5 Tips Belajar Bahasa Korea yang Mudah dan Cepat

01 Jul 2021 by Laruan
5 Tips Belajar Bahasa Korea yang Mudah dan Cepat

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula budaya asing yang kehadirannya berdampingan dengan budaya-budaya lokal. Keberadaannya ini terkadang membuat Sobat Pintar tergerak untuk mempelajari budaya asing tersebut, entah kebiasaan, tradisi, bahkan sampai kepada bahasanya. Berbicara tentang bahasa, sudah sangat terkenal bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling terkenal di seluruh dunia. Namun, seiring berkembangnya zaman, rasanya tidak cukup apabila Sobat Pintar hanya menguasai satu bahasa asing saja.

Mampu berbahasa asing memang membawa keberuntungan, baik dari segi peluang mendapatkan pekerjaan maupun mengasah kemampuan berpikir Sobat Pintar yang menjadi lebih tajam. Salah satu bahasa asing yang marak dipelajari oleh masyarakat Indonesia adalah Bahasa Korea, seiring dengan masuknya budaya K-pop sejak awal tahun 2000-an sampai saat ini.

Sekilas Mengenai Bahasa Korea

Bahasa Korea atau yang biasa disebut dengan hangookeo (한국어) memiliki karakteristiknya sendiri dan berbeda dengan Bahasa Indonesia maupun Inggris. Seperti bahasa-bahasa negara kawasan Asia Timur lainnya, Bahasa Korea memiliki jenis tulisannya sendiri yang disebut dengan hangeul (한글). Hangeul merupakan penamaan alfabet Bahasa Korea yang berjumlah 40 karakter. Kalau Sobat Pintar ingin belajar Bahasa Korea, harus siap berkenalan dengan huruf-huruf yang cara penulisannya pun berbeda, ya!

Begitu tahu bahwa Bahasa Korea memiliki konsonan serta cara penulisan dan pelafalan yang berbeda, bukan berarti Bahasa Korea sulit untuk dipelajari. Bahkan di Indonesia saja, Bahasa Korea sudah mulai marak digunakan oleh publik. Beberapa contohnya adalah dengan hadirnya restoran-restoran khas makanan Korea, toko kosmetik Korea, toko grosir Korea, dan tempat-tempat umum lainnya yang mana para pegawainya menggunakan Bahasa Korea untuk mengucapkan hal-hal umum, seperti menyambut pelanggan yang baru saja datang.

Buku menu, katalog, keterangan produk, dan hal-hal yang tersedia juga cenderung menggunakan Bahasa Korea yang diromanisasikan maupun yang masih dalam bentuk hangeul. Biasanya, tulisan-tulisan itu juga disediakan versi Bahasa Indonesia maupun Inggrisnya sehingga masyarakat bisa mengetahui setiap arti dari tulisan-tulisan tersebut.

Tips Belajar Bahasa Korea

Apabila Sobat Pintar mulai tergerak dan berniat untuk mempelajari Bahasa Korea, berikut beberapa tips belajar Bahasa Korea  yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk dapat belajar Bahasa Korea secara mudah dan tepat:

1. Menulis dan membaca huruf Korea

Ini adalah cara yang mendasar pada saat mempelajari Bahasa Korea. Bahasa Korea tidak akan bisa dipelajari apabila tidak bisa dibaca hurufnya. Dibutuhkan niat serta usaha yang lebih untuk memahami bentuk tulisan dan cara membacanya. Sungguh menyenangkan apabila Sobat Pintar mempelajari sesuatu yang sebelumnya tidak pernah Sobat Pintar coba dan Sobat Pintar berhasil dalam melakukan itu.

Sobat Pintar dapat mencoba dari hal yang sangat sederhana. Pertama, tentunya berkenalan dengan 40 karakter hangeul. Sobat Pintar dapat mempelajari huruf-huruf dasar ini baik melalui gambar maupun video yang bisa diakses di mana pun. Apabila sudah bisa menuliskannya, maka belajarlah untuk membacanya. Begitu Sobat Pintar sudah mulai bisa menulis dan membaca, maka cobalah setiap harinya menuliskan ulang lagu-lagu Korea dengan hangeul dan membacanya dari awal sampai akhir.

Tips belajar bahasa Korea ini dapat membantumu melatih kemampuan menulis dan membaca secara cepat dengan mengandalkan kebiasaan-kebiasaan yang Sobat Pintar ciptakan sendiri.

2. Menambah kosakata melalui K-Drama dan K-Songs

Belajar dengan cara learning by doing adalah cara yang paling menyenangkan. Karena tidak adanya tekanan yang dirasakan maupun dibebankan kepada Sobat Pintar pada saat belajar dengan cara menerapkannya langsung. Ketika sudah bisa menulis dan membaca sebuah lagu, mulailah Sobat Pintar membedah kata-kata setiap syair lagu dan artikannya ke dalam Bahasa Indonesia. Setelah itu, Sobat Pintar harus menyiapkan satu buku catatan yang tujuannya adalah untuk mencatat seluruh kosakata yang akan Sobat Pintar cari tersebut.

Selain Sobat Pintar tuliskan kosakata dari lagu, apabila Sobat Pintar adalah pecinta K-drama atau K-movie, sebuah keuntungan bagi Sobat Pintar dalam melakukan metode penambahan kosakata Bahasa Korea baru. Sudah dipastikan bahwa tontonan drama maupun film Korea akan memperkenalkan Sobat Pintar dengan kosakata-kosakata baru. 

Tidak hanya baru, yang namanya pembicaraan sehari-hari pasti akan terjadi pengulangan di episode-episode selanjutnya. Kondisi ini dapat membantu Sobat Pintar lebih mudah untuk mengingat kosakata tersebut dan akhirnya hafal dengan sendirinya.

3. Mencari teman belajar

3. Mencari teman belajar

Apabila Sobat Pintar merasa kesepian dengan belajar sendiri, mulailah ajak teman-temanmu untuk mempelajari bahasa asing selain Inggris ini. Sobat Pintar bisa jelaskan ke teman-temanmu bahwa Bahasa Korea tidak sesulit yang terlihat dan terkesan seru saat dipelajari. Terlebih apabila teman-temanmu adalah pecinta K-pop atau K-drama, akan sangat mudah membujuk mereka untuk belajar bersama Sobat Pintar.

Adanya teman belajar membuat Sobat Pintar menjadi interaktif mengingat bahwa Sobat Pintar tidaklah sendirian apabila ingin melatih kemampuan bicara Sobat Pintar. Sobat Pintar dapat mengajak temanmu juga untuk berdialog menggunakan kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya. Selain berlatih mengingat kosakata yang sudah dihafal, secara tidak langsung Sobat Pintar juga belajar untuk merangkai sebuah kalimat sesuai dengan struktur kalimat Bahasa Korea saat bicara dengan temanmu. 

4. Jangan selalu merasa tidak mampu

Merasa tidak percaya diri akan kemampuan memang sering terjadi apabila kita baru saja mempelajari suatu hal, sama halnya dengan baru mempelajari bahasa asing seperti ini. Namun, apabila perasaan seperti itu sudah mulai menyerang, perlu Sobat Pintar ingat bahwa kemampuanmu tidak akan berkembang apabila Sobat Pintar tidak ada waktu untuk melatihnya. Selain melakukan percakapan dengan teman belajar, Sobat Pintar juga dapat melakukan hal lainnya yang dapat terus melatih kemampuan Bahasa Korea Sobat Pintar agar semakin lama semakin meningkat.

Contohnya adalah dengan melatih kemampuan menulis dan kosakatamu yang dituangkan ke dalam status media sosial. Sobat Pintar dapat menuliskan apapun dan metode itu merupakan salah satu cara agar Sobat Pintar tetap melatih kemampuan Bahasa Koreamu tanpa harus merasa tidak mampu.

Tips belajar bahasa Korea belajar bahasa Korea ini akan membuatmu lebih percaya diri apabila menerapkannya di media sosial Sobat Pintar, walaupun pada saat bersama teman pun harus percaya diri dalam berbicara dan buang jauh-jauh rasa takut salahmu dalam proses belajar.

5. Mendaftarkan diri untuk kursus Bahasa Korea

Tips belajar bahasa Korea belajar bahasa Korea ini bisa Sobat Pintar ambil apabila Sobat Pintar merasa ingin lebih serius dalam mempelajari Bahasa Korea. Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti ini, banyak kelas-kelas daring yang dibuka khusus untuk belajar Bahasa Korea. Apabila Sobat Pintar berpikir mengenai biaya pendaftarannya, Sobat Pintar bisa menghubungi Kredit Pintar untuk membantumu memberikan bantuan pinjaman online yang tersedia selama 24 jam. 

Lembaga kursus akan membantumu belajar Bahasa Korea lebih fokus karena terjadi interaksi antara Sobat Pintar dan tutor yang mengajar. Sobat Pintar juga bisa secara interaktif bertanya apabila ada hal-hal yang Sobat Pintar rasa perlu dipertanyakan kembali. Dengan bantuan Kredit Pintar dengan pinjaman online-nya selama 24 jam, tidak ada yang perlu Sobat Pintar khawatirkan dan langsung saja mencari lembaga kursus Bahasa Korea dan daftarkan segera dirimu.

Tidak akan rugi apabila Sobat Pintar bisa menguasai bahasa asing selain Bahasa Inggris, salah satunya adalah Bahasa Korea. Belajar Bahasa Korea dapat dengan mudah dan cepat Sobat Pintar lakukan, asalkan keinginan serta realisasinya harus kuat, ya, agar terwujud.

Selain belajar sendiri, Sobat Pintar juga dapat mengajak temanmu untuk belajar dan melatih Bahasa Korea bersama. Lalu, pilihan untuk mengambil kursus belajar Bahasa Korea pun bisa Sobat Pintar lakukan demi memiliki kemampuan Bahasa Korea yang mumpuni untuk dirimu sendiri.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Jul 2021
mobile-closeKredit PintarDownload