Just Create your own Business! Pekerjakan saja dirimu sendiri

pekerjaan

Tips terakhir ini adalah tips yang mungkin mudah untuk dikatakan namun sulit untuk dilakukan. Ya, kalau mencari pekerjaan di tempat atau perusahaan sulit, kenapa Sobat Pintar tidak membuka usaha Sobat Pintar sendiri dan akhirnya membuka lowongan pekerjaan untuk banyak orang?

Mungkin bisa jadi Sobat Pintar tidak diterima di setiap lamaran yang Sobat Pintar kirim bukan karena Sobat Pintar tidak mempunyai kemampuan, tetapi karena Sobat Pintar sedang sial dan karena memang bukan jalan Sobat Pintar di sana. 

Sobat Pintar dapat membuka bisnis dengan modal yang Sobat Pintar miliki saat ini. Sekarang ini sudah banyak sekali tips cara membuka bisnis online, cara menjadi seorang pengusaha, dan lain sebagainya. 

Lalu apabila ternyata Sobat Pintar ingin membuka bisnis dengan pinjaman modal, sekarang Sobat Pintar memiliki Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman berbasis online yang dapat Sobat Pintar manfaatkan sebagai modal usaha di awal. Bagaimana? Mau bekerja atau mau berbisnis?

kredit pintar