6 Cara Menyusun Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu

01 Jul 2021 by Laruan
6 Cara Menyusun Skripsi Agar Selesai Tepat Waktu

Salah satu tujuan dari kuliah adalah untuk mendapatkan gelar. Untuk mendapatkan gelar, seorang mahasiswa harus menjalani proses pembuatan skripsi. Membuat skripsi memang tidak mudah, nyatanya banyak mahasiswa yang gagal menyelesaikan kuliahnya karena skripsi tidak selesai. Namun, jika Sobat Pintar fokus dan bersungguh-sungguh, skripsi dapat dengan mudah Sobat Pintar diselesaikan. Yang perlu Sobat Pintar tahu adalah bagaimana cara menyusun skripsi agar selesai tepat waktu.

Ada banyak metode dan cara menyusun skripsi agar selesai tepat waktu. Namun, yang paling penting dari semua itu adalah bahwa Sobat Pintar harus memiliki keteguhan hati dan harapan yang kuat untuk dapat lulus dari Universitas. Dengan pegangan tersebut Sobat Pintar dapat fokus dan meminimalisir hambatan dalam menyelesaikan skripsi. Selanjutnya tinggal cari cara yang tepat untuk menyusun skripsi agar selesai tepat waktu.

Sebelum Sobat Pintar memulai mengerjakan skripsi, ada baiknya Sobat Pintar merubah mindset dengan menghilangkan pemikiran-pemikiran yang menghambat laju pengerjaan skripsi Sobat Pintar. Contohnya adalah pemikiran tentang waktu yang masih panjang, Dosen pembimbing yang killer, masih banyak teman yang belum lulus, dan lain sebagainya. Pemikiran seperti inilah yang biasanya membuat skripsi menjadi molor atau bahkan tidak terselesaikan.

Sekarang, siapkan diri Sobat Pintar lahir dan batin! Mari kita bahas bagaimana cara menyusun skripsi agar selesai tepat waktu.

1. Pilih topik yang tepat

Ibarat kata pergi ke bioskop untuk menonton film, kita akan memilih film yang kita suka berdasarkan genre, plot, pemeran dan lain sebagainya. Setelah film selesai kita tonton, kita dapat menceritakan kembali film tersebut dengan detail dan antusias karena kita menikmati film tersebut. Berbeda jika kita menonton film yang tidak kita suka, maka kita akan kesusahan untuk menceritakannya kembali.

Memilih topik skripsi itu seperti memilih genre film, maka pilihlah yang sesuai dengan yang Sobat Pintar suka. Dengan begitu Sobat Pintar bisa menikmati proses penelitian maupun penulisan dengan hati senang. Ditambah lagi, materi penelitian akan mudah Sobat Pintar pahami yang nantinya berguna untuk presentasi di depan penguji. Itu semua bisa terjadi jika dari awal Sobat Pintar suka dengan topik yang Sobat Pintar pilih.

Ingat, pilih topik yang sesuai dengan jurusan Sobat Pintar. Lihat topik Sobat Pintar dari berbagai sudut pandang, apa saja yang bisa dikaitkan dengan jurusan Sobat Pintar. Protip-nya, buatlah minimal 3-5 topik agar Sobat Pintar punya topik cadangan kalau-kalau satu ditolak. Dengan begitu Sobat Pintar tidak perlu menghabiskan banyak waktu lagi untuk mencari topik lain.  

2. Tentukan target Sobat Pintar

Setelah menemukan topik, sekarang saatnya Sobat Pintar menentukan target kerja. Contoh target yang bisa Sobat Pintar buat adalah menyelesaikan 1 bab dalam waktu 1 bulan. Ini bisa menjadi alarm dan penyemangat agar Sobat Pintar berhenti bersantai ketika target belum tercapai. Selain itu target dibuat agar Sobat Pintar dapat membagi waktu antara mengerjakan skripsi, bertemu teman, atau sekedar rileks.

Untuk membantu Sobat Pintar membagi waktu yang seimbang antara penyusunan skripsi dan hidup sosial, Sobat Pintar perlu membuat jadwal. Jadi, jangan lupa untuk membuat jadwal-jadwal penting sehingga Sobat Pintar selalu waspada terhadap waktu. Contohnya seperti jadwal bertemu dosen pembimbing, jadwal mencari referensi, jadwal penelitian dan lain sebagainya. 

Mau yang lebih ekstrim? Buatlah sebuah kalimat peringatan yang membuat Sobat Pintar merasa rugi jika skripsi tertunda. Misalnya, “skripsi tertunda = menunda bertemu calon mertua”. Cukup ekstrim, bukan?

