Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 dan 2022

27 Apr 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Bahasan mengenai siapa orang terkaya di dunia biasanya menjadi bahasan yang menarik dan seringkali ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Selain orang terkaya di dunia, orang terkaya di Indonesia juga biasanya menjadi topik menarik untuk diperbincangkan. Tapi, siapa orang terkaya di Indonesia tahun 2021?

Biasanya Forbes yang merilis data orang terkaya di dunia. Tetapi pada tahun 2021 kemarin tidak banyak orang kaya baru dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar Forbes. Orang terkaya di Indonesia tahun 2021 yang masuk ke dalam daftar tersebut masih sama dengan data  tahun sebelumnya.

Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 dan 2022

Mayoritas orang terkaya di Indonesia berasal dari bisnis sawit, rokok, pertambangan, hingga perbankan. Keterbatasan akses permodalan juga menjadi salah satu faktor penyumbang yang membuat daftar orang terkaya di Indonesia terbatas. Hal ini menyebabkan komposisi orang kaya di Indonesia tidak berubah.

Baca juga: Kekayaan Elon Musk, Raja Bisnis Menjadi Orang Terkaya

Daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021

Dari Forbes Real Time Billionaire yang merilis daftar orang terkaya tahun 2021, berikut urutan nama-nama orang terkaya di Indonesia tahun 2021:

  1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono. 
Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 dan 2022

Kedua bersaudara ini merupakan pemilik saham Djarum dan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk. Total kekayaan Robert dan Budi Hartono pada tahun 2021 mencapai US$ 42,6 miliar atau sekitar Rp 612,8 triliun.

  1. Keluarga Widjaja. 

Keluarga ini memperoleh kekayaannya dari berbagai bisnis milik SInar Mas seperti telekomunikasi, real estate, jasa keuangan, jasa kesehatan, perusahaan kertas, dan agribisnis. Total kekayaan Keluarga WIdjaja diprediksi sekitar US$ 9,7 miliar atau sekitar Rp 139,5 triliun.

  1. Anthoni Salim. 

Anthoni merupakan Chief Executive Officer (CEO) dari perusahaan mie instan terbesar di dunia yaitu Indofood. Selain itu kekayaan Anthoni didapatkan dari investasi ritel, makanan, telekomunikasi, perbankan, dan juga energi. Total kekayaan yang dimiliki Anthoni Salim diprediksi sebesar US$ 8,5 miliar.

  1. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash mendapat kekayaan dari produksi petrokimia dan PET. Sri Prakash dengan ayahnya mendirikan Indorama Corporation yang saat ini menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia. Selain itu perusahaan ini juga memproduksi pupuk, bahan baku tekstil, sarung tangan medis, dan produk industri lainnya. Total kekayaan yang dimiliki Sri Prakash diperkirakan sekitar US$ 6,2 miliar.

  1. Prajogo Pangestu

Prajogi mendapatkan kekayaannya dari perusahaan Barito Pacific yang memiliki sekitar 70% kepemilikan perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Pada tahun 2011 perusahaan Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia, yang menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Total kekayaan Prajogo Pangestu diperkirakan senilai US$ 6,1 miliar.

  1. Chairul Tanjung
Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2021 dan 2022

Dikenal sebagai Anak Singkong, Chairul Tanjung termasuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Chairul Tanjung memiliki bisnis di bidang supermarket, waralaba, media, dan saham. Kekayaan Chairul Tanjung diperkirakan sekitar US$ 5,5 miliar.

  1. Susilo Wonowidjojo 

Memiliki perusahaan rokok Gudang Gram membuat Susilo Wonowidjojo bersama keluarganya termasuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Selain menjadi perusahaan rokok,Gudang Garam merambah bidang infrastruktur seperti pembangunan jalan tol pada tahun 2019.

  1. Boenjamin Setiawan

Pada tahun 1966. Boenjamin Setiawan bersama lima saudara kandungnya mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang farmakologi yaitu Kalbe Farma. Saat ini Kalbe Farma menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Total kekayaan yang dimiliki Boenjamin Setiawan diperkirakan mencapai US$ 4,2 miliar.

  1. Jogi Hendra Atmadja

Jogi Hendra Atmadja merupakan kepala grup Mayora, sebuah perusahaan makanan terbesar di Indonesia yang menjual sereal, kopi, permen, dan biskuit. Pada tahun 1948 keluarga Atmadja mengawali pembuatan biskuit rumahan. Kemudian pada tahun 1977 keluarga Atmadja resmi mendirikan grup Mayora. Total kekayaan Jogi Hendra Atmadja diperkirakan mencapai US$ 4,1 miliar.

  1. Bachtiar Karim dan Keluarga

Perusahaan Musim Mas, sebuah perusahaan kelapa sawit yang dijalankan Bachtiar Karim dan keluarga membuat mereka menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Total kekayaan yang dimiliki oleh Bachtiar Karim dan keluarga diperkirakan mencapai US$ 3,5 miliar.

Baca juga: 6 Buku Bisnis Yang Sering Dibaca Oleh Pebisnis Sukses

Orang Terkaya di Indonesia Tahun 2022

Jika daftar di atas merupakan daftar urutan orang terkaya di Indonesia tahun 2021, bagaimana dengan urutan orang terkaya di Indonesia pada tahun ini atau tahun 2022? Berdasarkan data dari Forbes, daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2022 masih memiliki urutan yang sama yaitu:

  1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono 
  2. Keluarga Widjaja
  3. Anthoni Salim
  4. Sri Prakash Lohia
  5. Prajogo Pangestu
  6. Chairul Tanjung
  7. Susilo Wonowidjojo 
  8. Boenjamin Setiawan
  9. Jogi Hendra Atmadja
  10. Bachtiar Karim dan Keluarga

Dari daftar urutan orang terkaya di Indonesia tahun 2021 dan tahun 2022 terlihat bahwa tidak ada perbedaan sama sekali. Hal ini sesuai dengan pendapat bahwa akses permodalan yang masih terbatas sehingga menyebabkan komposisi orang kaya di Indonesia tidak berubah. 

Dari daftar di atas juga terlihat bahwa kebanyakan orang terkaya di Indonesia memiliki bisnis yang terdiri dari berbagai bidang, tidak hanya fokus terhadap 1 bidang. Apakah Anda juga tertarik untuk memulai bisnis kemudian ekspansi ke bisnis yang lain dan menyusul masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia selanjutnya mengalahkan orang-orang yang sudah termasuk ke dalam daftar di atas?

Baca juga: Rekomendasi Buku Self-Improvement Terbaik

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download