4 Rekomendasi Kuliah Online untuk yang Bekerja

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 06 Jul 2022

Pengalaman untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi adalah impian banyak orang, khususnya bagi para siswa dan siswi yang sudah menyelesaikan pendidikannya di tingkat menengah atas. Namun, sayangnya, tidak semua orang memiliki privilese untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi sehingga kuliah online pun menjadi pilihan.

Kini dengan semakin berkembangnya zaman, banyak kampus di Indonesia yang menyediakan pilihan metode perkuliahan yang lebih beragam dan fleksibel, seperti metode kuliah online. Dengan pilihan kuliah online, Anda dapat tetap mengikuti perkuliahan di mana saja dan kapan saja terlepas dari kesibukan yang sedang Anda jalani. Terlebih lagi, biaya kuliah online pun cenderung lebih terjangkau.

Jika Anda penasaran, berikut empat rekomendasi kampus kuliah online terbaik yang dapat Anda jadikan pilihan!

Keunggulan Kuliah Online

Kuliah online tentunya memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan sistem kuliah konvensional yang mewajibkan mahasiswa untuk secara rutin datang ke kampus dan berkuliah secara tatap muka. Beberapa keunggulan kuliah online, yaitu:

  1. Jadwal perkuliahan yang fleksibel sehingga dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Banyak program kuliah online yang juga membebaskan mahasiswa untuk menentukan jadwal perkuliahannya sendiri.
  2. Biaya pendidikan yang lebih terjangkau. Selain itu, mahasiswa juga tidak perlu mengeluarkan biaya lain selain biaya perkuliahan karena proses pembelajaran dilakukan secara online.
  3. Kualitas pendidikan, tenaga pendidik, dan fasilitas e-learning yang berkualitas dan lengkap meskipun melalui proses perkuliahan jarak jauh.

Baca Juga: Cara Menjadi Dokter dan Kisaran Gaji Dokter Spesialis

Universitas Dian Nusantara 

Universitas Dian Nusantara (UNDIRA) merupakan salah satu perguruan tinggi yang menyediakan program kuliah online atau disebut Program Kelas Karyawan. Sesuai namanya, program ini dirancang secara khusus untuk Anda yang sudah bekerja dan memiliki keterbatasan waktu untuk berkuliah. Universitas Dian Nusantara memiliki tiga lokasi kampus yang dapat Anda pilih, yakni Kampus Tanjung Duren (Jakarta Barat), Kampus Cengkareng (Jakarta Barat), dan Kampus Cibubur (Bekasi).

Program Kelas Karyawan di UNDIRA terdiri dari metode perkuliahan Blended Learning yang mengkombinasikan pertemuan tatap muka dan online atau metode perkuliahan fleksibel (full online). Selain itu, program ini menawarkan empat jenis kelas dan jadwal kuliah online yang dapat Anda pilih, yakni:

  1. Kelas Malam, dilaksanakan setiap hari Senin – Jumat, pukul 18.30 – 21.00 WIB dan ditambah dengan Blended Learning.
  2. Kelas Sabtu Pagi, dilaksanakan setiap Sabtu, pukul 07.00 – 14.30 WIB dan ditambah dengan Blended Learning.
  3. Kelas Sabtu Siang, dilaksanakan setiap Sabtu, pukul 14.30 – 21.30 WIB dan ditambah dengan Blended Learning.
  4. Kelas Shift, kelas ini memiliki jadwal kuliah yang fleksibel.

Fakultas dan Program Studi yang ditawarkan meliputi:

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Bisnis menyediakan enam program studi, yaitu Manajemen, Hubungan Masyarakat, Penyiaran, Akuntansi, Komunikasi Pemasaran dan Periklanan, dan Sastra Inggris.
  2. Fakultas Ilmu Teknik dan Informatika menyediakan empat program studi, yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Sipil.

Biaya kuliah untuk Program Kelas Karyawan di UNDIRA sangat terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan mahasiswa. Rincian biaya perkuliahan untuk kuliah online di UNDIRA terdiri dari dua macam biaya, yaitu uang pangkal dan biaya kuliah per semester.

  1. Uang Pangkal: Uang pangkal hanya dibayarkan sekali oleh calon mahasiswa UNDIRA dan dapat dicicil sebanyak dua kali. Biaya uang pangkal adalah sebesar Rp 2.000.000 dan sudah termasuk jaket almamater dan kartu mahasiswa.
  2. Biaya Kuliah per Semester: Biaya kuliah per semester adalah sebesar Rp 3.900.000 dan dapat diangsur setiap bulan sebesar Rp 650.000. Biaya ini sudah termasuk uang SKS, ujian, dan praktikum.

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat Apa Itu Auditor, Jenis

Universitas Sangga Buana YPKP

Universitas Sangga Buana YPKP merupakan universitas yang juga memiliki program kuliah online. Berbeda dari program kuliah online di UNDIRA, Universitas Sangga Buana YPKP (USB YPKP) menyediakan program kuliah online sebagai pelengkap proses belajar mengajar mahasiswa, yaitu melalui fasilitas e-learning. Fasilitas e-learning ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan kapan saja dan di mana saja dan sudah disediakan sejak tahun 2015.

Dengan adanya fasilitas e-learning, mahasiswa USB YPKP tidak diwajibkan untuk rutin datang ke kampus. Kuliah online yang disediakan pun juga interaktif dan terdiri dari konten terbuka (open content) serta pembelajaran mobile (mobile learning). Terlebih lagi, fasilitas ini juga memungkinkan dosen untuk dapat mengajar di beberapa tempat sekaligus secara bersamaan. 

Selanjutnya, fasilitas e-learning di USB YPKP juga tidak terbatas untuk mahasiswa yang bergabung di dalam program, jurusan, atau fakultas tertentu. Melainkan, seluruh mahasiswa dari Program Diploma (D3), Sarjana (S1), dan Pasca Sarjana (S2) dapat mengakses fasilitas e-learning yang disediakan. Namun, USB YPKP tetap menawarkan Program Kelas Khusus Karyawan yang dapat diikuti bagi Anda yang sibuk bekerja.

Untuk biaya pendidikan, USB YPKP memiliki kisaran biaya kuliah yang bervariasi tergantung pada program studi yang diikuti. Secara umum, biaya pendidikan untuk Program Vokasi (D3) adalah sebesar Rp 1.500.000 untuk uang pangkal dan Rp 5.500.000 untuk biaya per semester. Sementara itu, biaya pendidikan untuk program Sarjana (S1) adalah sebesar Rp 1.500.000 untuk uang pangkal dan Rp 5.800.000 untuk biaya per semester.

Universitas Widyatama

Selain kedua universitas yang telah dibahas sebelumnya, Universitas Widyatama juga dapat menjadi pilihan Anda untuk mengikuti kuliah online. Sama seperti program kuliah online yang disediakan oleh USB YPKP, program kuliah online di Universitas Widyatama disediakan dalam bentuk fasilitas e-learning yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa. Namun, kampus ini juga memiliki Kelas Khusus Karyawan dengan fasilitas e-learning  bagi Anda yang sibuk bekerja.

Program Kelas Khusus Karyawan di Universitas Widyatama diatur secara Blended Learning dengan frekuensi perkuliahan tatap muka sebanyak tiga kali dalam satu semester. Selain fasilitas e-learning, kampus ini juga menyediakan fasilitas lainnya, seperti laboratorium, studio, perpustakaan, dan sarana olahraga untuk menunjang perkuliahan tatap muka yang sesekali berlangsung. Keunggulan lainnya dari Program Kelas Khusus Karyawan di kampus ini adalah tidak adanya batasan usia bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, lho.

Kampus Universitas Widyatama berlokasi di Bandung. Untuk pilihan waktu kuliah, kampus ini menyediakan beberapa pilihan jadwal, yaitu:

  1. Kelas Malam, dilaksanakan pada hari Senin – Jumat, pukul 18.00 – 21.30 WIB dan ditambah dengan e-learning.
  2. Kelas Sabtu Pagi, dilaksanakan pada hari Sabtu, pukul 07.00 – 14.30 WIB dan ditambah dengan e-learning.
  3. Kelas Sabtu Siang, dilaksanakan pada hari Sabtu, pukul 14.30 – 21.30 WIB dan ditambah dengan e-learning.

Biaya kuliah di Universitas Widyatama bervariasi tergantung pada program studi yang diambil. Secara umum, Program Diploma (D3) dikenakan biaya sebesar Rp 12.500.000 untuk uang pembangunan dan Rp 6.000.000 untuk biaya per semester. Selain itu, Program Sarjana (S1) dikenakan biaya sebesar Rp 15.000.000 untuk uang pembangunan dan Rp 7.200.000 untuk biaya per semester.

Demikian ulasan mengenai kuliah online UNDIRA, kuliah online USB YPKP, dan kuliah online Widyatama. Kini, pendidikan berkualitas semakin lebih accessible dengan hadirnya program kuliah online di berbagai kampus di Indonesia. Jadi, sibuk bekerja tidak lagi menjadi halangan Anda untuk mengenyam pendidikan yang lebih tinggi, ya.

Baca Juga: Mengenal Hustle Culture: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download