3. Luangkan 3-4 jam setiap hari

Pernah dengar istilah ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’? Istilah tersebut juga cocok dipakai untuk menggambarkan proses pengerjaan skripsi Sobat Pintar. Jangan dipaksakan untuk mengerjakan secara terus menerus karena nanti Sobat Pintar sendiri yang kecapekan. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit dengan fokus dan teliti agar hasilnya lebih maksimal.

Biasanya di tahap mahasiswa mengerjakan skripsi, waktu luang sangat banyak karena jadwal kuliah yang lebih longgar. Jangan sia-siakan waktu luang tersebut untuk bebas bersantai, alih-alih gunakan kesempatan tersebut untuk mengerjakan skripsi. Luangkan waktu barang 3-4 jam sehari untuk menulis, membaca buku referensi, menyebar kuesioner, dan lain-lain. Dengan begitu pengerjaan skripsi akan selalu berjalan dan capaian target akan terasa lebih ringan.

4. Berkonsultasi ke Dosen Pembimbing

Rajin-rajinlah berkonsultasi dengan dosen pembimbing karena itu merupakan salah satu cara menyusun skripsi agar selesai tepat waktu yang ampuh. Sediakan waktu 2-3 kali dalam seminggu untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Dari situ Sobat Pintar akan mendapatkan banyak masukkan tentang skripsi Sobat Pintar sehingga kesulitan-kesulitan yang Sobat Pintar temui dapat segera teratasi. Dosen pembimbing akan senang jika mahasiswa yang dibimbing aktif dan punya semangat yang tinggi. Selain membimbing Sobat Pintar beliau juga punya banyak kesibukan lain, jadi jangan menunggu beliau untuk mencari Sobat Pintar, ya! 

Berdasarkan pengalaman saya, mahasiswa tidak dapat memilih dosen pembimbing. Dosen pembimbing ditentukan berdasarkan topik yang kita pilih sehingga dosen tersebut bisa membimbing kita secara maksimal. Namun, jika Sobat Pintar bisa memilih, maka Sobat Pintar punya kebebasan untuk memilih dosen yang Sobat Pintar suka.

Berkonsultasi ke Dosen Pembimbing

5. Hindari kegiatan yang banyak menyita waktu

Ada waktunya untuk aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, kegiatan sosial, maupun kegiatan ekstrakurikuler. Waktunya adalah ketika Sobat Pintar berada di semester awal hingga akan skripsi. Menjelang semester akhir ada baiknya Sobat Pintar meninggalkan kegiatan-kegiatan tersebut dan berkonsentrasi pada skripsi Sobat Pintar. Jika tidak ditinggalkan, kegiatan-kegiatan tersebut akan menyita banyak waktu Sobat Pintar akhirnya skripsi Sobat Pintar jadi terbengkalai.

Begitu juga dengan pekerjaan sampingan, jika memungkinkan, lebih baik Sobat Pintar jangan bekerja dulu dan tuangkan konsentrasi Sobat Pintar pada skripsi. Semakin cepat skripsi selesai, semakin cepat pula Sobat Pintar bekerja kembali dengan gaji yang berkali-kali lipat. Banyak mahasiswa yang memiliki pekerjaan sampingan akhirnya gagal wisuda karena lebih mengutamakan mencari uang daripada menyelesaikan skripsi. Padahal, tidak dapat dipungkiri bahwa dengan ijazah universitas, gaji yang didapat bisa jauh lebih besar.

6. Ada orang tua yang menunggu kabar baik 

Rasa malas itu bisa menyerang kapan saja dan siapa saja tidak terkecuali Sobat Pintar. Jadi, tetap jaga komitmen Sobat Pintar dan ingat pengorbanan orang tua dalam membiayai sekolah Sobat Pintar hingga kuliah. Biaya pendidikan tentunya tidak murah dan orang tua harus selalu memeras keringat, membanting tulang untuk membiayai pendidikan Sobat Pintar. Dengan mengingat jasa orang tua juga dapat menumbuhkan kembali semangat Sobat Pintar dalam mengerjakan skripsi agar selesai tepat waktu.

Kabar baik yang ditunggu orang tua dari Sobat Pintar adalah tanggal wisuda Sobat Pintar.
Nah, setelah membaca cara menyusun skripsi agar selesai tepat waktu, sekarang saatnya untuk mulai bergerak dan mencari topik-topik menarik untuk skripsi Sobat Pintar. Jika Sobat Pintar membutuhkan buku-buku referensi, Kredit Pintar siap membantu Sobat Pintar dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat. Raih impian Sobat Pintar dengan Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload