5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

19 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 20 Jun 2023

Saat ini, kegiatan belajar bahasa sangat mudah karena banyak aplikasi yang dapat diakses melalui gadget. Kamu bisa belajar kapan dan di mana saja dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Mau belajar bahasa Inggris tentunya lebih mudah, karena sudah ada aplikasi belajar bahasa Inggris dengan fitur unggulan. Kali ini kamu akan menemukan contoh aplikasi yang direkomendasikan yang di dalamnya menyediakan berbagai macam program belajar. Aplikasinya dirancang ramah bagi pemula hingga tingkat menengah ke atas. Saat ini ada banyak sekali aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa kamu temukan. Tapi, 5 contoh aplikasi berikut ini wajib dicoba. Tentunya rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris ini mudah diakses, tersedia dalam di iOs, Android, atau website secara gratis. 

Baca juga: Berikut Tips Belajar Bahasa Asing Mudah Dan Asyik

1. Duolingo

Aplikasi ini cocok untuk orang-orang yang ingin belajar Inggris dengan santai. Duolingo akan membantu kamu belajar bahasa inggris dengan cepat. Aplikasinya dirancang mudah diakses, dioperasikan, dan tampilannya menarik perhatian. Jadi, kamu bisa langsung menggunakan meskipun seorang pemula.

Sistem belajar di Duolingo yaitu mengenalkan kata-kata baru berdasarkan topik. Saat pertama kali masuk, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan, misalnya; 

  • tingkatan berapa pengetahuan bahasa inggrisnya, apakah hanya tahu beberapa kata/frase atau bisa memahami percakapan sederhana, atau bahkan sudah jago
  • apa tujuan belajar, misalnya untuk mengisi waktu luang, nambah skill bahasa, atau persiapan jalan-jalan ke luar negeri 
  • pertanyaan lainnya untuk membantu pengguna memperoleh pelajaran sesuai kebutuhan.

Sebelumnya, kamu perlu cari tahu bagaimana cara belajar di Duolingo. Saat belajar, kamu harus mencocokkan kata baru dengan gambar, menerjemahkan frasa bahasa Inggris kembali ke bahasa aslimu, atau mengulang frasa bahasa Inggris. 

Kamu bisa dengan mudah menyelesaikan semua pelajaran di Duolingo dalam waktu sekitar tiga bulan jika menggunakannya secara konsisten. Secara keseluruhan, aplikasi belajar bahasa Inggris ini adalah salah satu aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Inggris di tingkat pemula.

2. BBC Learning English

BBC Learning English menampilkan berbagai program yang dirancang dengan banyak materi terkini dan menghibur. Materi tentang bahasa inggris dapat kamu akses melalui aplikasi atau website. Kamu akan disuguhkan dengan program seperti courses, grammar, quizzes, dan test your level. 

Bagi pemula tetap bisa belajar dari aplikasi ini karena programnya dibuat dalam 3 tingkat; pemula, menengah, dan di atas rata-rata. Kelebihan aplikasi BBC Learning English yaitu materi tersedia dalam bentuk podcast dan drama. 

Tipe belajar auditori dan visual sangat cocok dengan aplikasi ini. Proses belajar pun tidak membosankan ya karena banyak pilihan program. Bosan dengar podcast, kamu bisa memilih program belajar melalui drama. Setiap pelajaran dilengkapi dengan catatan dan transkrip pembelajar, dan biasanya ada kuis tiga pertanyaan cepat sesudahnya. Kamu bahkan dapat mengunduh semua pelajaran untuk didengarkan secara offline. Selain itu, ada pelajaran baru setiap hari dan aplikasi ini tepat bagi guru dan siswa. 

Baca juga: 5 Tips Belajar Bahasa Korea yang Mudah dan Cepat

3. Memrise

Aplikasi  belajar bahasa Inggris yang satu ini berbeda dengan aplikasi belajar sebelumnya. Keunikan aplikasi Memrise yaitu sangat berbasis flashcard dan difokuskan untuk mengajarkan kata-kata bahasa Inggris. Belajar dengan cara kreatif dan lucu menjadi ciri khas saat kamu menggunakan aplikasi ini. Kenapa Memrise? Karena program belajar di Memrise dirancang oleh pengguna, sehingga kamu dapat melihat bagaimana dan apa saja kata bahasa inggris yang diakses pelajar lain. Aplikasi ini juga melacak kata-kata apa yang telah kamu pelajari sehingga kamu dapat kembali dan meninjaunya kembali.

Selain itu, belajar di Memrise dua kali lebih cepat menguasai kosakata baru bahasa inggris dibandingkan belajar di ruang kelas reguler, pembelajaran imersif yaitu belajar yang mengutamakan kenyamanan pengguna aplikasi, dan mencakup semua kebutuhan dari liburan hingga pendukung studi. Banyak pelajar yang merasa bahwa belajar kata-kata baru dalam bahasa Inggris bukan hal sulit karena di Memrise akan membuatnya menyenangkan dan mudah. Aplikasi ini banyak direkomendasikan untuk pelajar di tingkat mana pun yang ingin memperluas kosa kata mereka. 

4. ELSA speak

Sedang cari aplikasi belajar untuk membantu kamu meningkatkan pelafalan bahasa inggris maka aplikasi ELSA Speak adalah pilihan yang tepat. Kekuatan terbesar aplikasi ini adalah umpan balik coach yang intensif. Selain itu, ELSA speak memiliki program pelatihan mini untuk menyempurnakan pelafalan bahasa Inggris kamu.

Coach di ELSA speak akan menganalisis rekaman berdasarkan pengucapan, intonasi, dan kefasihan lalu menunjukkan dengan tepat bagian mana yang terdengar tidak akurat. Aplikasi ini juga menunjukkan hasil dalam bentuk persentase bertujuan untuk mengukur seberapa mirip suara kamu dengan penutur asli

Aplikasi ini banyak direkomendasikan bagi setiap pelajar yang ingin melatih kemampuan berbicara bahasa inggrisnya mereka. Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan jika ingin menikmati fitur lebih banyak bisa upgrade ke Elsa speak Pro. 

Baca juga: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

5. Busuu

Busuu adalah aplikasi belajar bahasa inggris dengan sistem belajarnya dapat berbicara dengan penutur asli bahasa inggris untuk melatih keterampilan percakapan. Beberapa pelajaran yang bisa kamu peroleh antara lain; 

  1. Kosa-kata yang tidak terbatas 
  2. Dialog pelajaran 
  3. Sesi rekaman 
  4. Sesi latihan menulis 
  5. Ulasan pelajaran
  6. Latihan percakapan dengan penutur bahasa Inggris.

Komponen yang tersedia di aplikasi Busuu memungkinkan kamu memperoleh pembelajaran lengkap seperti berlatih berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Selain itu, aplikasi belajar ini mudah diakses dan ramah bagi pelajar pemula. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang tepat untuk digunakan oleh pelajar hingga orang dewasa. Busuu direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin meningkatkan kemampuan lisan bahasa Inggris.

Nah, di antara deretan rekomendasi aplikasi belajar bahasa Inggris di atas, mana yang sudah kamu coba? Setiap aplikasi tentu memiliki keunggulan yang bisa dirasakan pengguna melalui fiturnya.  Semoga ulasan kali ini bermanfaat, khususnya untuk kamu yang sedang belajar bahasa Inggris. Agar lebih optimal, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi dan mencocokkan dengan gaya belajarmu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download