Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

27 Feb 2024 by kreditpintar, Last edit: 06 Mar 2024

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional seluruh dunia. Bahasa ini mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan orang-orang seluruh dunia ketika berkunjung ke luar negeri. Jika kamu belum terlalu fasih berbahasa Inggris, simak pembahasan contoh dan cara tepat perkenalan diri dalam Bahasa Inggris berikut ini ya!

perkenalan diri dalam bahasa inggris

Baca juga: 6 Rekomendasi Situs Belajar Bahasa Inggris Gratis

Hal yang Boleh Diucapkan Dalam Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris

Berkenalan adalah cara kita sebagai manusia untuk memiliki teman atau keluarga baru. Perkenalan adalah sebuah awal bagi kita untuk membentuk koneksi. Seperti perkenalan menggunakan bahasa kita sehari-hari, berkenalan dengan bahasa Inggris juga memiliki beberapa tips nya. Nah sebelum membahas tentang contoh percakapan untuk perkenalan, kita bahas dulu ya apa saja yang boleh diucapkan maupun ditanyakan saat berkenalan dengan orang baru.

1. Salam

Salam sangat penting diucapkan saat perkenalan diri. Karena salam adalah sebuah pembuka untuk selanjutnya kita menyebutkan poin-poin dalam perkenalan. Dengan mengucapkan salam seperti Good Morning, Good Afternoon, dan lainnya akan membuat kita terlihat lebih sopan dan rendah hati.

2. Nama

Dalam konteks kondisi yang formal, tentu saja saat berkenalan yang pertama kita ingin tahu adalah namanya. Tanpa bertanya nama kita tidak akan bisa berkomunikasi atau membuat koneksi baru. Namun jika dalam kondisi yang sangat non formal seperti saat berbicara dengan seseorang di tempat umum dan pembicaraan berlangsung singkat, pertanyaan nama tersebut tidak terlalu penting.

3. Umur

Umur adalah hal yang cukup penting diucapkan atau ditanyakan saat dalam kondisi formal. Karena hal ini bisa juga menjadi patokan bagaimana cara kita berperilaku pada lawan bicara kita. Jika lawan bicara lebih tua, baiknya kita memperkenalkan diri dengan cara lebih sopan. 

4. Tempat asal

Saat berkenalan menyebutkan tempat darimana kita berasal juga boleh dilakukan. Di dalam kelas, atau tempat kerja baru hal ini cukup penting untuk mengetahui darimana saja rekan-rekan kita berasal. Karena dalam bahasa Inggris juga terdapat dialek atau aksen yang berbeda-beda.

5. Tujuan dan terima kasih

Dalam perkenalan menyebutkan tujuan kita datang ke tempat tersebut sangat boleh dilakukan. Karena hal ini bisa menjadi salah satu cara menunjukkan keterbukaan kita terhadap rekan-rekan baru. 

Terima kasih juga sangat penting diucapkan karena kita sudah diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri, dan nantinya pasti akan membutuhkan banyak bantuan dari rekan baru.

Hal yang Tidak Boleh Diucapkan Dalam Perkenalan Bahasa Inggris

Jika tadi kita sudah membahas mengenai hal apa saja yang boleh diucapkan atau ditanyakan saat berkenalan, selanjutnya kita akan membahas apa saja yang tidak boleh ditanyakan maupun dikatakan saat pertama kali berkenalan dengan seseorang.

perkenalan diri dalam bahasa inggris

Baca Juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

1. Tempat tinggal

Meskipun saat sekolah dasar kita pernah diajarkan untuk mengucapkan tempat tinggal kita saat berkenalan, namun hal ini sekarang tidak perlu diucapkan. Karena mengingat banyaknya kriminalitas tentang penyebaran data atau penguntitan, alangkah lebih baiknya jika kita mengatakan atau menunjukkan tempat tinggal kita pada teman yang sudah akrab.

2. Anggota keluarga

Saat sekolah dasar dahulu kita juga sering diajarkan untuk memperkenalkan siapa saja anggota keluarga kita saat sedang perkenalan di depan kelas. Hal seperti ini sekarang tidak perlu dikatakan karena alasan privasi. Seperti bahasan sebelumnya, sekarang ini penyebaran data pribadi sudah marak terjadi. Sehingga hal seperti ini boleh diucapkan jika sudah akrab saja ya.

3. Status pernikahan

Selanjutnya hal yang tidak boleh ditanyakan kepada orang yang baru kenal adalah status pernikahan. Menikah adalah suatu hal yang sangat pribadi, sehingga hal ini dirasa tidak terlalu sopan jika ditanyakan kepada seseorang saat awal berkenalan.

Contoh Perkenalan Dalam Bahasa Inggris

Bisa berbahasa Inggris dewasa ini cukup penting karena bahasa ini merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk komunikasi di seluruh dunia. Bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah-sekolah bahkan sejak bangku sekolah dasar. Sekarang pun banyak sekolah swasta yang juga menerapkan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.

perkenalan diri dalam bahasa inggris

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara untuk memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, simak pembahasan di bawah ini ya.

1. Contoh cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris di depan kelas

Salah satu cara untuk mempelajari bahasa Inggris adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Biasanya tempat kursus menyediakan berbagai tingkatan kelas, yakni mulai pemula hingga profesional. Untuk para pemula biasanya diajarkan tentang perkenalan bahasa Inggris dan hal-hal dasar dalam percakapan dalam sehari-hari.

Berikut adalah contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di depan kelas untuk pertama kali.

Good morning (selamat pagi)

Let me indroduce myself (perkenankan saya untuk memperkenalkan diri saya), my name is Brian (nama saya adalah Brian). I came from Jakarta (Saya datang dari Jakarta). Now, I’am 25 years old (sekarang saya berusia 25 tahun). I want to practice my English here, so I hope we can be friend (disini saya ingin berlatih bahasa Inggris, jadi saya harap kita bisa menjadi teman). Thank you (terima kasih).

2. Contoh perkenalan dalam bahasa Inggris saat bertemu orang baru (non formal)

Saat pertama kali berkunjung ke luar negeri, biasanya kita memerlukan tour guide yang merupakan warga lokal negeri tersebut. Biasanya bahasa yang digunakan rata-rata adalah bahasa Inggris. Kondisi ini bisa dibilang non formal sehingga tidak perlu perkenalan secara profesional.

Contoh perkenalan non formal saat bertemu orang baru.

Hai, my name is Brian. Nice to meet you! (Hai, nama saya Brian. Senang bertemu denganmu)

Cukup singkat bukan? Karena dalam kondisi perkenalan non formal kita tidak perlu mengucapkan hal yang detil. Hal ini bisa disebutkan saat kita terlibat dalam percakapan intens saja. Karena jika dalam konteks tour guide atau liburan, pertemuan tersebut hanya berlangsung singkat sehingga tidak perlu menyebutkan hal terlalu mendetil.

3. Contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris di perusahaan

Contoh perkenalan diri berikutnya adalah saat kita dalam kondisi berkeja atau menjadi karyawan baru dalam sebuah perusahaan. Perkenalan saat di perusahaan ini cukup formal dan sopan. Berikut adalah contoh perkenalan saat menjadi karyawan baru.

Hi Everyone! (Halo semuanya) My name is Brian (nama saya Brian). I’am 25 years old (saya berusia 25 tahun). Previously, I worked in PT Bina Nusantara as a Manager Assistant for two years (sebelumnya, saya pernah bekerja di PT Bina Nusantara sebagai Asisten Manajer selama dua tahun). To be an honour for being a part of this company (suatu kehormatan bisa menjadi salah satu bagian dari perusahaan ini) hopefully we can work together as a team (saya sangat berharap kita semua bisa bekerja sebagai tim). Thank you (terima kasih)

Baca Juga: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

Demikian pembahasan kita mengenai contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris dalam beberapa situasi. Hal terpenting dalam perkenalan adalah kesopanan, agar lawan bicara kita dapat menghargai kita.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Mar 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download