Pentingnya Brand Identity dan 5 Manfaatnya dalam Bisnis

14 Sep 2021 by Laruan

Bagi pelaku bisnis, brand sangatlah penting dan harus didukung secara maksimal eksistensinya. Tanpa memaksimalkan brand, sudah pasti masyarakat luas tidak akan mengenal tentang produk yang Sobat Pintar pasarkan. Sehingga dapat menyebabkan proses marketing tidak akan berpengaruh terhadap penjualan. Maka daripada itu, perlu sekali adanya brand identity yang kuat untuk bisa mencapai target marketing. 

Selain untuk mencapai target marketing, apa saja manfaatnya? Lalu bagaimana cara membangun identitas brand untuk sebuah produk? Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya memaham dulu tentang pengertiannya. 

Jaga Arsip Selfie KTP Dengan Aman, Agar Terhindar dari Penipuan. Begini caranya.

Pentingnya Brand Identity dan 5 Manfaatnya dalam Bisnis

Apa Itu Brand Identity 

Secara garis besar, hal tersebut merupakan kumpulan elemen dalam sebuah perusahaan yang bertujuan untuk membangun citra serta persona untuk konsumen. Ketika sebuah brand sangatlah kuat, maka konsumen akan dengan mudah mengenali produk Sobat Pintar. Sebut saja brand-brand terkenal seperti Apple, di mana akan mengenalnya sebagai perusahaan produsen alat komunikasi. 

Dari contoh singkat tersebut, Sobat Pintar sudah bisa mendapatkan gambaran seberapa pentingnya identitas brand untuk sebuah produk. Walaupun begitu masih banyak yang bingung membedakan tentang branding dan juga identitas brand. Perbedaannya sendiri sangalah signifikan, di mana untuk branding adalah proses dari praktek marketing yang digunakan untuk bisa mencapai identitas brand.

Cara Membangun Identitas Brand 

Dari penjelasan akan pengertian identitas brand tersebut, maka Sobat Pintar pun harus tahu bagaimana cara untuk membangunnya. Berikut ini adalah caranya: 

1. Bangun Identity Riset Market 

Cara pertama yang perlu Sobat Pintar lakukan adalah dengan melakukan riset pasar. Dalam hal marketing, riset pasar sangatlah penting untuk dilakukan. Sobat Pintar harus bisa memahami target pasar yang akan menggunakan produk yang sedang dibangun. Tidak hanya itu saja, Sobat Pintar juga perlu tahu bagaimana pandangan dari konsumen terhadap produk serta layanan bisnis. 

Riset pun tidak hanya berhenti disitu saja, Sobat Pintar juga perlu mengevaluasi serta menganalisa kondisi pesaing. Kalau memang memungkinkan pun membongkar strategi marketing yang digunakan. 

Jika semua sudah Sobat Pintar kumpulkan, selanjutnya lakukan penilaian siapa saja target pasar, apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan strategi yang dijalankan competitor. Dengan ketiga elemen ini, maka Sobat Pintar bisa mulai membuat rangkaian strategi untuk memasarkan produk. 

2. Buat nilai unik dalam produk  untuk memperkuat brand

Cara membangun identitas brand selanjutnya dengan menciptakan nilai unik dalam produk. Sobat Pintar dapat membuat nilai ini dari visi, misi, logo atau bahkan slogan yang mudah diingat. Walaupun tidak berpengaruh terlalu besar, tapi adanya nilai unik dalam sebuah produk mampu mendorong angka penjualan. 

3. Susun strategi mengembangkan brand

Menyusun strategi marketing tepat sasaran adalah cara selanjutnya dalam memaksimalkan identitas brand. Proses yang satu ini pun tidaklah mudah, Sobat Pintar harus benar-benar terus berjuang hingga brand dapat diterima target pasar. Penggunaan media sosial pun bisa Sobat Pintar manfaatkan dengan maksimal. 

Media sosial dapat membantu Sobat Pintar untuk mencapai target pasar yang lebih tepat, di mana Sobat Pintar dapat membuat kampanye menarik tentang brand dan sesuai dengan nilai yang Sobat Pintar ingin sampaikan kepada konsumen. 

4. Buat desain menarik dan mudah diingat 

Ketika Sobat Pintar menjalankan sebuah bisnis, maka desain adalah hal yang sangat penting. Entah itu untuk desain logo, tipografi, warna dan lain sebagainya. Sobat Pintar harus membuat sebuah desain yang mudah dikenali dan juga menarik perhatian. 

Bukan hanya itu saja, Sobat Pintar pun juga harus bisa membuat desain untuk website, media sosial bahkan desain kemasan yang juga lebih kreatif serta mudah diingat. Desain disini juga tidak perlu yang terlalu penuh dan meriah, selama desain itu bisa dikenali dengan mudah maka brand identity pun sudah tercapai. 

5. Konsisten membangun brand

Konsisten adalah cara berikutnya agar identitas brand ini bisa dicapai. Konsisten disini memiliki arti bahwa jangan sampai ciri khas produk berganti. Semisalnya Sobat Pintar telah menggunakan kesan produk yang murah dan berkualitas, maka usahakan bahwa itu akan terus dilakukan.

tidak hanya itu saja, sebisa mungkin gaya desain produk pun dipertahankan. Bila memang membutuhkan penyegaran, maka ciri khas yang ada pun jangan dibuang begitu saja. Dengan selalu konsisten, konsumen pun tidak akan bingung dengan produk yang dipasarkan. 

Manfaat dari Identitas Brand 

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk membangun identitas brand ini, maka Sobat Pintar juga perlu tahu apa saja kegunaan yang diberikan. Berikut ini adalah kegunaannya: 

1. Produk jadi lebih mudah dikenal 

Seperti yang sudah disebutkan berkali-kali bahwa identitas brand ini akan membantu produk jadi lebih dikenal. Memang keuntungan pertama dari identitas brand adalah untuk membuat produk menjadi mudah diingat, sehingga konsumen akan selalu cenderung membeli produk yang sudah mereka kenal. 

2. Daya saing semakin meningkat 

Ketika identitas brand sudah kuat, maka daya saing berbisnis akan semakin meningkat. Hal ini akan sangat membantu Sobat Pintar untuk lebih mudah mengatasi dobrakan yang dilakukan oleh pesaing. Sehingga pelanggan pun tidak akan melepaskan begitu saja perhatian mereka terhadap produk Sobat Pintar, meski competitor terus berinovasi. 

3. Tingginya loyalitas dari konsumen 

Bagi pebisnis, loyalitas dari konsumen merupakan hal yang paling didambakan. Walau untuk memperoleh loyalitas ini tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sobat Pintar harus bekerja ekstra keras agar bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. Maka daripada itu, identitas brand sangatlah penting sekali. 

Tidak hanya dari loyalitas saja, tapi kepercayaan yang tinggi akan brand pun juga akan didapatkan. Meski banyak sekali yang harus Sobat Pintar lakukan, seperti terus meningkatkan pelayanan yang terbaik, menjaga kepuasan terhadap produk dan terus melakukan inovasi. Selama Sobat Pintar tidak menyerah, maka kepercayaan pun akan bisa diperoleh. 

4. Target pasar akan semakin luas 

keuntungan lainnya dari identitas brand ini adalah target pasar akan semakin luas. Hal ini tidak lepas karena adanya perhatian dari masyarakat akan brand yang sudah Sobat Pintar bangun. Walaupun ada pesaing, tapi jika memang brand yang dibangun sudah semakin kuat, maka masyarakat pun akan rela mencari dan membeli. 

5. Penjualan meningkat 

Memaksimalkan brand identity untuk menjadi lebih kuat, sudah pasti akan menyebabkan penjualan meningkat. Masyarakat yang sudah mengenal akan brand produk, sudah pasti akan menggunakannya dan akan menjadi pelanggan tetap. Tidak hanya itu saja, produk yang sudah memiliki identitas brand yang kuat juga akan lebih mudah menarik pelanggan baru. 

Meningkatnya angka penjualan pun juga akan memudahkan Sobat Pintar dalam menjalankan strategi marketing, promosi dan lainnya. Hal ini tidak lepas dari brand Sobat Pintar yang sudah mendapatkan nama. sehingga ketika ingin mengeluarkan produk terbaru, maka perhatian pun akan tertuju langsung tanpa Sobat Pintar membuat promosi secara besar-besaran. 

Dari penjelasan di atas, maka sudah jelas bahwa brand identity memegang peranan penting akan kemajuan dan kesuksesan dalam berbisnis. Dengan adanya brand yang kuat, maka masyarakat pun akan menjadi lebih percaya dan tetap menggunakan produk yang Sobat Pintar jual. Bahkan, pelanggan baru pun akan dengan mudah didapatkan tanpa perlu melakukan promosi besar-besaran. 

Terkadang pemilik bisnis mengeluhkan banyaknya dana yang mereka butuhkan untuk membangun brand dengan konsisten. Eits, Kredit Pintar bisa jadi solusinya! Pinjaman dana tunai cepat cair bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, bisa didapatkan hanya di Kredit Pintar.

Inilah Cara Penipu Melancarkan Modus Penipuan melalui Telepon dan Mengatasnamakan Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload