Pendaftaran Vaksin Covid Anti Antri dan Ribet!

17 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 22 Nov 2021

Meskipun saat ini penyebaran virus COVID-19 terlihat kondusif, Sobat Pintar tetap harus melakukan vaksinasi supaya dapat meminimalisasi terinfeksi virus ini. Apalagi, menjelang akhir tahun ini, Indonesia diprediksi akan mengalami gelombang ke-3 penyebaran COVID-19. Buat Sobat Pintar yang belum tahu cara pendaftaran vaksin COVID, kami akan membagikan cara termudah untuk mendapatkan vaksin.

Tapi, kita pelajari terlebih dahulu yuk, kenapa vaksin ini sangat penting! Berikut ini penjelasannya:

Kenapa Harus Vaksin COVID-19?

Sobat Pintar pasti sering mendapatkan berita yang simpang-siur mengenai vaksin COVID-19, bukan? Berita-berita tersebut memang membuat banyak orang menjadi lebih khawatir dengan efek yang akan terjadi setelah melakukan vaksin.

Hampir rumor-rumor yang aneh mengenai vaksin COVID-19 itu tidak benar. Meskipun vaksin ini memberikan efek seperti mual atau pusing, efek tersebut tidak akan berlangsung lama dan berkepanjangan. Biar Sobat Pintar tidak ragu lagi, berikut adalah alasan kenapa melakukan vaksin itu penting!

  1. Vaksin mengurangi risiko infeksi.

Alasan pertama kenapa Sobat Pintar harus melakukan vaksin adalah mengurangi tingkat risiko terinfeksi. Setelah Sobat Pintar menerima vaksin pertama, tubuh Sobat Pintar akan mulai memproduksi antibodi terhadap virus corona. Antibodi inilah yang kemudian membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus, sehingga kemungkinan untuk terkena penyakit ini sangat minim.

Namun, jangan karena Sobat Pintar sudah melakukan vaksinasi kalian tidak mengikuti protokol kesehatan. Sobat Pintar tetap bisa terinfeksi meskipun sudah divaksinasi! Hal ini karena vaksin hanya bekerja untuk mengurangi kemungkinan Sobat Pintar terinfeksi, buka untuk mencegah secara sepenuhnya. 

  1. Vaksin dapat membantu bayi Anda yang belum lahir atau baru lahir.

Buat Sobat Pintar yang sedang hamil, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa ibu hamil yang menerima vaksin dapat membuat antibodi terhadap virus dan menularkannya ke bayi mereka yang belum lahir melalui plasenta. Jadi, bayi-bayi kalian nantinya akan sudah memiliki kekebalan terhadap virus baru tersebut.

  1. Terhindar dari Penyakit Parah

Selama penelitian dari tiga vaksin – Johnson & Johnson, Moderna, dan Pfizer, vaksin terbukti efektif untuk mencegah penyakit yang parah akibat COVID-19. Jadi, Sobat Pintar yang sudah divaksinasi dan terinfeksi, maka Sobat Pintar tidak akan mengalami sakit yang parah seperti yang pertama kali di wartakan.

Penelitian tersebut juga menyatakan bahwa mereka yang sudah divaksinasi yang terinfeksi memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan dengan mereka yang belum di vaksinasi. Jadi, risiko rawat inap, sesak nafas, dan kematian hampir hilang saat Sobat Pintar sudah di vaksinasi.

  1. Mempercepat Kehidupan Normal (Tanpa Masker)

Sobat Pintar pastinya merasa kangen dengan suasana kehidupan dulu yang tidak memaksa kita untuk memakai masker dan berjaga jarak, bukan? Jika iya, maka Sobat Pintar harus melakukan vaksinasi.

Vaksinasi ini merupakan langkah terakhir kita untuk kembali ke kehidupan kita yang lama. Semakin banyak orang yang melakukan vaksinasi, maka semakin tinggi pula kesempatan kita menjalani hidup seperti dahulu.

  1. Mengembalikan Aktivitas Sosial Menjadi Normal

Terakhir, mungkin inilah yang dirindukan oleh banyak orang, yaitu berkumpul bersama dengan teman-teman dan keluarga.

Sepertinya kita sudah 2 tahun mengalami hari lebaran yang jauh dari keluarga bukan? Selain itu, adik-adik kita juga sepertinya kehilangan momen emas mereka berada di sekolah, bertemu dengan teman-teman, belajar secara praktikal, dan lain sebagainya.

Mungkin dulu kita tidak pernah memikirkan hal ini, tapi setelah hampir 2 tahun pergerakan kita dibatasi, pasti kita merasa “wah, hidup jaman dulu jauh lebih menyenangkan.”

Memang benar! Jika Sobat Pintar merindukan masa-masa kehidupan seperti itu, yuk ajak keluarga dan kerabat terdekat Sobat Pintar untuk vaksin COVID-19 sekarang!

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum dan Sesudah Vaksin

Sebelum Vaksin

Sebelum melakukan vaksin, Sobat Pintar setidaknya harus menghindari aktivitas berikut ini:

  1. Berolahraga

Olahraga memang penting, tapi pastikan Sobat Pintar tidak melakukannya secara berlebih hingga membuat Sobat Pintar lelah. Setidaknya lakukan olahraga secukupnya minimal 30 menit sehari.

  1. Mengonsumsi alkohol

Sering mengkonsumsi minuman alkohol dapat melemahkan daya tahan tubuh Sobat Pintar. Jadi, pastikan Sobat Pintar tidak mengkonsumsi alkohol setidaknya 2 hari sebelum hari vaksinasi hingga 2 minggu setelah vaksin.

  1. Kurang tidur

Ada baiknya sebelum hari vaksinasi, Sobat Pintar tidak begadang dan pastikan memiliki waktu tidur yang cukup, 7-9 jam setiap malamnya.

Setelah Vaksin

  1. Perhatikan Efek Setelah Vaksin

Efek-efek setelah vaksin ada banyak, termasuk:

  • Rasa nyeri dan bengkak di sekitar suntikan
  • Demam
  • Lelah atau tidak enak badan
  • Sakit Kepala
  • Menggigil

Jika Sobat Pintar merasa sakit ini sudah melewati batas tidak wajar, maka hubungi dokter atau kunjungi puskesmas terdekat.

  1. Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Meskipun Sobat Pintar sudah melakukan vaksinasi, Sobat Pintar tetap harus patuh dan mengikuti protokol kesehatan supaya tidak terinfeksi.

  1. Persiapkan Kesehatan Untuk Vaksin ke-2

Biar vaksin bekerja dengan maksimal, setidaknya setiap orang harus diberikan 2 dosis vaksin. Biasanya, pemberian vaksin kedua minimal 2 minggu setelah vaksin pertama atau 3 bulan setelah vaksin pertama. Tergantung dengan merek vaksin yang kamu gunakan.

Pendaftaran Vaksin COVID-19 Anti Ribet!

PeduliLindungi

Peduli Lindungi merupakan sistem pendaftaran resmi yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia. Aplikasi ini dibuat supaya pemerintah dapat melacak dan menghentikan penyebaran virus.

Selain untuk mendaftar vaksin dan melacak penyebaran virus, pengguna juga akan mendapatkan notifikasi peringatan jika berada di keramaian atau saat berada di zona merah. Jadi, aplikasi ini punya banyak fitur yang canggih, deh!

Cara pendaftaran vaksin Covid melalui website pedulilindungi.id:

  • Kunjungi laman pedulilindungi.id,
  • Masuk atau daftar akun di website pedulilindungi
  • Lengkapi proses registrasi (jika baru membuat akun baru) dan klik “Daftar”
  • Setelah itu, masukan kode OTP yang dikirim ke email Sobat Pintar
  • Setelah berhasil verifikasi, masuk ke halaman dashboard
  • Cari menu “Pendaftaran Vaksinasi”
  • Kemudian, isi formulir data diri yang diminta
  • Setelah itu, klik “Selanjutnya”
  • Setelah melakukan konfirmasi penerimaan vaksin, masukkan kode verifikasi
  • Sobat Pintar sudah berhasil melakukan pendaftaran vaksin covid.

Loket.Com

Selain melalui laman pedulilindungi, Sobat Pintar bisa mendaftar vaksin covid melalui laman vaksin.loket.com. Sobat Pintar dapat memilih jadwal dan lokasi vaksinasi melalui website ini. Berikut cara mendaftarnya:

Cara Pendaftaran Vaksin Covid di vaksin.loket.com:

  1. Kunjungi website vaksin.loket.com
  2. Pilihlah lokasi yang terdekat dengan lokasi Sobat Pintar
  3. Pilih tanggal dan jam kehadiran
  4. Masukkan data identitas diri pada website
  5. Setelah itu, Sobat Pintar akan menerima e-voucher yang dikirim ke e-mail yang Sobat Pintar daftarkan.

Setelah berhasil mendapatkan jadwal dan lokasi vaksin, sekarang Kredit Pintar akan menjelaskan proses vaksinasi:

  • Datang ke lokasi vaksinasi sesuai dengan jadwal dan lokasi yang Sobat Pintar daftarkan.
  • Bawa e-voucher dan KTP Sobat Pintar
  • Lakukan registrasi pada booth pendaftaran
  • Ikuti screening dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh panitia
  • Setelah dinyatakan sehat, Sobat Pintar bisa langsung menuju ke proses selanjutnya, yaitu vaksinasi.
  • Setelah selesai disuntik, Sobat Pintar akan diminta untuk menunggu selama 30 menit untuk observasi efek vaksin.
  • Jika tidak ada masalah, Sobat Pintar boleh pulang kerumah.

Sudah Paham Cara Pendaftaran Vaksin Covid?

Setelah baca artikel ini, Sobat Pintar pasti sudah paham pentingnya vaksin COVID-19 dan cara pendaftaran vaksin covid, bukan? Semoga artikel bermanfaat, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload